RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 6 / 4
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Lingkunganku / Sekolahku (alat – alat permainan )
KD : 1. 2 –
2 . 3 – 2 . 10 – 3 . 4 – 3 . 6 – 4 . 6
– 3 . 9 – 4 . 9.
Materi : -
Kelestarian alat – alat sekolah
-
Berkreasi
dengan berbagai media
-
Merapikan
mainan bersama - sama
-
Membuang
sampah pada tempatnya
-
Pengenalan
konsep bilangan
-
Pengenalan
alat – alat sekolah
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Manik
- manik
- Balok - balok
- Pensil
-
Krayon
Karakter : Gemar Membaca
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi anak mengamati alat permainan yang ada di sekolah
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati alat-alat
permainan yang ada di sekolah
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan kepada
anak untuk bertanya tentang alat-alat permainan sekolah yang telah
diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan
pertanyaan terkait yang diamati.
Ada apa saja alat-alat permainan di sekolah ?
Ada berapa alat permainan di sekolah ?
Alat permainan apa saja yang ada di luar kelas ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak
untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai alat permainan di sekolah.
- Guru memberikan pertanyaan tentang alat
permainan di sekolah.
· Bagaimana alat permainan yang diamati?
· Ada berapa macam alat permainan di sekolah?
· Alat permainan apa saja yang ada di dalam
kelas ?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan informasi yang
sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat meronce dengan 2 pola dari
manik-manik
- Anak dapat mengurutkan bilangan
dengan kartu angka
- Anak dapat bermain balok-balok
- Anak dapat mengelompokkan kata-kata
sejenis
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaannya selama hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Menjaga
dan merawat mainan di dalam kelas
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
merapikan mainan
|
|
|
|
|
Dapat
meronce sesuai pola
|
|
|
|
|
|
Dapat
mengelompokkan alat-alat permainan di dalam kelas
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
bermain balok-balok
|
|
|
|
|
Dapat
membuat urutan bilangan
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment