Thursday, January 30, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 16.2


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 16 / 2
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Tanaman / Jenis sayur
KD                                  :  1. 1 –  1 .2 –2.9 –2.4–3.3–4.3–3. 6– 4 .6 – 3 . 8  – 4 . 8 – 3 . 11 – 4 . 11.
Materi                              :   -      Macam – macam tananam jenis sayur
-      Melestarikan tanaman
-      Tenggang rasa
                                            -     Koordinasi motorik halus
                                            -     Pengenalan bentuk – bentuk sayuran
                                            -     Pertumbuhan tanaman
                                            -     Mengulang kalimat
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Bilah – bilah
                                           -   Sayuran
                                           -   Pensil
                                           -  Kertas
Karakter                          :    Disilpin               
                                
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang macam – macam sayuran
3. Berdiskusi tentang  manfaat sayur bayam
4. Menanam sayur bayam
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-   Anak mengamati tanaman bayam yang ada di sekitar sekolah
Menanya
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang tanaman bayam yang telah diamati
-   Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait tanaman bayam yang diamati.
Bagaimana tanaman bayam tersebut ?
Ada apa saja pada tanaman bayam tersebut ?
Apa yang bisa diambil dari tanaman bayam  ?
Menalar / menggali informasi
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai tanaman bayam.
-   Guru memberikan pertanyaan tentang bayam.
·   Apa ciri-ciri tanaman bayam?
·   Apa bagian-bagian dari tanaman bayam ?
·   Apa kegunaan dari bayam?
Menyimpulkan
-   Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-   Anak dapat menceritakan cara menanam sayur bayam
-   Anak dapat menganyam bentuk keranjang sayur
-   Anak dapat mengulang kalimat
-   Anak dapat mengenal konsep waktu

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak



D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN


KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat mensyukuri tanaman sayur sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan manfaat tanaman bayam




Dapat menceritakan cara menanam bayam




Dapat mengulang kalimat sederhana




Dapat mengenal konsep waktu




Keterampilan
Dapat menganyam bentuk keranjang sayur







No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive