RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 16 / 1
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Tanaman / Jenis sayur
KD : 1. 1
– 1 . 2 – 2 . 3
– 2 . 4 – 3 . 2 – 4 . 2 – 3 . 6 – 4 .6 – 3 . 8 – 4 . 8.
Materi : - Macam – macam tananam jenis sayur
- Melestarikan tanaman
- Berkreasi dengan bahan alam
- Berkebun
- Mengucap terimakasih
- Pengenalan bentuk – bentuk sayuran
-
Pertumbuhan tanaman
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Tanaman bayam
- Sayuran
-
Pensil
-
Kertas
Karakter : Demokrasi
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang macam – macam sayuran
3. Berdiskusi
tentang manfaat sayur bayam
4. Mengamati
tanaman bayam
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati tanaman
bayam yang ada di sekitar sekolah
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk bertanya tentang tanaman bayam yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru
memberikan pertanyaan terkait tanaman bayam yang diamati.
Bagaimana tanaman bayam tersebut ?
Ada apa saja pada tanaman bayam tersebut ?
Apa yang bisa diambil dari tanaman bayam ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai tanaman bayam.
- Guru memberikan pertanyaan
tentang bayam.
· Apa ciri-ciri tanaman bayam?
· Apa bagian-bagian dari tanaman
bayam ?
· Apa kegunaan dari bayam?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan
informasi yang sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat mengelompokkan
tanaman jenis sayuran
- Anak dapat menjiplak
daun bayam
- Anak dapat bermain peran
sebagai tukang sayur
- Anak dapat menghitung jumlah
daun bayam
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong
anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh
lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap
Spiritual
|
Dapat
mensyukuri tanaman sayur sebagai makhluk ciptaan Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap
Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan manfaat tanaman bayam
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan cara menanam bayam
|
|
|
|
|
|
Dapat
bermain peran sebagai tukang sayur
|
|
|
|
|
|
Dapat
menghitung jumlah daun bayam
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
mengelompokkan tanaman jenis sayuran
|
|
|
|
|
Dapat
menjimplak daun bayam
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment