Friday, January 10, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 9.1


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 9 / 1
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Kebutuhanku / Pakaian ( Manfaat )
KD                                  :  1. 1  – 2 . 6 – 2 . 14 – 3 . 1 – 4 . 1 – 3  .4 – 4 . 4. 
Materi                              :   -    Bersyukur atas nikmat Tuhan (pakaian )
-          Tata cara berpakaian yang rapi dan sopan
-      Kebiasaan mengucap terimakasih
-      Doa memakai baju (bercermin )
-      Berpakaian sesuai kebutuhan        
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Baju untuk laki – laki dan untuk perempuan
                                            -  Pola baju warna - warni
                                            -  Pensil
                                            -  Kertas
Karakter                          :  Mandiri                                                
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar pakaian
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab pertanyaan tentang manfaat pakaian
6. Merapikan baju yang dipakainya
7. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati gambar pakaian secara bergantian
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
-  Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apakah gambar tersebut ?
Gambar tersebut termasuk jenis pakaian apa ?
Siapa saja yang memakai pakaian tersebut ?
Menalar / menggali informasi
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai gambar pakaian.
-  Guru memberikan pertanyaan tentang gambar pakaian.
·  Apa ciri-ciri pakaian untuk anak laki tersebut?
·  Apa ciri-ciri pakaian untuk anak perempuan tersebut?
·  Pakaian tersebut berwarna apa saja?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat memilih dan menunjukkan baju anak laki/ perempuan
- Anak dapat menjiplak pola baju
- Anak dapat menyusun pola baju sesuai warna
- Anak dapat mencari kata dengan suku kata yang sama

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak





D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
     
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat menghargai hasil karya orang lain (baju)




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan manfaat baju




Dapat menyebutkan jenis-jenis pakaian




Dapat merapikan baju yang dipakainya




Keterampilan
Dapat meniru pola baju




Dapat menyusun pola baju sesuai warna







No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive