Friday, January 10, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 4.1


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK
 

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 4 / 1
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Lingkunganku / Keluarga
KD                                  :  1. 1 – 2. 1–2.3–2.9–3.1 – 4. 1 – 3 . 6 – 4 . 6 – 3  . 7 – 4 . 7 –  3 .15 –.4. 15        
Materi                              :   -    Menjaga dan melestarikan lingkungan ciptaan Tuhan
-          Kebersihan lingkungan
-          Berkreasi dengan berbagai media
-          Gotong royong / tolong menolong
-          Menyanyi lagu Kasih Ibu
-          Pengenalan konsep bilangan
-          Pengenalan nama anggota keluarga
-          Gerakan senam
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Gambar anggota keluarga
                                           -  Gambar selendang ibu
                                           -  Gambar / benda- benda
                                           -  Krayon
Karakter                          : Tanggung Jawab

Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang anggota keluarga
3. Berdiskusi tentang menjaga kebersihan lingkungan (keluarga)
4. Berdiskusi tentang gotongroyong membersihkan rumah
4. Menyanyi lagu kasih ibu
5. Senam
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
- Anak mengamati gambar ibu secara bergantian
Menanya
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar siapakah itu ?
Yang sebelah kanan gambar siapa ?
Yang sebelah kiri gambar siapa ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai ibu.
-  Guru memberikan pertanyaan hal yang berkaitan dengan ibu
·  Siapa nama ibumu?
·  Apa kesukaan ibumu?
·  Apakah ibumu ada di rumah?
·  Apakah ibumu bekerja ?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat menyebutkan kembali nama ibunya masing-masing
- Anak dapat membuat selendang untuk ibu
- Anak dapat mengelompokkan gambar/benda yang biasa dipakai ibu
- Anak dapat mengurutkan bilangan


C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Menghargai kasih sayang orang tua




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan anggota keluarga (nama ibu)




Dapat menyanyi lagu kasih Ibu




Dapat mengurutkan bilangan dengan benar




Keterampilan
Dapat mewarnai gambar dengan rapi




Dapat melakukan gerakan senam




Dapat mengelompokkan benda-benda yang biasa dipakai ibu







No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive