RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 9 / 1
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Kebutuhanku / Pakaian ( Manfaat )
KD : 1. 1 –
2 . 6 – 2 . 14 – 3 . 1 – 4 . 1 – 3 .4 –
4 . 4.
Materi : -
Bersyukur atas nikmat Tuhan (pakaian )
-
Tata
cara berpakaian yang rapi dan sopan
- Kebiasaan mengucap terimakasih
- Doa
memakai baju (bercermin )
- Berpakaian sesuai kebutuhan
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Baju
untuk laki – laki dan untuk perempuan
- Pola baju warna - warni
- Pensil
- Kertas
Karakter : Mandiri
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar pakaian
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab
pertanyaan tentang manfaat pakaian
6. Merapikan
baju yang dipakainya
7. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati gambar pakaian
secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan kepada
anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru
memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apakah gambar tersebut ?
Gambar tersebut termasuk jenis pakaian apa ?
Siapa saja yang memakai pakaian tersebut ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan kepada
anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai gambar pakaian.
- Guru memberikan pertanyaan
tentang gambar pakaian.
· Apa ciri-ciri pakaian untuk anak
laki tersebut?
· Apa ciri-ciri pakaian untuk anak
perempuan tersebut?
· Pakaian tersebut berwarna apa saja?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan informasi yang
sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat memilih dan menunjukkan baju
anak laki/ perempuan
- Anak dapat menjiplak pola baju
- Anak dapat menyusun pola baju sesuai warna
- Anak dapat mencari kata dengan suku kata yang
sama
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Dapat
menghargai hasil karya orang lain (baju)
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan manfaat baju
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan jenis-jenis pakaian
|
|
|
|
|
|
Dapat
merapikan baju yang dipakainya
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
meniru pola baju
|
|
|
|
|
Dapat
menyusun pola baju sesuai warna
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment