Thursday, January 30, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 17.5


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 17 / 5
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Tanaman / Jenis Umbi  ( umbi jalar )
KD                                  :  1.1–2. 2 –2 3–2. 4 –2. 13– 3 . 6 – 4 .6 –  3 . 12 – 4 . 12 – 3 . 15 – 4 . 15
Materi                              :   - Macam – macam tananam jenis umbi
 - Mencoba hal baru
 - Berkreasi dengan bahan alam
 - Berkebun
 - Mengembalikan milik orang lain
 - Pengenalan bentuk tanaman umbi
 - Pengenalan huruf vokal dan konsonan
 - Perbedaan warna buah
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Ketela pohon
                                           -   Pensil
                                           -   Kertas
                                            -   Umbi jalar
Karakter                          :    Peduli lingkungan                                
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang macam – macam tanaman umbi
3. Berdiskusi tentang cara menanam umbi jalar / ketela
4. Mengamati tanaman umbi jalar
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati ubi jalar dan singkong yang dibawa oleh guru
Menanya
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang benda yang dibawa guru
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait benda yang diamati.
Apakah nama benda yang dibawa guru ?
Apakah perbedaan antara benda yang dibawa guru ?
Makanan yang terbuat dari ubi jalar apa saja ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai ubi jalar dan singkong.
- Guru memberikan pertanyaan tentang perbedaan ubi jalar dengan singkong.
· Apa ciri-ciri ubi jalar?
· Apa ciri-ciri singkong?
· Apakah ada yang pernah makan ubi jalar atau singkong ?
· Bagaimana rasa ubi jalar dan singkong?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat menyebutkan kembali ciri-ciri ubi jalar dan singkong
- Anak dapat mencetak dengan ubi jalar
- Anak dapat menyebutkan perbedaan ubi jalar dan singkong
     

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
                   
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat mensyukuri tanaman umbi sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan macam tanaman jenis umbi




Dapat menceritakan cara menanam umbi jalar




Dapat menyebutkan makanan yang terbuat dari umbi jalar




Keterampilan
Dapat membuat gambar dengan mencetak menggunakan umbi jalar




Dapat menggoreng/makan makanan dari umbi







No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive