RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 5 / 3
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Lingkunganku / Rumahku (Perkakas rumah )
KD : 1. 1 – 2. 3 – 2 .4 – 2 . 10 – 3 . 6 – 4 . 6 –
3 . 9 – 4 . 9.
Materi : -
Menjaga keamanan rumah rumah
-
Berkreasi
dengan berbagai media
-
Penataan
ruang tamu
-
Mau
bermain dengan teman
-
Konsep
bilangan
-
Pengenalan
perkakas dalam rumah
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Gambar kursi
- Gunting
- Batang korek api
-
Pensil
Karakter : Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2. Berdiskusi
tentang keamanan dalam rumah
3. Bercerita
tentang penataan ruang tamu
4. Berdiskusi
tentang tempat untuk bermain dengan teman di rumah
6. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati gambar perkakas
rumah
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan kepada
anak untuk bertanya tentang gambar perkakas rumah yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan
terkait yang diamati.
Perkakas apa saja yang ada dalam rumah ?
Dimana perkakas itu disimpan di dalam rumah ?
Ada berapa perkakas rumah itu ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak
untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai perkakas rumah.
- Guru memberikan pertanyaan
tentang perkakas rumah
· Bagaimana perkakas rumah yang diamati?
· Apa saja perkakas rumah di rumahmu?
· Ada berapa macam perkakas rumah?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan informasi yang
sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat menggunting gambar kursi
- Anak dapat menghitung kursi
- Anak dapat menyusun batang korek api pada
gambar kursi
- Anak dapat mengelompokkan gambar perkakas
rumah
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1. Menanyakan
perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita
pendek yang berisi pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi
waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong
untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru
mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang
lebih jauh lagi
7. Guru
menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide
yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP
penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Menjaga
dan merawat rumah sebagai rasa syukur kepada Tuhan
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan perkakas rumah
|
|
|
|
|
Dapat
membuat bentuk kursi dari batang korek api
|
|
|
|
|
|
Dapat
mengurutkan angka pada kursi
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
mengelompokkan perkakas dalam rumah
|
|
|
|
|
Dapat
menceritakan cara menjaga keamanan rumah
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment