RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 5 / 1
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Lingkunganku / Rumahku (bagian bagian rumah
)
KD : 1. 1 – 2. 1 – 2 .3 – 3 . 1 – 4 . 1 – 3 . 9 –
4 . 9
Materi : -
Menjaga keamanan rumah
-
Kebersihan
rumah
-
Berkreasi
dengan berbagai media
-
Menyanyi
lagu rumahku
-
Pengenalan
bagian – bagian rumah
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Balok - balok
- Buku gambar
- Kertas
-
Pensil , krayon
Karakter : Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang guna rumah
3. Bercerita
tentang menjaga kebersihan dan keamanan
rumah
4. Menyanyi lagu
rumahku
6. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati rumah yang ada
di sekitar sekolah
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan kepada
anak untuk bertanya tentang rumah yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan
pertanyaan terkait yang diamati.
Bagaimana bentuk rumah tersebut ?
Apa saja yang ada dalam rumah ?
Bagian-bagian apa saja dari rumah ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak
untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai rumah.
- Guru memberikan pertanyaan tentang rumah
yang ada di sekitar sekolah dengan rumah anak.
· Bagaimana ciri rumah anak?
· Apa saja ruangan yang ada dalam rumah?
· Bagian apa yang menjadi tempat kesukaan
anak dari rumah?
· Bahan apa saja yang membentuk rumah?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah
terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat mengelompokkan kata sejenis
tentang bagian-bagian rumah
- Anak dapat membuat rumah dari
balok-balok
- Anak dapat menggambar bebas bentuk rumah
- Anak dapat menghitung jumlah pintu
|
C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat
yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Memahami
fungsi bagian-bagian rumah
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan guna rumah
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan bagian-bagian rumah
|
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan cara menjaga rumah
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membuat bentuk rumah dengan balok-balok
|
|
|
|
|
Dapat
menggambar bebas bentuk rumah
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment