RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 16 / 2
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Tanaman / Jenis sayur
KD : 1. 1 –
1 .2 –2.9 –2.4–3.3–4.3–3. 6– 4 .6 – 3 . 8 – 4 . 8 – 3 . 11 – 4 . 11.
Materi : -
Macam – macam tananam jenis sayur
- Melestarikan tanaman
- Tenggang rasa
- Koordinasi motorik halus
- Pengenalan bentuk – bentuk
sayuran
- Pertumbuhan tanaman
- Mengulang kalimat
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Bilah – bilah
- Sayuran
- Pensil
- Kertas
Karakter : Disilpin
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang macam – macam sayuran
3. Berdiskusi
tentang manfaat sayur bayam
4. Menanam sayur
bayam
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati tanaman
bayam yang ada di sekitar sekolah
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk bertanya tentang tanaman bayam yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru
memberikan pertanyaan terkait tanaman bayam yang diamati.
Bagaimana tanaman bayam tersebut ?
Ada apa saja pada tanaman bayam tersebut ?
Apa yang bisa diambil dari tanaman bayam ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai tanaman bayam.
- Guru memberikan pertanyaan
tentang bayam.
· Apa ciri-ciri tanaman bayam?
· Apa bagian-bagian dari tanaman
bayam ?
· Apa kegunaan dari bayam?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat menceritakan cara
menanam sayur bayam
- Anak dapat menganyam
bentuk keranjang sayur
- Anak dapat mengulang kalimat
- Anak dapat mengenal konsep
waktu
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan
rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang
disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
mensyukuri tanaman sayur sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan manfaat tanaman bayam
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan cara menanam bayam
|
|
|
|
|
|
Dapat
mengulang kalimat sederhana
|
|
|
|
|
|
Dapat
mengenal konsep waktu
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menganyam bentuk keranjang sayur
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment