Thursday, January 23, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 13.1


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 13 / 1
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Binatang / Binatang yang bisa terbang ( burung )
KD                                  :  1.1–2.4– 2. 12 – 3 . 3 – 4  . 3 – 3 . 6 – 4 .6– 3 .8 – 4 . 8 – 3 . 15 – 4 . 15.
Materi                              :   -      Tidak menyakiti ciptaan Tuhan
-      Gerakan binatang yang bisa terbang
-      Memberi makan burung
-      Terbang seperti burung
-      Suara – suara burung
-      Perkembangbiakan burung
-      Tertarik pada aktifitas seni                                                     
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Burung
                                           -   Makanan burung ( jagung )
                                           -   Pensil
                                           -   Kertas
                                           -   Krayon
Karakter                          :    Komunikatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang binatang yang bisa terbang
3. Berdiskusi tentang ciri –ciri binatang yang bisa terbang
4. Memberi makan burung
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI
Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
- Anak mengamati gambar burung bangau secara bergantian
Menanya
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar burung apakah yang kalian lihat ?
Burung bangau biasanya ada dimana ?
Bagaimana perkembangbiakan burung bangau ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai burung bangau.
- Guru memberikan pertanyaan tentang burung bangau.
·  Apa ciri-ciri burung bangau?
·  Apakah burung bangau bertelur?
·  Ada berapa burung bangau pada gambar?
·  Ada berapa telur burung bangau pada gambar?
Menyimpulkan
-  Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-  Anak dapat berdiri di atas satu kaki seperti burung bangau
-  Anak dapat menghitung jumlah telur burung bangau
-  Anak dapat menceritakan perkembangbiakan burung
   bangau
-  Anak dapat mengisi pola gambar burung bangau dengan
   garis lengkung

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak


D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan jenis burung




Dapat mengurutkan perkembangbiakan burung




Dapat menirukan gerakan burung




Keterampilan
Dapat mengisi pola pada gambar burung




Dapat menirukan kicauan burung






No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive