RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 4 / 1
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Lingkunganku / Keluarga
KD : 1. 1 – 2. 1–2.3–2.9–3.1 – 4. 1 – 3 . 6 – 4 .
6 – 3 . 7 – 4 . 7 – 3 .15 –.4. 15
Materi : -
Menjaga dan melestarikan lingkungan ciptaan Tuhan
-
Kebersihan
lingkungan
-
Berkreasi
dengan berbagai media
-
Gotong
royong / tolong menolong
-
Menyanyi
lagu Kasih Ibu
-
Pengenalan
konsep bilangan
-
Pengenalan
nama anggota keluarga
-
Gerakan
senam
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Gambar anggota keluarga
- Gambar selendang ibu
- Gambar / benda- benda
- Krayon
Karakter : Tanggung Jawab
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang anggota keluarga
3. Berdiskusi
tentang menjaga kebersihan lingkungan (keluarga)
4. Berdiskusi
tentang gotongroyong membersihkan rumah
4. Menyanyi lagu
kasih ibu
5. Senam
6. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati gambar ibu secara
bergantian
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak
untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan
pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar siapakah itu ?
Yang sebelah kanan gambar siapa ?
Yang sebelah kiri gambar siapa ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak
untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai ibu.
- Guru memberikan pertanyaan hal yang
berkaitan dengan ibu
· Siapa nama ibumu?
· Apa kesukaan ibumu?
· Apakah ibumu ada di rumah?
· Apakah ibumu bekerja ?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan informasi yang
sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat menyebutkan kembali nama
ibunya masing-masing
- Anak dapat membuat selendang
untuk ibu
- Anak dapat mengelompokkan gambar/benda
yang biasa dipakai ibu
- Anak dapat mengurutkan bilangan
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Menghargai
kasih sayang orang tua
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan anggota keluarga (nama ibu)
|
|
|
|
|
Dapat
menyanyi lagu kasih Ibu
|
|
|
|
|
|
Dapat
mengurutkan bilangan dengan benar
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
mewarnai gambar dengan rapi
|
|
|
|
|
Dapat
melakukan gerakan senam
|
|
|
|
|
|
Dapat
mengelompokkan benda-benda yang biasa dipakai ibu
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment