RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 5 / 5
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Lingkunganku / Rumahku (jenis – jenis rumah
)
KD : 1. 2 – 2. 3 – 2 .9 – 3 . 2 – 4 . 2 – 3 . 7 –
4 . 7 – 3 . 9 – 4 . 9.
Materi : -
Kelestarian lingkungan rumah
-
Berkreasi
dengan berbagai media
-
Gotong
royong
-
Bersikap
sopan pada orang tua
-
Rumah
tempat ibadah
-
Pengenalan
perkakas dalam rumah
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Gambar rumah ibadah
- Pensil
-
Krayon
-
Kertas
Karakter : Religius
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang rumah tempat ibadah
3. Berdiskusi
tentang sopan pada orang tua
4. Mengunjungi
tempat ibadah terdekat
6. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati masjid yang ada
di sekitar sekolah
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan kepada
anak untuk bertanya tentang masjid yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan
pertanyaan terkait yang diamati.
Ada berapa macam jenis rumah ?
Apa fungsi rumah ibadah ?
Apakah di sekitar rumahmu ada rumah ibadah ?, Apa
saja?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak
untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai rumah ibadah.
- Guru memberikan pertanyaan
tentang rumah ibadah yang ada di sekitar sekolah.
· Bagaimana bentuk rumah ibadah yang
diamati?
· Apa warna masjid itu?
· Ada berapa rumah ibadah yang didekat
sekolah?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan informasi yang
sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat menghubungkan gambar rumah
ibadah sesuai agama
- Anak dapat mewarnai gambar
masjid
- Anak dapat melengkapi kalimat
- Anak dapat membuat gambar sesuai angka
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang
perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Menjaga
dan merawat rumah sebagai rasa syukur kepada Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan rumah tempat ibadah
|
|
|
|
|
Dapat
mewarnai gambar masjid dengan rapi
|
|
|
|
|
|
Dapat
melengkapi kalimat dengan benar
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
membuat gambar sesuai angka
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan tempat ibadah terdekat
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment