Langkah pembelajaran
membaca permulaan dengan menggunakan kartu huruf bergambar adalah sebagai
berikut:
a. Persiapkan media yang akan digunakan untuk
pembelajaran
b. Kondisikan anak sebelum pembelajaran dimulai
c. Bagi anak menjadi 3 kelompok setiap kelompok
terdiri 5 anak
d. Guru memberitahukan tema pembelajaran (Alat
komunikasi)
e. Dengan kartu huruf bergambar ajak anak untuk
belajar membaca
f. Tunjukkan kartu gambar kepada anak yang sesuai
dengan tema alat komunilasi misalnya :
Surat
Tanyakan kepada anak
gambar apa yang ditunjukkan tersebut, jika anak-anak sudah menjawab tempelkan
kartu huruf tersebut kemudian tunjukkan tulisanya Su rat, ajak anak untuk
membacanya secara terpisah yaitu su rat, di ulang-ulang agar anak tepat untuk
membunyikannya, lalu guru meminta anak menyebutkan benda-benda yang ada
dilingkungan yang mempunyai suku kata awal yang sama yaitu su. Misalnya : su
rat, su su, su mur, su ling, sulak dll. Guru menunjukkan gambarnya dan
menempelkan tulisanya dibawah gambar semua gambar yang mempunyai suku kata awal
sama ditempelkan, lalu dibaca. Selanjutnya dengan cara yang sama guru
menunjukkan kartu huruf bergambar yang lain misalnya koran. Anak-anak diminta
untuk menyebutkan gambar tersebut, setelah itu guru menempelkan pada papan
flannel dan menempelkan tulisannya dibawah gambar lalu guru mengajarkan
membacanya secara terpisah ko ran.
Selanjutnya anak diminta
untuk menyebutkan benda yang ada di sekitarnya yang mempunyai suku kata awal
yang sama seperti ko ki, ko pi, ko rek, ko dok dll. Tugas setiap kelompok
adalah menyusun seperti yang ditepelkan di papan flannel
g. Setelah semua anak dapat membacanya secara
terpisah guru menunjukkan kartu huruf saja tanpa gambar. Guru mencoba
mengajarkanya tanpa gambar
No comments:
Post a Comment