Friday, January 10, 2020

RPPH SAINTIFIK KEL. B MINGGU 5.3


RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK KANAK 
                            

Semester/Minggu ke/Hari ke   :   I / 5 / 3
Hari /tgl                           :  
Kelompok usia                :   B
Tema/sub tema                :   Lingkunganku / Rumahku (Perkakas rumah )
KD                                  :  1. 1 – 2. 3 – 2 .4 – 2 . 10 – 3 . 6 – 4 . 6 – 3 . 9 – 4 . 9.      
Materi                              :   -      Menjaga keamanan rumah  rumah
-          Berkreasi dengan berbagai media
-          Penataan ruang tamu
-          Mau bermain dengan teman
-          Konsep bilangan
-          Pengenalan perkakas dalam  rumah
Kegiatan main                 :  Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat dan bahan                :  -  Gambar kursi
                                           -  Gunting
                                           -  Batang korek api
                                           -  Pensil
Karakter                          :  Kreatif
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP pembukaan
2. Berdiskusi tentang keamanan dalam rumah
3. Bercerita tentang penataan ruang tamu
4. Berdiskusi tentang tempat untuk bermain dengan teman di rumah
6. Mengenalkan kegiatan dan aturan yang digunakan bermain

B. INTI

Kegiatan
Aktivitas
Mengamati
-  Anak mengamati gambar perkakas rumah
Menanya
-  Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya tentang gambar perkakas rumah yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan pertanyaan terkait  yang diamati.
Perkakas apa saja yang ada dalam rumah ?
Dimana perkakas itu disimpan di dalam rumah ?
Ada berapa perkakas rumah itu ?
Menalar / menggali informasi
- Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai perkakas rumah.
- Guru memberikan pertanyaan tentang perkakas rumah
· Bagaimana perkakas rumah yang diamati?
· Apa saja perkakas rumah di rumahmu?
· Ada berapa macam perkakas rumah?
Menyimpulkan
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah terkumpul
Mengkomunikasikan
- Anak dapat menggunting gambar kursi
- Anak dapat menghitung kursi
- Anak dapat menyusun batang korek api pada gambar kursi
- Anak dapat mengelompokkan gambar perkakas rumah

C. RECALLING:
1. Merapikan alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan pengetahuan yang didapat anak







D. PENUTUP
1. Menanyakan perasaan anak setelah mengikuti pembelajaran hari ini
2. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
3. Menginformasikan kegiatan untuk besok
4. Anak diberi waktu untuk menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5. Anak didorong untuk menumbuhkan keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6. Guru mendorong anak agar tumbuh keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7. Guru menyampaikan rencana ke depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8. Penerapan SOP penutupan

E. RENCANA PENILAIAN

KI
INDIKATOR PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
HASIL PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
Sikap Spiritual
Menjaga dan merawat rumah sebagai rasa syukur kepada Tuhan




Sikap Sosial
Menggunakan kata sopan pada saat bertanya




Pengetahuan
Dapat menyebutkan perkakas rumah




Dapat membuat bentuk kursi dari batang korek api




Dapat mengurutkan angka pada kursi




Keterampilan
Dapat mengelompokkan perkakas dalam rumah




Dapat menceritakan cara menjaga keamanan rumah







No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive