RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 4 / 2
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Lingkunganku / Keluarga
KD : 1. 1 – 1. 2 – 2 .3 – 2 . 6 – 3 .1 – 4. 1 – 3
. 4 – 4 . 4 – 3 .7 –.4. 7
Materi : -
Menjaga dan melestarikan lingkungan ciptaan Tuhan
-
Kelestarian
lingkungan
-
Berkreasi
dengan berbagai media
-
Berangkat
sekolah
-
Menyanyi
lagu Satu satu sayang ibu
-
Membuang
sampah pada tempatnya
-
Pengenalan
nama anggota keluarga
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Gambar anggota keluarga
- Gambar kopyah ayah
- Krayon, pensil
Karakter : Peduli Sosial
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang minta ijin sebelum berangkat sekolah
3. Berdiskusi
tentang menjaga kelestarian lingkungan (keluarga)
4. Menyanyi lagu
satu –satu sayang ibu
5. Berdiskusi
tentang membuang sampah pada tempatnya
6. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati gambar ayah secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak
untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan
pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apakah itu gambar ayah tersebut ?
Kalian tahu nama ayah kalian ?
Dimana ayah kalian bekerja ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak
untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai ayah.
- Guru memberikan pertanyaan tentang peranan
ayah.
· Apa pekerjaan ayah kalian?
· Apakah ayah kalian masih ada?
· Apa kesukaan ayah kalian?
· Apakah kalian sering bepergian dengan ayah?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan informasi yang
sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat menyebutkan nama ayahnya
- Anak dapat menghitung gambar
kopyah ayah
- Anak dapat melengkapi suku kata awal nama
anggota keluar
- Anak dapat memasangkan gambar sesuai
pasangannya
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaannya selama hari ini
2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah
dimainkannya hari ini, mainan apa yang paling disukai
3. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
4. Menginformasikan kegiatan untuk besok
5. Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Menghargai
kasih sayang orang tua
|
||||
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
||||
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan anggota keluarga (nama ayah)
|
||||
Dapat
menyanyi satu satu sayang ibu
|
|||||
Dapat
menghitung gambar kopyah ayah
|
|||||
Dapat
menceritakan tentang membuang sampah ketika di rumah
|
|||||
Keterampilan
|
Dapat
memasangkan gambar sesuai pasangannya
|
||||
Dapat
melengkapi satu kata awal nama anggota keluarga (nama ayah)
|
No comments:
Post a Comment