Thursday, January 30, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 14.4


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 14 / 4
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Tanaman / jenis pohon ( tidak berkayu )
KD                                  :  1.1  – 1 . 2 –  2 . 3 –  2 . 4 – 2 . 10 – 3 . 6 – 4 . 6    3 . 12 – 4 . 12.
Materi                              :   -     Macam – macam tananam jenis pohon ( berkayu dan tidak berkayu )  
-      Melestarikan tanaman
-      Berkreasi dengan bahan alam
-      Berkebun
-      Dapat bekerja  kelompok
-      Pengenalan bentuk - bentuk
-      Pengenalan huruf vokal dan konsonan                                                      
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Pohon pepaya
                                           -  Daun pepaya
                                           -  Buah pepaya
                                           -  Pensil
                                           -  Kertas
 Karakter                         :   Religius                       
                                                  
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang tanaman jenis pohon  ( tidak berkayu )
3. Berdiskusi tentang menyebutkan bagian – bagian tanaman
4. Melompat  dengan rintangan
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-   Anak mengamati pohon pepaya yang ada di sekitar sekolah
Menanya
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang pohon pepaya yang telah diamati
-   Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait pohon pepaya yang diamati.
Apa nama pohon tersebut ?
Ada apa saja pada pohon pepaya tersebut ?
Apa yang bisa diambil dari pohon pepaya tersebut ?
Menalar / menggali informasi
-   Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai pohon pepaya.
-   Guru memberikan pertanyaan tentang pohon pepaya.
·   Apa ciri-ciri pohon pepaya?
·   Apa kegunaan dari daun pepaya ?
·   Apa kegunaan dari buah pepaya?
Menyimpulkan
-   Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-   Anak dapat mengelompokkan daun berdasarkan bentuknya
-   Anak dapat mengelompokkan huruf vocal dari suatu kata
-   Anak dapat menjiplak buah pepaya
-   Anak makan buah pepaya

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak




D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat mensyukuri tanaman sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menceritakan manfaat pohon pepaya




Dapat menyebutkan bentuk daun pepaya




Dapat mengelompokkan huruf vokal




Keterampilan
Dapat menjiplak daun pepaya




Dapat menceritakan manfaat buah pepaya







No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive