Friday, January 10, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 8.5


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 8 / 5
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Kebutuhanku / Minuman ( cara membuat minuman )
KD                                  :  1. 1  – 2 . 2 – 2 . 6 – 3 . 4 – 4 . 4 – 3   .6 – 4 . 6. 
Materi                              :   -   Bersyukur atas nikmat Tuhan (makanan )
-          Mencoba membuat minuman
-          Mentaati tata tertib minum
-     Minuman sehat
-     Meneruskan pola      
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Air
                                           -  Gula
                                           -  Teh
                                           -  Teko , cangkir
                                           -  Kertas / buku
                                           -  Pensil
Karakter                          :  Rasa Ingin Tahu                                                
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru menunjukkan pada anak proses pembuatan minuman
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab pertanyaan tentang proses pembuatan minuman
6. Bermain membawa botol berdiri di atas alas ( karton )
7. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati proses pembuatan minuman secara bergantian
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang proses pembuatan minuman yang telah diamati
-  Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait proses pembuatan minuman yang diamati.
Apa saja peralatan minuman tersebut ?
Ada berapa gambar teko itu ?
Bagaimana cara mengisi botol dengan air?
Menalar / menggali informasi
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai proses pembuatan minuman.
-  Guru memberikan pertanyaan tentang proses pembuatan minuman
·  Apa kalian suka minum air teh?
·  apa kalian suka minum susu?
·  Bagaimana cara membuat minuman air teh?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat membuat teh / susu
- Anak dapat meneruskan pola gambar peralatan minum
- Anak dapat mengurutkan cara membuat teh
- Anak dapat bercerita tentang pengalaman

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain



3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak


D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan


E. RENCANA PENILAIAN
     
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat menghargai milik orang lain




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menceritakan cara membuat teh




Dapat membuat teh bersama-sama




Dapat meneruskan pola gambar peralatan minum




Keterampilan
Dapat menceritakan pengalamannya




Dapat menyebutkan minuman yang sehat






No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive