Friday, April 21, 2017

Menganalisis bentuk dan Warna Anak Taman Kanak-kanak

1.      Menganalisis bentuk dan Warna Anak Taman  Kanak-kanak
Standar pembelajaran matematika untuk anak usia dini menurut NCTM dibagi menjadi dua kategori yaitu standar isi meliputi bilangan dan operasi bilangan. Aljabar, bentuk geometri, pengukuran, analisis data dan probabilitas, dan standar proses meliputi pemecahan masalah, penalaran dan pembuktian, komunikasi, koneksi, dan representasi (Sriningsih, 2008, 53). Analisis data merupakan salah satu bagian dari standar isi dalam pembelajaran matematika untuk anak usia dini yang direkomendasikan oleh NCTM.
Kegiatan pembelajaran menganalisis sangat penting dikenalkan pada anak usia dini karena merupakan awal anak mengenal statistic sederhana atau dasar statistic. Kegiatan analisis data yang dilakukan untuk anak usia dini diantaranya membuat grafik data tentang makanan kesukaan anak-anak, kendaraan yang digunakan anak-anak pergi kesekolah. Kegiatan ini bertujuan agar anak dapat melakukan penjumlahan dan berfikir logis seperti statistic (Sriningsih, 2009:66).

2.      Materi Menganalisis Bentuk Dan Warna Anak Taman kanak-kanak
Analisis data dan probabilitas merupakan salah satu isi dari kurikulum NCTM (National Council 0f Teacher Mathematic). Prinsip dan standar pembelajaran matematika untuk anak usia dini menurut NCTM tercantum dalam tabel berikut ini.
Standar Analisis Data dan Probabilitas
Program-program instruksional dari sekolah sampai kelas 12 harus memungkinkan semua siswa untuk :
Harapan-harapan untuk kelas prasekolah sampai kelas 2 SD semua siswa prasekolah hingga kelas 2 SD harus :
Mengajukan pertanyaan yang ditujukan pada data dan pengumpulan, pengorganisasian dan menampilkan data yang sesuai untuk menjawabnya
·      Mengajukan pertanyaan dan mendapatkan data tentang diri dan lingkungannya
·      Memilih dan mengklasifikasikan benda berdasarkan ciri-cirinya dan mengorganisasikan data tentang benda tersebut.
·      Mempresentasikan data menggunakan benda kongkrit gambar dan grafik.
Memilih dan menggunakan metode statistic yang tepat untuk menganalisis data
·      Mendeskripsikan bagian data dan kelompok data secara utuh untuk menentukan bagaimana data ditampilkan.

Berikut merupakan standar pendidikan anak usia dini berdasarkan PERMENDIKNAS (Peraturan Mentri Pendidikan Nasional) Republik Indonesia No.58 Tahun 2009 :
Lingkup Perkembangan
Tingkat Pencapaian Perkembangan

Usia 4 - 5 tahun
Usia 5 - ≤ 6 tahun
III. Kognitif
A.    Konsep bentuk, warna, ukuran dan pola
1.   Mengklasifikasikan benda berdasarkan bentuk atau warna atau ukuran
2.   Mengklasifikasikan benda kedalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan dengan 2 variasi
1.   Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran (3 variasi)
2.   Mengklasifikasikan benda yang lebih banyak kedalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis, atau kelompok berpasangan yang lebih dari dua.
Kemampuan menganalisis pada anak TK yang akan dikembangkan melalui permainan ini adalah mengelompokkan bentuk, mengelompokkan warna, kuantitas, menghitung benda dan warna sehingga dapat mengenal warna, bentuk, angka serta operasi bilangan yang mencakup penjumlahan sederhana, mengenal lebih banyak lebih sedikit.
Kegiatan mengelompokkan bentuk untuk anak usia dini adalah mengenal bentuk-bentuk geometri seperti lingkaran, segiempat, segitiga, persegi panjang, dan mengelompokkan kedalam bentuk yang sama.
Mengelompokkan warna untuk anak usia dini bertujuan untuk mengenal warna dan mengelompokkannya sesuai warna yang sama.
Kuantitas merupakan kemampuan untuk mengatakan banyaknya benda dan warna dalam satu kelompok tertentu dengan menyebut angka terakhir pada urutan berhitungnya.

Dapat menambah imajinasi anak dan mengeksplorasikan perasaan dan mengingat bentuk masing-masing symbol tertentu. Mengenal lebih banyak, lebih sedikit sehingga anak dapat tahu jumlah mana yang paling banyak ditemukan.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive