Wednesday, April 19, 2017

IDENTITAS NASIONAL




A. Pengertian Identitas Nasional
            Istilah identitas berasal dari bahasa Inggris, identity yang dapat diartikan sebagai ciri-ciri, tanda-tanda, atau jati diri yang melekat pada seseorang atau sesuatu yang bisa membedakannya dengan yang lain. Dalam bahasa Indonesia, istilah identity menjadi identitas yang artinya keadaan atau ciri-ciri khusus suatu benda atau orang. Ada pula yang mengartikan identitas dengan “Jati diri”. Dalam term antropologi identitas adalah sifat khas yang menerangkan dan sesuai dengan kesadaran diri pribadi, golongan, kelompok, komunitas atau Negara sendiri.
            Kata “nasional” merupakan identitas yang melekat pada kelompok-kelompok yang lebih besar yang diikat oleh kesamaan-kesamaan baik fisik, seperti budaya, agama, dan bahasa maupun non fisik seperti keinginan, cita-cita dan tujuan.

B. Nasion, Nasional dan Nasionalisme
            Nasion menunjuk kepada suatu komunitas sebagai kesatuan kehidupan bersama yang mencakup pelbagai unsur yang berbeda dalam aspek etnik, kelas atau golongan sosial, aliran kepercayaan, kebudayaan linguistik dan lain sebagainya. Negara nasional berfungsi sebagai wahana bagi kelompok itu untuk adaptasi, mempertahankan kesatuannya, memperkokoh proses integrasinya, serta mencapai tujuan eksistensinya.
            Berdasarkan proses pembentukannya, prinsip-prinsip nasionalisme yakni:
1.      Kesatuan
2.      Kebebasan
3.      Kesamaan
4.      Kepribadian
5.      Prestasi amat diperlukan untuk menjadi sumber inspirasi dan kebanggaan bagi warga Negara nasion.
C. Pembentuk Identitas Nasional
Identitas nasional merujuk pada suatu bangsa yang majemuk. Kemajemukan itu merupakan gabungan dari unsur-unsur pembentukan identitas, yaitu :
1.      Suku Bangsa
Suku bangsa adalah golongan sosial yang khusus yang bersifat askriptif yang sama coraknya dengan golongan umur dan jenis kelamin.
2.      Agama
Bangsa Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang agamis. Agama yang tumbuh dan berkembang di nusantara adalah Islam, Kristen, Katolik, dll.
3.      Kebudayaan
Kebudayaan adalah pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang isinya perangkat-perangkat atau model-model pengetahuan secara kolektif digunakan untuk memahami lingkungan.
4.      Bahasa
Bahasa merupakan unsur pendukung identitas nasional yang lain

D. Ciri dan Perkembangan Masyarakat
Guna memahami dan mengikuti perkembangan masyarakat Indonesia, maka perlu dikemukakan beberapa ciri atau tipe masyarakat dalam proses perkembangannya. JB. Sudarmanto mempetakan perkembangan masyarakat itu ke dalam :
1.      Masyarakat Agraris
Pada masyarakat tipe ini agama berfungsi sebagai ideologi karena membenarkan dan mensakralkan
2.      Masyarakat Praindustrial
Dalam masyarakat yang sedang beralih dari agraris ke industri, agama berperan sebagai pembenaran, namun masih menurut cara terdahulu, yakni sebagai ideologi dari luar.
3.      Masyarakat Industrial

Masyarakat industrial menuntut dan melahirkan nilai-nilainya sendiri yang tidak dapat dihindarkan.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive