RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 15 / 5
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Tanaman / Perdu (Tomat )
KD : 1. 1–1. 2–2.4 –2.10 –
3.2–4.2–3.3–4 . 3 – 3 . 6 – 4 . 6 – 3 .15 – 4 . 15.
Materi : -
Macam – macam tananam perdu
- Melestarikan tanaman
- Berkebun
- Dapat bekerja kelompok
- Mengucap terimakasih
- Koordinasi motorik halus
- Pengenalan bentuk – bentuk tomat
-
Perbedaan warna buah
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Tanaman
tomat
-
Tomat
-
Timbangan
- Plastisin
- Pensil
Karakter : Komunikatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi tentang
atas nikmat Tuhan ( tomat )
3. Berdiskusi
tentang manfaat tanaman tomat
4.
Perlombaan / permainan mengambil buah
tomat
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati tanaman
tomat yang ada di sekitar sekolah
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk bertanya tentang tanaman tomat yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru
memberikan pertanyaan terkait tanaman tomat yang diamati.
Bagaimana tanaman tomat tersebut ?
Ada apa saja pada tanaman tomat tersebut ?
Apa yang bisa diambil dari tanaman tomat ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai tanaman tomat.
- Guru memberikan pertanyaan
tentang tomat.
· Apa ciri-ciri tanaman tomat?
· Apa bagian-bagian dari tanaman
tomat ?
· Apa kegunaan dari tomat?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat menceritakan cara
menanam tomat
- Anak dapat menimbang
tomat
- Anak dapat membuat bentuk
tomat dengan plastisin
- Anak dapat membuat keranjang
buah
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan
anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
mensyukuri tanaman sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan manfaat tanaman tomat
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan cara menanam buah tomat
|
|
|
|
|
|
Dapat
menimbang buah tomat
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membuat bentuk tomat dengan plastisin
|
|
|
|
|
Dapat
membuat bentuk keranjang buah
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment