Pada saat ini pendekatan model
sentra menjadi trend dalam menyelenggarakan PAUD, berikut akan dibahas alasan
penggunaan sentra dalam PAUD, yang meliputi :
1.
Nilai bermain
Seperti telah kita ketahui bahwa
semboyan kegiatan pengembangan pada anak usia dini adalah ”bermain sambil
belajar dan belajar seraya bermain”. Bermain adalah pekerjaan anak-anak dan
anak-anak selalu ingin bermain. Dalam bermain anak-anak mengembangkan sesuatu
yang berbeda dan membedakan pendekatan yang terbaik. Dalam bermain anak-anak
menggunakan bahasa untuk melancarkan kegiatan, menjelajah dan menyaring bahasa
mereka ketika mereka bicara dan mendengarkan anak-anak lainnya.
2.
Pusat Minat atau Pusat kegiatan (Sentra)
Salah satu pendekatan yang
membantu kreativitas dalam penggunaan perlatan adalah dengan menyediakan salah
satu bagian dari kegiatan, minat dan lingkungan dengan mengidentifikasi
kegiatan dan peralatan untuk setiap kelompok anak di kelas.
Dalam ruang kelas untuk anak usia
dini, lingkungan didesain untuk pengembangan total secara alamiah bagi
anak-anak. Kegiatan kelas menyediakan kesempatan pada anak-anak untuk
berpartisipasi secara individual dalam tim dan kelompok kecil.
3.
Sentra adalah pembelajaran terpadu
Sentra adalah pembelajaran
terpadu yang terbaik. Sentra dapat membantu anak-anak mengembangkan seluruh
kemampuannya secara bersamaan. Dalam satu kegiatan belajar, anak-anak dapat
mengembangkan aspek bahasa, kognitif fisik motorik, sosialemosionalnya dalam satu
kesempatan.
Penataan ruangan di lembaga PAUD
yang dibahas dalam kegiatan belajar ini, ditujukan untuk pendidik (guru dan
pengasuh) yang menginginkan kelasnya menjadi tempat yang menarik atau memadai
sebagai tempat bermain dan belajar. Selain itu, dengan membaca kegiatan
belajar ini, diharapkan para pendidik untuk lembaga PAUD tertarik mencoba
menyusun ruangan sentra yang sesuai dengan kebutuhan, minat dan kondisi
lingkungan di lembaga PAUD di manapun berada dan memberi kesempatan kepada
pendidik untuk menata dan mendesain ruangan kelasnya dengan cara yang
kreatif sehingga proses pengembangan kemampuan anak dapat lebih optimal.
Beberapa alasan mengapa pada
lembaga PAUD disarankan untuk menggunakan sentra adalah karena :
1. Dunia anak adalah dunia
bermain,
2. Sebaiknya pendidik menyediakan
lingkungan belajar yang merangsang anak untuk bermain, mengeksplor dan
mengembangkan ide-ide tersebut dengan pengalaman yang telah mereka
peroleh dalam kehidupan yang diperoleh ketika anak berinteraksi dengan
lingkungannya,
3. Sentra adalah pembelajaran
terpadu yang terbaik. Sentra dapat membantu anak-anak mengembangkan seluruh
kemampuannya secara bersamaan. Dalam satu kegiatan belajar, anak‑anak dapat mengembangkan aspek
bahasa, kognitif, fisik-motorik, sosial emosionalnya dalam satu
kesempatan.
Pemilihan sentra sebaiknya
disesuaikan dengan.ruang kelas yang disesuaikan dengan bakat anak-anak,
sedangkan banyaknya sentra tergantung pada jumlah anak dalam kelas, dan
sesuaikan dengan kondisi dan keadaan sekolah dan ruang kelas Anda.
Sentra yang ditawarkan dalam
kegiatan belajar ini merupakan contoh yang dapat dipilih dan dikembangkan
secara kreatif oleh pendidik. Pilihlah sentra yang sesuai dengan kondisi
lingkungan dan kemampuan sekolah. Sentra ersebut adalah sentra tradisional,
meliputi sentra rumah tangga (housekeeping centre), sentra balok (block
centre), sentra seni (art centre), sentra pasir dan air (sand and water
centre), sentra perpustakaan (library centre), sentra musik dan suara (music
and sound centre), sentra menulis (writing centre), serta sentra sains dan alam
(science and nature centre). Adapun sentra sosio drama, meliputi sentra mal
(mall centre), sentra ruang dokter atau rumah sakit (doctor’s office or
hospital centre), sentra toko grosir (the grocery centre), sentra memasak
(bakery or cooking centre). Sentra unik meliputi sentra ruang angkasa (space
centre)
No comments:
Post a Comment