Friday, January 10, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 5.1


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 5 / 1
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Lingkunganku / Rumahku (bagian bagian rumah )
KD                                  :  1. 1 – 2. 1 – 2 .3 – 3 . 1 – 4 . 1 – 3 . 9 – 4 . 9       
Materi                              :   -      Menjaga keamanan rumah
-          Kebersihan rumah
-          Berkreasi dengan berbagai media
-          Menyanyi lagu  rumahku
-          Pengenalan bagian – bagian rumah

Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Balok - balok
                                            -  Buku gambar
                                            -  Kertas
                                            -  Pensil , krayon
Karakter                          :  Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang guna rumah
3. Bercerita tentang menjaga  kebersihan dan keamanan rumah
4. Menyanyi lagu rumahku
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI
Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati rumah yang ada di sekitar sekolah
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang rumah yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait  yang diamati.
Bagaimana bentuk rumah tersebut ?
Apa saja yang ada dalam rumah ?
Bagian-bagian apa saja dari rumah ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai rumah.
- Guru memberikan pertanyaan tentang rumah yang ada di sekitar sekolah dengan rumah anak.
· Bagaimana ciri rumah anak?
· Apa saja ruangan yang ada dalam rumah?
· Bagian apa yang menjadi tempat kesukaan anak dari rumah?
· Bahan apa saja yang membentuk rumah?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat mengelompokkan kata sejenis tentang bagian-bagian rumah
- Anak dapat membuat rumah dari balok-balok
- Anak dapat menggambar bebas bentuk rumah
- Anak dapat menghitung jumlah pintu

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak





D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Memahami fungsi bagian-bagian rumah




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan guna rumah




Dapat menceritakan bagian-bagian rumah




Dapat menceritakan cara menjaga rumah




Keterampilan
Dapat membuat bentuk rumah dengan balok-balok




Dapat menggambar bebas bentuk rumah







No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive