Thursday, January 23, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 13.2


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 13 / 2
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Binatang / Binatang yang bisa terbang ( burung dara )
KD                                  :  1.1–2. 4 –2 .12 – 3 . 5 – 4  . 5 – 3 . 6 – 4 .6– 3 .8 – 4 . 8 – 3 . 15 – 4 . 15.
Materi                              :   -      Tidak menyakiti ciptaan Tuhan
-      Gerakan binatang yang bisa terbang
-      Memberi makan burung
-      Mencari jejak rumah burung
-      Suara – suara burung
-      Perkembangbiakan burung
-      Tertarik pada aktifitas seni                                                     
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Burung
                                                   -   Sedotan
                                                   -   Gunting , lem
                                                   -   Pensil
                                                   -   Kertas
                                                   -   Krayon
Karakter                          :   Rasa ingin tahu
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang binatang yang bisa terbang
3. Berdiskusi tentang jenis binatang yang bisa terbang
4. Menirukan kicauan burung
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
- Anak mengamati gambar burung dara secara bergantian
Menanya
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar burung apakah yang kalian lihat ?
Burung dara biasanya ada dimana ?
Bagaimana perkembangbiakan burung dara ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai burung dara.
- Guru memberikan pertanyaan tentang burung dara.
·  Apa ciri-ciri burung dara?
·  Apakah burung dara bertelur?
·  Ada berapa burung dara pada gambar?
·  Ada berapa telur burung dara pada gambar?
Menyimpulkan
-  Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-  Anak dapat mencari jejak gambar rumah burung dara
-  Anak dapat membuat sangkar burung dengan sedotan
-  Anak dapat melengkapi huruf di bawah gambar burung
-  Anak dapat membaca buku cerita bergambar

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak


D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan jenis burung




Dapat membuat sangkar burung




Dapat mencari jejak rumah burung dara




Keterampilan
Dapat melengkapi kata dengan benar




Dapat membaca buku cerita bergambar






No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive