RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 13 / 4
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Binatang / Binatang yang bisa terbang (
capung )
KD : 1.1– 2.4–2.5–3.2–4. 2 – 3 . 5 – 4 . 5 – 3 .
13 – 4 . 13 – 3 . 15 – 4 . 15.
Materi : -
Tidak menyakiti ciptaan Tuhan
- Gerakan binatang yang bisa terbang
- Cerita pengalaman anak
- Berbuat
baik pada makluk Tuhan
- Konsep
penjumlahan dengan benda – benda
- Beradaptasi dengan lingkungan
- Tertarik pada aktifitas seni
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Tinta
-
Gambar / miniatur capung
- Pensil
-
Kertas
- Krayon
Karakter : Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang binatang yang bisa terbang
3. Berdiskusi
tentang jenis binatang yang bisa terbang
4. Bercerita
tentang pengalaman anak
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati gambar capung secara
bergantian
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak
untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan
pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar apakah yang kalian lihat ?
Capung biasanya ada dimana ?
Bagaimana perkembangbiakan Capung?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak
untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai Capung.
- Guru memberikan pertanyaan tentang Capung.
· Apa ciri-ciri Capung?
· Apakah warna Capung ?
· Ada berapa Capung pada gambar?
· apa perbedaan kupu-kupu dan Capung pada gambar?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan informasi
yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat mencetak dengan jari
bentuk capung
- Anak dapat menghitung
hasil penjumlahan dengan bentuk capung
- Anak dapat menyebutkan posisi benda
- Anak dapat menceritakan perbedaan
kupu-kupu dan capung
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan
yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
menghargai dan menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menceritakan tentang capung
|
|
|
|
|
Dapat
membuat gambar dengan mencetak dengan jari
|
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan posisi benda
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menceritakan perbedaan kupu-kupu dengan capung
|
|
|
|
|
Dapat
menghitung hasil penjumlahan dengan benda
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment