Tuesday, January 14, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 10.1


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 10 / 1
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Kebutuhanku / Kebersihan
KD                                  :  1. 1  – 2 . 4 – 3 . 4 – 4 . 4 – 3  .6 – 4 . 6 – 3 . 12 – 4 . 12 – 3 .14 – 3 14.
Materi                              :   -      Bersyukur atas nikmat Tuhan (menjaga kebersihan badan )
-      Gerakan sederhana
-      Tata cara mandi ,menggosok gigi
-      Pengenalan alat – alat untuk mandi
-      Huruf awal sama                                                     
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Peralatan mandi
                                           -  Bekas bungkus sabun
                                           -  Kertas
                                           -  Pensil
Karakter                          : Mandiri                                                 
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang pentingnya kebersihan badan
3. Berdiskusi tentang cara membersihkan badan
4. Menirukan gerakan mandi
5. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
- Anak mengamati gambar alat-alat mandi secara bergantian
Menanya
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Apakah bentuk gambar tersebut ?
Gambar apa saja yang ada dalam gambar tersebut ?
Ada berapa gambar gayung ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai macam-macam alat mandi.
- Guru memberikan pertanyaan tentang macam-macam alat mandi.
· Apa saja peralatan mandi?
· Apa kegunaan gayung ?
· Apa saja yang diperlukan untuk mandi?
· Apa kegunaan sabun?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat menceritakan urutan cara mandi
- Anak dapat mengelompokkan alat-alat untuk mandi
- Anak dapat menghubungkan gambar dengan kata (alat mandi)
- Anak dapat membuat mainan dengan bekas bungkus sabun mandi

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak




D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat menghargai kebersihan diri sendiri




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menceritakan tata cara mandi




Dapat menyebutkan dan mengelompokkan peralatan untuk mandi




Dapat menirukan gerakan mandi




Keterampilan
Dapat memanfaatkan bungkus sabun bekas




Dapat bercerita akibat tidak mandi






No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive