Friday, January 10, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 8.1


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 8 / 1
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Kebutuhanku / Minuman  (jenis / asal minuman )
KD                                  :  1. 1  – 2 . 4 – 2 . 6 – 3 . 1 – 4 . 1 – 3  .4 – 4 . 4 – 3 .12 – 4 . 12.     
Materi                              :   -      Bersyukur atas nikmat Tuhan (minuman )
-          Gerakan sederhana
-          Mentaati tata tertib minum
-          Berdoa sebelum dan sesudah minum
-      Minuman yang sehat
-      Huruf awal sama
        
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Minuman
                                            -  Gelas
                                            -  Air
                                            -  Kertas
                                            -  Pensil
Karakter                          :  Gemar Membaca                                               
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar macam-macam minuman
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab pertanyaan tentang pentingnya minuman bagi tubuh
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati gambar macam-macam minuman secara bergantian
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
-  Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Minuman apa saja yang ada pada gambar tersebut ?
Minuman apa yang paling disukai oleh kalian ?
Minuman itu ada di dalam tempat apa saja ?
Menalar / menggali informasi
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai gambar minuman.
-  Guru memberikan pertanyaan tentang gambar minuman.
·  Apa ciri-ciri minuman tersebut?
·  Bagaimana rasa minuman tersebut?
·  Kapan kalian minum minuman tersebut?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat memperagakan gerakan minuman
- Anak dapat mengelompokkan jenis-jenis minuman
- Anak dapat menghubungkan gambar dengan kartu kata
- Anak dapat mencari perbedaan dua jenis minuman

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama



4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak

D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaannya selama hari ini
2.         Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.         Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.         Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.         Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.         Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.         Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.         Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat mensyukuri nikmat Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan asal minuman




Dapat menunjukkan gerakan minum




Dapat berjalan sambil membawa gelas berisi air dan tidak tumpah




Keterampilan
Dapat mengelompokkan jenis-jenis minuman




Dapat mencari perbedaan dari minuman







No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive