Friday, April 21, 2017

Peran Guru dalam Permainan Mencari Harta Karun


Dalam permainan ini guru berperan sebagai fasilitator dan mediator, sebelum memulai permainan mencari harta karun guru menyiapkan  semua alat dan bahan yang diperlukan dalam permainan ini, seperti jerami kkoran, koin emas yang terbuat dari coklat, gabus untuk grafik, serta buku cerita bergambar tentang mencari harta karun.
Pada saat anak bermain, guru mengobservasi dan mengevaluasi dengan menggunakan metode Tanya jawab untuk menstimulasi anak. Contoh bentuk-bentuk pertanyaan untuk anak dalam permainan ini :
a.       Untuk menjadikan permainan ini menyenangkan dengan membangun anak untuk berimajinasi atau berfantasi ajak anak dengan pertanyaan :
“maukah kita menjadi pencari harta karun untuk mencari koin yang banyak”
b.      Untuk mendorong anak melakukan pengelompokan bentuk dan warna dapat menggunakan pertanyaan :
“bentuk apa yang ditemukan oleh teman kita dan berwarna apa”
c.       Untuk mendorong anak melakukan penjumlahan dengan pertanyaan :
“ada berapa jumlah bentuk koin emas dan ada berapa jumlah bentuk segi empat perak, mari kita hitung satu persatu”
d.      Untuk mengetahui mana yang lebih banyak dan lebih sedikit dapat menggunakan pertanyaan :
“bentuk dan warna apa yang jumlahnya lebih banyak dan mana yang lebih sedikit”
Beberapa hal yang harus diperhatikan guru dalam permainan ini adalah :
a.       Guru jangan terlalu lama bercerita, cari buku cerita yang pendek tapi bergambar dan menarik karena jika ceritanya terlalu lama dan bertele-tele anak akan cepat bosan.
b.      Berikan reward atau pujian kepada anak, karena pujian adalah sumber kekuatan yang dapat membangkitkan rasa percaya diri anak.
c.       Jangan terlalu memaksa anak yang tidak mau mencari harta karun, karena ada anak yang malu dan sulit bersosialisasi.

d.      Dalam bermain bersama, perlu kita ajarkan pada anak untuk dapat menahan diri untuk belajar sabar dan mengendalikan perasaannya agar anak belajar mengalah dan tidak memaksakan kehendaknya pada temannya.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive