Thursday, January 23, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 11.5


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 11 / 5
Hari /tgl                           : 
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Binatang / Hidup di darat (berkaki 4 )
KD                                  :  1. 1  – 2 . 4 – 2 . 6 – 2 . 9  – 3 . 6 – 4 . 6 – 3  . 8 – 4 . 8 – 3 .15 – 4 .15
Materi                              :   -      Macam – macam binatang hidup di darat
-      Gerak / jalannya binatang
-      Sportif dalam permainan
-      Cerita bergambar tentang tolong menolong
-      Suara – suara binatang
-      Perkembangbiakan binatang
-      Tertarik pada aktifitas seni                                                     
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -   Balok - balok
                                           -   Buku cerita bergambar
                                           -   Pensil
                                           -   Kertas                                                   
Karakter                          :  Disiplin

Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Guru memfasilitasi anak dengan mengamati gambar hewan berkaki 4
3.  Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat, bahan, sumber atau media
4.  Anak diberi kesempatan untuk menanya dan mengungkapkan perasaannya
5. Menjawab pertanyaan tentang kambing dan sapi
6. Menirukan suara-suara binatang
7. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI
Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati hewan berkaki 4 seperti kambing dan sapi dengan mengunjungi kandangnya
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang hewan yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait hewan yang diamati.
Ada berapa kambing pada kandang ?
Ada berapa sapi pada kandang ?
Ada berapa anak kambing dan anak sapi ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai kambing dan sapi.
-  Guru memberikan pertanyaan tentang kambing dan sapi.
·  Apa makanan kambing dan sapi ?
·  Bagaimana perkembangbiakan kambing dan sapi?
·  Ada berapa kaki kambing dan sapi ?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
-  Anak dapat membedakan suara-suara binatang darat
-  Anak dapat memasangkan makanan dengan binatangnya
-  Anak dapat membuat kandang binatang dengan balok-balok
-  Anak dapat bercerita sesuai gambar

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak



D. PENUTUP
1.      Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2.      Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3.      Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.      Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.      Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.      Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.      Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.      Penerapan SOP penutupan


E. RENCANA PENILAIAN
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Dapat menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan binatang berkaki 4




Dapat membedakan suara-suara binatang




Dapat menceritakan perkembangbiakan binatang




Keterampilan
Dapat memasangkan makanan binatang




Dapat menceritakan perbedaan 2 binatang (ciri-ciri)







No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive