RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 16 / 4
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Tanaman / Jenis sayur
KD : 1. 1 – 1. 2 –2.13 –3.2– 4.2–3. 3 – 4 . 3 – 3 . 12 – 4 . 12 – 3 . 13 – 4 . 13..
Materi : -
Macam – macam tananam jenis sayur
- Melestarikan tanaman
- Mengembalikan milik orang lain
- Mengucap terimakasih
- Koordinasi motorik halus
- Pengenalan huruf vokal dan
konsonan
- Kerja kelompok
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Sayuran
- Batang kangkung
- Pisau / gunting
- Pensil
- Kertas
Karakter : Bersahabat
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang cara merawat tanaman
3. Berdiskusi
tentang asupan gizi dari sayuran
4. Berlari
sambil melompat
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati kangkung
yang disimpan di atas meja
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk bertanya tentang kangkung yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru
memberikan pertanyaan terkait kangkung yang diamati.
Apa warna kangkung tersebut ?
Ada berapa kangkung di atas meja ?
Apa manfaat dari kangkung ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai kangkung
- Guru memberikan pertanyaan
tentang kangkung.
· Apa ciri-ciri kangkung?
· Apa warna kangkung?
· Apakah perbedaan sayur bayam
dan sayur kangkung?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat mencetak dengan
batang kangkung
- Anak dapat memotong
sayur kangkung
- Anak dapat menceritakan
perbedaan sayur bayam dan sayur kangkung
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
mensyukuri tanaman sayur sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan manfaat sayuran bagi tubuh kita
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan asupan gizi yang terkandung pada sayuran
|
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan perbedaan sayur bayam dan kangkung
|
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan cara memotong sayuran
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membeli sayur di pasar kalender
|
|
|
|
|
Dapat
mencetak gambar dengan batang kangkung
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment