Wednesday, April 19, 2017

Pengertian Sistem


Sistem dapat didefinisikan sebagai suatu kumpulan dari elemen-elemen yang saling berhubungan yang secara keseluruhan lebih besar dari jumlah elemen tersebut. Tubuh manusia adalah suatu sistem. Tubuh manusia terdiri dari organ-organ yang saling berhubungan termasuk paru-paru, jantung, otot, dan sebagainya. Tetapi tubuh manusia secara keseluruhan pasti lebih besar daripada jumlah masing-masing bagian. Secara individu, jantung hanya sebuah pompa belaka. Otak tidak dapat berfungsi tanpa jantung dan paru-paru. Masing-masing bagian dari tubuh manusia memberikan sumbangan agar dapat berfungsi secara keseluruhan.
Suatu organisasi bisnis baik itu perusahaan jasa (seperti bank) maupun perusahaan manufaktur adalah suatu sistem. Bagian-bagiannya adalah fungsi-fungsi dari pemasaran, operasi, keuangan dan sebagainya. Tetapi bisnis sebagai suatu sistem dapat menyelesaikan pekerjaan lebih besar daripada yang dapat diselesaikan oleh fungsi individu. Suatu fungsi secara sendirian tidak dapat menyelesaikan pekerjaan apapun. Suatu bisnis tidak dapat menjual suatu produk yang tidak dapat diproduksi. Suatu hal yang tidak baik jika membuat suatu produk yang tidak dapat dijual. Bila bagian-bagian yang berbeda dari suatu sistem yang dicapai lebih besar daripada jumlah sumbangan masing-masing individu.
Setiap operasi dapat dipandang sebagai suatu sistem dengan mengidentifikasi suatu proses transformasi atau konversi. Proses transformasi harus dipisahkan dari lingkungannya dan didefinisikan dalam kaitannya dengan masukan, keluaran, dan metode transformasi yang digunakan. Akan tetapi bagian yang paling sulit dalam menggunakan pendekatan sistem untuk analisis porses adalah menentukan batasan sistem yang memisahkan sistem operasi dari lingkungannya. Untuk tujuan analisis, batasan akan memberitahukan kepada kita seberapa besar atau seberapa kecil sistem tersebut. Pemilihan suatu batasan tidak tertentu, sistem dapat sebesar apapun seperti yang diinginkan, bergantung kepada masalah proses yang sedang dihadapi. Batasan harus mencakup seluruh interaksi penting dalam sistem, tetapi selalu sulit menentukan secara tepat apa yang harus termasuk dan apa yang tidak termasuk.

Dalam analisis proses operasi, sistem terbesar yang biasanya dipertimbangkan adalah seluruh fungsi operasi. Bilamana sistem yang lebih besar perlu dipertimbangkan, keputusan biasanya akan melibatkan manajemen umum maupun manajemen operasi. Dalam analisis proses, manajer juga mempertimbangkan subsistem-subsistem yang hanya merupakan bagian dari operasi. 

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive