Wednesday, April 19, 2017

Suasana Psikologis Yang Kondusif Pembelajaran Outdoor


Bermain outdoor membuat anak dapat menikmati kesenangan dan sangat membantu pertumbuhan dan perkembangannya. Berbagai macam area yang ada di lingkungan bermain outdoor yang dikelilingi alam yang natural sehingga anak-anak dapat mengobservasi benda-benda yang ada disekitarnya.
Hal yang paling penting dari penataan lingkungan outdoor adalah anak mendapatkan pengalaman yang unik. Misalnya science yang datang dengan sendirinya secara natural, yaitu berseksplorasi dan mengobservasi dengan tangannya sendiri. Anak dapat melihat tentang perubahan warna, memegang kulit kayu sebatang pohon, mendengar suara jangkrik atau mencium udara setelah hujan turun, anak-anak menggunakan semua perasaan mereka untuk belajar tentang dunianya.
Memperhatikan pentingnya tata lingkungan outdoor untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak maka anda harus memberikan perhatian serius dalam merancang dan menggunakan tempat bermain outdoor. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menata lingkungan outdoor yaitu sebagai berikut:
a.         Memberikan kesempatan dan kepercayaan pada anak
Dengan melakukan kegiatan pembelajaran di luar ruangan juga bertujuan untuk memberikan kesempatan dan kepercayaan pada anak agar dapat mengekspresikan dan mengembangkan berbagai potensi dirinya di luar ruangan. Dengan melakukan kegiatan di luar ruangan anak dapat melakukan berbagai macam kegiatan yang dapat menambah pengetahuannya dalam berbagai hal.  
b.        Kenyamanan
Lingkungan pembelajaran outdoor juga harus memperhatikan faktor kenyamanan. Hal ini bertujuan agar anak dapat melakukan berbagai aktivitas pembelajaran dengan rasa senang karena lingkungannya nyaman. Berbagai hal yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada anak hendaknya dijauhkan dari jangkauan anak. Misalnya adanya pohon yang berduri, batu-batu besar dan lain sebagainya.
c.         Pengawasan
Kegiatan pembelajaran outdoor hendaknya di lakukan pada lokasi pembelajaran yang merupakan tempat yang mudah dilakukan pengawasan baik oleh guru maupun oleh orang tua sehingga segala aktivitas anak dapat dikontrol dengan baik. Pengawasan tetap harus dilakukan oleh guru maupun oleh orang tua karena lingkungan outdoor merupakan lingkungan yang tanpa adanya batasan ruangan sehingga anak dapat berlari atau berjalan ke mana saja.
d.        Memastikan keamanan anak
 Anak dapat dengan leluasa mengekspresikan idenya dengan aktivitas yang dilakukannya. Salah satu faktor keselamatan dan keamanan adalah penyesuaian perlengkapan dan perlatan berkenaan dengan ukuran fisik anak. Kecelakaan sering terjadi apabila perlengkapan dan peralatan tidak cocok dengan kemampuan dan ukuran fisik anak.


No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive