Tuesday, January 14, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 10.3


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 10 / 3
Hari /tgl                           : 
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Kebutuhanku / Kesehatan
KD                                  :  1. 1  – 2 . 6 – 2 . 14 – 3 . 1 – 4  .1 – 3 . 9 – 4 . 9 – 3 . 14 – 4 .14.
Materi                              :   -  Bersyukur atas nikmat Tuhan (sehat )
-   Tata cara minum obat
-   Kebiasaan mengucap terimaksih
-   Berdoa sebelum minum obat
-   Pengenalan obat – obatan yang berbahaya
-   Senang berolah raga                                                     
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Gambar obat  obatan
                                            -  Macam – macam obat
                                            -  Timbangan
                                            -  Pensil
Karakter                          :  Kreatif                                                
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang pentingnya kesehatan tubuh
3. Berdiskusi tentang cara menjaga kesehatan
4. Senam anak indonesia
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
- Anak mengamati gambar obat-obatan secara bergantian
Menanya
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar apakah ini  ?
Obat apa saja yang ada pada gambar ?
Ada berapa obat yang sama manfaatnya ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai macam-macam obat.
- Guru memberikan pertanyaan tentang macam-macam obat.
· Apa saja obat yang digunakan untuk sakit kepala?
· Apa saja obat yang digunakan untuk sakit perut ?
· Apa yang terjadi jika kalian tidak menjaga kesehatan?
· Apa kegunaan mengetahui berat dan tinggi badan ?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat melakukan montase gambar obat-obatan
- Anak dapat mengelompokkan alat-alat untuk mandi
- Anak dapat bercerita tentang anak yang tidak menjaga kesehatan
- Anak dapat menimbang berat badan

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak



D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan


E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat menghargai hidup sehat




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menceritakan cara menjaga kesehatan




Dapat menyebutkan obat-obatan yang berbahaya




Dapat menceritakan akibat hidup tidak sehat




Keterampilan
Dapat menimbang berat badan




Dapat membuat mainan dengan teknik montase






No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive