RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 5 / 4
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Lingkunganku / Rumahku (Perkakas rumah )
KD : 1. 2 – 2. 3 – 2 .6 – 2 . 14 – 3 . 5 – 4 . 5 –
3 . 9 – 4 . 9 – 3 . 15 – 4 . 15.
Materi : -
Kelestarian lingkungan rumah
-
Berkreasi
dengan berbagai media
-
Berangkat
sekolah minta ijin orang tua
-
Mematuhi
nasehat orang tua
-
Mencari
jejak menuju rumah
-
Pengenalan
perkakas dalam rumah
- Gerak dan lagu
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Gambar almari , guling / bantal
- Alat cocok
-
Lidi - lidi
- Pensil
Karakter : Mandiri
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang jalan menuju rumah
3. Berdiskusi
tentang minta ijin bila hendak pergi
4. Gerak dan
lagu ( lagu anak budiman )
6. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati gambar perkakas rumah
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan kepada
anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan
pertanyaan terkait yang diamati.
Perkakas apa saja yang ada dalam rumah ?
Apa fungsi almari di rumah ?
Dimana ruangan yang ada tempat tidurnya ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak
untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai perkakas rumah.
- Guru memberikan pertanyaan tentang
perkakas rumah.
· Bagaimana bentuk perkakas rumah yang
diamati?
· Ada berapa perkakas rumah tersebut ?
· Ada berapa gambar almari?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan informasi yang
sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat membuat coretan jalan menuju ke
rumah
- Anak dapat mencocok bentuk
almari
- Anak dapat memberi angka pada gambar
bantal/guling
- Anak dapat membuat bentuk tempat tidur
dengan lidi
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Menjaga
dan merawat rumah sebagai rasa syukur kepada Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan perkakas rumah
|
|
|
|
|
Dapat
memberi angka pada gambar bantal
|
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan menuju rumahnya sendiri
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membuat bentuk tempat tidur dari lidi-lidi
|
|
|
|
|
Dapat
mencocok dengan rapi
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment