Wednesday, April 19, 2017

Langkah-Langkah Pembelajaran Membaca Permulaan dengan Kartu Huruf Bergambar


Langkah pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan kartu huruf bergambar adalah sebagai berikut:
a. Persiapkan media yang akan digunakan untuk pembelajaran
b. Kondisikan anak sebelum pembelajaran dimulai
c. Bagi anak menjadi 3 kelompok setiap kelompok terdiri 5 anak
d. Guru memberitahukan tema pembelajaran (Alat komunikasi)
e. Dengan kartu huruf bergambar ajak anak untuk belajar membaca
f. Tunjukkan kartu gambar kepada anak yang sesuai dengan tema alat  komunilasi misalnya : Surat
Tanyakan kepada anak gambar apa yang ditunjukkan tersebut, jika anak-anak sudah menjawab tempelkan kartu huruf tersebut kemudian tunjukkan tulisanya Su rat, ajak anak untuk membacanya secara terpisah yaitu su rat, di ulang-ulang agar anak tepat untuk membunyikannya, lalu guru meminta anak menyebutkan benda-benda yang ada dilingkungan yang mempunyai suku kata awal yang sama yaitu su. Misalnya : su rat, su su, su mur, su ling, sulak dll. Guru menunjukkan gambarnya dan menempelkan tulisanya dibawah gambar semua gambar yang mempunyai suku kata awal sama ditempelkan, lalu dibaca. Selanjutnya dengan cara yang sama guru menunjukkan kartu huruf bergambar yang lain misalnya koran. Anak-anak diminta untuk menyebutkan gambar tersebut, setelah itu guru menempelkan pada papan flannel dan menempelkan tulisannya dibawah gambar lalu guru mengajarkan membacanya secara terpisah ko ran.
Selanjutnya anak diminta untuk menyebutkan benda yang ada di sekitarnya yang mempunyai suku kata awal yang sama seperti ko ki, ko pi, ko rek, ko dok dll. Tugas setiap kelompok adalah menyusun seperti yang ditepelkan di papan flannel

g. Setelah semua anak dapat membacanya secara terpisah guru menunjukkan kartu huruf saja tanpa gambar. Guru mencoba mengajarkanya tanpa gambar

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive