RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 8 / 2
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Kebutuhanku / Minuman (manfaat minuman )
KD : 1. 1 –
2 . 4 – 2 . 7 – 2 . 13 – 3 . 4 – 4 .4 –
3 . 6 – 4 .6.
Materi : -
Bersyukur atas nikmat Tuhan (rmakanan )
-
Gerakan
sederhana
-
Antri mengambil minuman
-
Tidak
mengambil barang bukan miliknya
- Minuman yang sehat
- Konsep bilangan
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Gelas / botol aqua
-
Gunting
-
Gambar galon
- Kertas / buku
- Pensil
Karakter : Jujur
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar macam-macam minuman
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab
pertanyaan tentang cara membuat minuman
6.Mengambil
minuman dengan antri
7. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati gambar
macam-macam minuman secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan kepada
anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru
memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apa saja manfaat dari minuman tersebut ?
Ada berapa minuman pada gambar itu ?
Siapa saja yang dapat minuman itu ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan kepada
anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai gambar minuman.
- Guru memberikan pertanyaan
tentang gambar minuman.
· Apa ciri-ciri minuman sehat tersebut?
· minuman apa saja yang dapat dimuat
dalam gelas?
· Ada berapa jumlah gelas pada gambar tersebut?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan informasi yang
sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat menghitung gelas aqua
- Anak dapat menebali suku kata
awal sama nama minuman
- Anak dapat menjumlahkan dengan gelas
- Anak dapat membuat mainan dari gelas aqua
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Dapat
mensyukuri nikmat Tuhan
|
||||
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
||||
Pengetahuan
|
Dapat
menceritakan manfaat minuman bagi kita
|
||||
Dapat
sabar menunggu giliran
|
|||||
Dapat
menghitung benda
|
|||||
Keterampilan
|
Dapat
membuat mainan dari gelas aqua bekas
|
||||
Dapat
menyebutkan suku kata awal nama minuman
|
No comments:
Post a Comment