Friday, January 10, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL B MINGGU 4.4


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            
Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 4 / 4
Hari /tgl                           : 
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Lingkunganku / Keluarga
KD                                  :  1. 2 – 2. 3 – 2 .11 – 3 .1–4.1 – 3 .6 – 4. 6 – 3 . 9 – 4 . 9. – 3 .15 – 4 . 15.       
Materi                              :   -      Kelestarian lingkungan
-          Menyesuaikan diri dengan lingkungan
-          Berkreasi dengan berbagai media
-          Menyanyi lagu tentang adik
-          Pengenalan konsep bilangan
-          Pengenalan alat – alat  dalam keluarga
-          Menari

Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Gambar dot adik
                                            -  Gunting , krayon
                                            -  Pensil
Karakter                          : Tanggung Jawab
                                                  
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang tata tertib dalam keluarga
3. Berdiskusi  tentang tugas ibu ( menyusui adik )
4. Menari
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
- Anak mengamati gambar adik laki/perempuan secara bergantian
Menanya
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar siapa ini ?
Yang sebelah kanan gambar siapa ?
Yang sebelah kiri gambar siapa ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai adik laki-laki dan perempuan.
- Guru memberikan pertanyaan tentang perbedaan adik laki-laki dan perempuan.
· Apa ciri-ciri gambar adik laki-laki?
· Apa ciri-ciri gambar adik perempuan ?
· Apa yang diminum adik ?
· Adik minum susu menggunakan apa?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat menggunting gambar dot susu
- Anak dapat memberi angka pada gambar dot susu
- Anak dapat membuat bentuk dot susu
- Anak dapat bercerita tentang punyai adik baru


C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak



D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN
     
KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Menghargai kasih sayang orang tua




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan tugas ibu




Dapat menari sesuai irama musik




Dapat mewarnai gambar dengan rapi




Keterampilan
Dapat bercerita tentang punya adik baru




Dapat menggunting dengan rapi




Dapat memberi angka yang tepat






No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive