1.
Menganalisis
bentuk dan Warna Anak Taman Kanak-kanak
Standar
pembelajaran matematika untuk anak usia dini menurut NCTM dibagi menjadi dua
kategori yaitu standar isi meliputi bilangan dan operasi bilangan. Aljabar,
bentuk geometri, pengukuran, analisis data dan probabilitas, dan standar proses
meliputi pemecahan masalah, penalaran dan pembuktian, komunikasi, koneksi, dan
representasi (Sriningsih, 2008, 53). Analisis data merupakan salah satu bagian
dari standar isi dalam pembelajaran matematika untuk anak usia dini yang
direkomendasikan oleh NCTM.
Kegiatan
pembelajaran menganalisis sangat penting dikenalkan pada anak usia dini karena
merupakan awal anak mengenal statistic sederhana atau dasar statistic. Kegiatan
analisis data yang dilakukan untuk anak usia dini diantaranya membuat grafik
data tentang makanan kesukaan anak-anak, kendaraan yang digunakan anak-anak
pergi kesekolah. Kegiatan ini bertujuan agar anak dapat melakukan penjumlahan
dan berfikir logis seperti statistic (Sriningsih, 2009:66).
2.
Materi
Menganalisis Bentuk Dan Warna Anak Taman kanak-kanak
Analisis
data dan probabilitas merupakan salah satu isi dari kurikulum NCTM (National
Council 0f Teacher Mathematic). Prinsip dan standar pembelajaran matematika
untuk anak usia dini menurut NCTM tercantum dalam tabel berikut ini.
Standar
Analisis Data dan Probabilitas
Program-program
instruksional dari sekolah sampai kelas 12 harus memungkinkan semua siswa
untuk :
|
Harapan-harapan
untuk kelas prasekolah sampai kelas 2 SD semua siswa prasekolah hingga kelas
2 SD harus :
|
Mengajukan
pertanyaan yang ditujukan pada data dan pengumpulan, pengorganisasian dan
menampilkan data yang sesuai untuk menjawabnya
|
· Mengajukan
pertanyaan dan mendapatkan data tentang diri dan lingkungannya
· Memilih
dan mengklasifikasikan benda berdasarkan ciri-cirinya dan mengorganisasikan
data tentang benda tersebut.
· Mempresentasikan
data menggunakan benda kongkrit gambar dan grafik.
|
Memilih
dan menggunakan metode statistic yang tepat untuk menganalisis data
|
· Mendeskripsikan
bagian data dan kelompok data secara utuh untuk menentukan bagaimana data
ditampilkan.
|
Berikut
merupakan standar pendidikan anak usia dini berdasarkan PERMENDIKNAS (Peraturan
Mentri Pendidikan Nasional) Republik Indonesia No.58 Tahun 2009 :
Lingkup
Perkembangan
|
Tingkat
Pencapaian Perkembangan
|
|
|
Usia
4 - 5 tahun
|
Usia
5 - ≤ 6 tahun
|
III.
Kognitif
A. Konsep
bentuk, warna, ukuran dan pola
|
1. Mengklasifikasikan
benda berdasarkan bentuk atau warna atau ukuran
2. Mengklasifikasikan
benda kedalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok
yang berpasangan dengan 2 variasi
|
1. Mengklasifikasikan
benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran (3 variasi)
2. Mengklasifikasikan
benda yang lebih banyak kedalam kelompok yang sama atau kelompok yang
sejenis, atau kelompok berpasangan yang lebih dari dua.
|
Kemampuan
menganalisis pada anak TK yang akan dikembangkan melalui permainan ini adalah
mengelompokkan bentuk, mengelompokkan warna, kuantitas, menghitung benda dan
warna sehingga dapat mengenal warna, bentuk, angka serta operasi bilangan yang
mencakup penjumlahan sederhana, mengenal lebih banyak lebih sedikit.
Kegiatan
mengelompokkan bentuk untuk anak usia dini adalah mengenal bentuk-bentuk
geometri seperti lingkaran, segiempat, segitiga, persegi panjang, dan
mengelompokkan kedalam bentuk yang sama.
Mengelompokkan
warna untuk anak usia dini bertujuan untuk mengenal warna dan mengelompokkannya
sesuai warna yang sama.
Kuantitas
merupakan kemampuan untuk mengatakan banyaknya benda dan warna dalam satu kelompok
tertentu dengan menyebut angka terakhir pada urutan berhitungnya.
Dapat
menambah imajinasi anak dan mengeksplorasikan perasaan dan mengingat bentuk
masing-masing symbol tertentu. Mengenal lebih banyak, lebih sedikit sehingga
anak dapat tahu jumlah mana yang paling banyak ditemukan.
No comments:
Post a Comment