Friday, January 10, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 5.4


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                             

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 5 / 4
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Lingkunganku / Rumahku (Perkakas rumah )
KD                                  :  1. 2 – 2. 3 – 2 .6 – 2 . 14 – 3 . 5 – 4 . 5 – 3 . 9 – 4 . 9 – 3 . 15 – 4 . 15.      
Materi                              :   -      Kelestarian lingkungan rumah
-          Berkreasi dengan berbagai media
-          Berangkat sekolah  minta ijin orang tua
-          Mematuhi nasehat orang tua
-          Mencari jejak menuju rumah
-          Pengenalan perkakas dalam  rumah
                                                     -     Gerak dan lagu
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Gambar almari , guling / bantal
                                            -  Alat cocok
                                            -  Lidi - lidi
                                            -  Pensil
Karakter                          : Mandiri
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang jalan menuju rumah
3. Berdiskusi tentang minta ijin bila hendak pergi
4. Gerak dan lagu ( lagu anak budiman )
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati gambar perkakas rumah
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait  yang diamati.
Perkakas apa saja yang ada dalam rumah ?
Apa fungsi almari di rumah ?
Dimana ruangan yang ada tempat tidurnya ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai perkakas rumah.
- Guru memberikan pertanyaan tentang perkakas rumah.
· Bagaimana bentuk perkakas rumah yang diamati?
· Ada berapa perkakas rumah tersebut ?
· Ada berapa gambar almari?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat membuat coretan jalan menuju ke rumah
- Anak dapat mencocok bentuk almari
- Anak dapat memberi angka pada gambar bantal/guling
- Anak dapat membuat bentuk tempat tidur dengan lidi

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak






D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan


E. RENCANA PENILAIAN
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Menjaga dan merawat rumah sebagai rasa syukur kepada Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan perkakas rumah




Dapat memberi angka pada gambar bantal




Dapat menceritakan menuju rumahnya sendiri




Keterampilan
Dapat membuat bentuk tempat tidur dari lidi-lidi




Dapat mencocok dengan rapi







No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive