RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 4 / 4
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Lingkunganku / Keluarga
KD : 1. 2 – 2. 3 – 2 .11 – 3 .1–4.1 – 3 .6 – 4. 6
– 3 . 9 – 4 . 9. – 3 .15 – 4 . 15.
Materi : -
Kelestarian lingkungan
-
Menyesuaikan
diri dengan lingkungan
-
Berkreasi
dengan berbagai media
-
Menyanyi
lagu tentang adik
-
Pengenalan
konsep bilangan
-
Pengenalan
alat – alat dalam keluarga
-
Menari
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Gambar dot adik
- Gunting , krayon
-
Pensil
Karakter : Tanggung Jawab
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang tata tertib dalam keluarga
3.
Berdiskusi tentang tugas ibu ( menyusui
adik )
4. Menari
6. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati gambar adik
laki/perempuan secara bergantian
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak
untuk bertanya tentang gambar yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan
pertanyaan terkait gambar yang diamati.
Gambar siapa ini ?
Yang sebelah kanan gambar siapa ?
Yang sebelah kiri gambar siapa ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak
untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai adik laki-laki dan perempuan.
- Guru memberikan pertanyaan
tentang perbedaan adik laki-laki dan perempuan.
· Apa ciri-ciri gambar adik laki-laki?
· Apa ciri-ciri gambar adik perempuan ?
· Apa yang diminum adik ?
· Adik minum susu menggunakan apa?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan informasi yang
sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat menggunting gambar dot susu
- Anak dapat memberi angka pada
gambar dot susu
- Anak dapat membuat bentuk dot susu
- Anak dapat bercerita tentang punyai adik
baru
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Menghargai
kasih sayang orang tua
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan tugas ibu
|
|
|
|
|
Dapat
menari sesuai irama musik
|
|
|
|
|
|
Dapat
mewarnai gambar dengan rapi
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
bercerita tentang punya adik baru
|
|
|
|
|
Dapat
menggunting dengan rapi
|
|
|
|
|
|
Dapat
memberi angka yang tepat
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment