RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 6 / 1
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Lingkunganku / Sekolahku
KD : 1. 1 –
2 . 3 – 2 . 6 – 3 . 1 – 4 . 1 – 3 . 5 – 4 . 5.
Materi : - Menjaga dan melestarikan lingkungan sekolah
-
Berkreasi
dengan berbagai media
-
Berangkat
sekolah tepat waktu
-
Menyanyi
lagu Taman yang paling indah
-
Mencari
jejak sekolahku
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Kertas gambar
- Krayon
- Pensil
Karakter : Bertanggung Jawab
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi (menunjukkan, membacakan, mengajak, menampilkan, dll) anak
dengan beragam alat, bahan, sumber atau media untuk diamati baik di dalam
ruangan atau di luar ruangan sesuai dengan tema dan sub tema
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Berdiskusi
tentang berangkat sekolah tepat waktu
6. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati bangunan sekolah
dari luar
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan kepada
anak untuk bertanya tentang bangunan sekolah yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan
pertanyaan terkait yang diamati.
Ada apa saja di lingkungan sekolah ?
Apa warna tembok sekolah ?
Di depan sekolah ada apa saja ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak
untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai sekolah.
- Guru memberikan pertanyaan
tentang sekolah.
· Bagaimana bentuk sekolah yang diamati?
· Apa warna tembok sekolah itu?
· Ada berapa ruangan di sekolah?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan informasi yang
sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat menyanyi lagu Taman Yang Paling
Indah
- Anak dapat mencari jejak menuju
sekolah
- Anak dapat menggambar bebas sekolahku
- Anak dapat menirukan 3 urutan kata
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan
perasaannya selama hari ini
2.
Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan
kegiatan untuk besok
4.
Anak
diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan
teman-temannya
5.
Anak
didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7.
Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8.
Penerapan
SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Memahami
akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan sekolah
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan guna sekolah
|
|
|
|
|
Dapat
menyanyi lagu taman yang paling indah
|
|
|
|
|
|
Dapat
menirukan 3-4 urutan kata
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
menggambar bebas sekolahku
|
|
|
|
|
Dapat
mencari jalan menuju sekolah
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment