RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
Semester/Minggu
ke/Hari ke   :   I / 8 / 5
Hari
/tgl                           :   
Kelompok
usia                :   B
Tema/sub
tema                :   Kebutuhanku / Minuman ( cara membuat minuman
)
KD                                  :  1. 1  –
2 . 2 – 2 . 6 – 3 . 4 – 4 . 4 – 3   .6 –
4 . 6.  
Materi                              :   -   Bersyukur atas nikmat Tuhan (makanan )
-         
Mencoba
membuat minuman
-         
Mentaati
tata tertib minum
-     Minuman sehat
-     Meneruskan pola       
Kegiatan
main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman 
Alat
dan bahan                :  -  Air
                                           -  Gula
                                          
-  Teh
                                          
-  Teko , cangkir
                                          
-  Kertas / buku
                                          
-  Pensil
Karakter                          :  Rasa Ingin Tahu                                                
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru menunjukkan pada anak proses pembuatan minuman
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab
pertanyaan tentang proses pembuatan minuman
6. Bermain
membawa botol berdiri di atas alas ( karton )
7. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
| 
Kegiatan | 
Aktivitas | 
| 
Mengamati | 
-  Anak mengamati proses pembuatan
  minuman secara bergantian | 
| 
Menanya | 
-  Guru memberikan kesempatan kepada
  anak untuk bertanya tentang proses pembuatan minuman yang telah diamati 
-  Dalam keadaan darurat guru
  memberikan pertanyaan terkait proses pembuatan minuman yang
  diamati. 
Apa saja peralatan minuman tersebut ? 
Ada berapa gambar teko itu ? 
Bagaimana cara mengisi botol dengan air? | 
| 
Menalar / menggali informasi | 
-  Guru memberikan kesempatan kepada
  anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai proses pembuatan minuman. 
-  Guru memberikan pertanyaan
  tentang proses pembuatan minuman 
·  Apa kalian suka minum air teh? 
·  apa kalian suka minum susu? 
·  Bagaimana cara membuat minuman air
  teh? | 
| 
Menyimpulkan | 
- Guru menyimpulkan informasi yang
  sudah terkumpul | 
| 
Mengkomunikasikan | 
- Anak dapat membuat teh / susu  
- Anak dapat meneruskan pola
  gambar peralatan minum 
- Anak dapat mengurutkan cara membuat teh 
- Anak dapat bercerita tentang pengalaman | 
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.     
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.     
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.     
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.     
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.     
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.     
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.     
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.     
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
| 
KI | 
INDIKATOR
  PENCAPAIAN PEMBELAJARAN | 
HASIL
  PENILAIAN | |||
| 
BB | 
MB | 
BSH | 
BSB | ||
| 
Sikap Spiritual | 
Dapat
  menghargai milik orang lain |  |  |  |  | 
| 
Sikap Sosial | 
Menggunakan
  kata sopan pada saat bertanya |  |  |  |  | 
| 
Pengetahuan | 
Dapat
  menceritakan cara membuat teh |  |  |  |  | 
| 
Dapat
  membuat teh bersama-sama |  |  |  |  | |
| 
Dapat
  meneruskan pola gambar peralatan minum |  |  |  |  | |
| 
Keterampilan | 
Dapat
  menceritakan pengalamannya |  |  |  |  | 
| 
Dapat
  menyebutkan minuman yang sehat |  |  |  |  | |
 
No comments:
Post a Comment