Friday, January 10, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 7.4


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 7 / 4
Hari /tgl                           : 
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Kebutuhanku / Makanan  (tata tertib makan )
KD                                  :  1. 1  – 2 . 6 – 2 . 7 – 3 . 3 – 4 . 3 – 3  . 4 – 4 . 4 – 3 .9 – 4 . 9.     
Materi                              :   -      Bersyukur atas nikmat Tuhan (rmakanan )
-          Tata tertib makan
-          Cuci tangan sebelum makan
-          Makan dengan tangan kanan
-          Pengenalan alat untuk makan
-      Makan yang teratur
        
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Alat cuci tangan
                                           -  Gambar makanan di meja makan
                                           -  Kertas
                                           -  Pensil
                                           -  Kartu angka
Karakter                          :  Disiplin
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru menunjukkan gambar cara makan yang sopan
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Cuci tangan yang benar
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati gambar cara makan yang sopan secara bergantian
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
-  Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apakah gambar yang kalian amati?
Apakah kalian suka melakukan kegiatan seperti gambar ?
Kenapa harus melakukan seperti gambar tersebut ?
Menalar / menggali informasi
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai gambar cara makan.
-  Guru memberikan pertanyaan tentang gambar cara makan.
·  jam berapa kalian makan siang?
·  Bagaimana cara makan yang sopan?
·  Kenapa meja makan harus rapi ?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat menata meja makan
- Anak dapat memberi tanda pada gambar cara makan yang sopan
- Anak dapat menyebutkan posisi benda
- Anak dapat melengkapi gambar jam

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak


D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan



E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat mensyukuri makanan sebagai anugerah Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan tata tertib rumah




Dapat mencuci tangan yang benar




Dapat menceritakan cara makan yang benar




Keterampilan
Dapat menata meja makan




Dapat menyebutkan waktu makan






No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive