RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 14 / 4
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Tanaman / jenis pohon ( tidak berkayu )
KD : 1.1 –
1 . 2 – 2 . 3 – 2 . 4 – 2 . 10 – 3 . 6 – 4 . 6 – 3 .
12 – 4 . 12.
Materi : -
Macam – macam tananam jenis pohon ( berkayu dan tidak berkayu )
- Melestarikan tanaman
- Berkreasi dengan bahan alam
- Berkebun
- Dapat bekerja
kelompok
- Pengenalan bentuk - bentuk
- Pengenalan huruf vokal dan konsonan
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Pohon
pepaya
- Daun pepaya
- Buah pepaya
- Pensil
- Kertas
Karakter : Religius
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang tanaman jenis pohon ( tidak
berkayu )
3. Berdiskusi tentang
menyebutkan bagian – bagian tanaman
4. Melompat dengan rintangan
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati pohon
pepaya yang ada di sekitar sekolah
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk bertanya tentang pohon pepaya yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru
memberikan pertanyaan terkait pohon pepaya yang diamati.
Apa nama pohon tersebut ?
Ada apa saja pada pohon pepaya tersebut ?
Apa yang bisa diambil dari pohon pepaya tersebut
?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai pohon pepaya.
- Guru memberikan pertanyaan
tentang pohon pepaya.
· Apa ciri-ciri pohon pepaya?
· Apa kegunaan dari daun pepaya ?
· Apa kegunaan dari buah pepaya?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat mengelompokkan daun
berdasarkan bentuknya
- Anak dapat mengelompokkan
huruf vocal dari suatu kata
- Anak dapat menjiplak buah
pepaya
- Anak makan buah pepaya
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
mensyukuri tanaman sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menceritakan manfaat pohon pepaya
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan bentuk daun pepaya
|
|
|
|
|
|
Dapat
mengelompokkan huruf vokal
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menjiplak daun pepaya
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan manfaat buah pepaya
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment