Friday, January 10, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 5.5


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 5 / 5
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Lingkunganku / Rumahku (jenis – jenis rumah )
KD                                  :  1. 2 – 2. 3 – 2 .9 – 3 . 2 – 4 . 2 – 3 . 7 – 4 . 7 – 3 . 9 – 4 . 9.       
Materi                              :   -      Kelestarian lingkungan rumah
-          Berkreasi dengan berbagai media
-          Gotong royong
-          Bersikap sopan pada orang tua
-          Rumah tempat ibadah
-          Pengenalan perkakas dalam  rumah                                               
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Gambar rumah ibadah
                                                   -  Pensil
                                                   -  Krayon
                                                   -  Kertas
Karakter                          :  Religius
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang rumah tempat ibadah
3. Berdiskusi tentang sopan pada orang tua
4. Mengunjungi tempat ibadah terdekat
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati masjid yang ada di sekitar sekolah
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang masjid yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait  yang diamati.
Ada berapa macam jenis rumah ?
Apa fungsi rumah ibadah ?
Apakah di sekitar rumahmu ada rumah ibadah ?, Apa saja?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai rumah ibadah.
- Guru memberikan pertanyaan tentang rumah ibadah yang ada di sekitar sekolah.
· Bagaimana bentuk rumah ibadah yang diamati?
· Apa warna masjid itu?
· Ada berapa rumah ibadah yang didekat sekolah?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat menghubungkan gambar rumah ibadah sesuai agama
- Anak dapat mewarnai gambar masjid
- Anak dapat melengkapi kalimat
- Anak dapat membuat gambar sesuai angka


C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak





D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan


E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Menjaga dan merawat rumah sebagai rasa syukur kepada Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan rumah tempat ibadah




Dapat mewarnai gambar masjid dengan rapi




Dapat melengkapi kalimat dengan benar




Keterampilan
Dapat membuat gambar sesuai angka




Dapat menceritakan tempat ibadah terdekat






No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive