RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 8 / 5
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Kebutuhanku / Minuman ( cara membuat minuman
)
KD : 1. 1 –
2 . 2 – 2 . 6 – 3 . 4 – 4 . 4 – 3 .6 –
4 . 6.
Materi : - Bersyukur atas nikmat Tuhan (makanan )
-
Mencoba
membuat minuman
-
Mentaati
tata tertib minum
- Minuman sehat
- Meneruskan pola
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Air
- Gula
- Teh
- Teko , cangkir
- Kertas / buku
- Pensil
Karakter : Rasa Ingin Tahu
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru menunjukkan pada anak proses pembuatan minuman
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab
pertanyaan tentang proses pembuatan minuman
6. Bermain
membawa botol berdiri di atas alas ( karton )
7. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati proses pembuatan
minuman secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan kepada
anak untuk bertanya tentang proses pembuatan minuman yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru
memberikan pertanyaan terkait proses pembuatan minuman yang
diamati.
Apa saja peralatan minuman tersebut ?
Ada berapa gambar teko itu ?
Bagaimana cara mengisi botol dengan air?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan kepada
anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai proses pembuatan minuman.
- Guru memberikan pertanyaan
tentang proses pembuatan minuman
· Apa kalian suka minum air teh?
· apa kalian suka minum susu?
· Bagaimana cara membuat minuman air
teh?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan informasi yang
sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat membuat teh / susu
- Anak dapat meneruskan pola
gambar peralatan minum
- Anak dapat mengurutkan cara membuat teh
- Anak dapat bercerita tentang pengalaman
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Dapat
menghargai milik orang lain
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menceritakan cara membuat teh
|
|
|
|
|
Dapat
membuat teh bersama-sama
|
|
|
|
|
|
Dapat
meneruskan pola gambar peralatan minum
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menceritakan pengalamannya
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan minuman yang sehat
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment