Wednesday, April 19, 2017

Langkah-langkah berolahraga Untuk Anak Usia Dini


a.       Untuk tumbuh kembang yang baik, bayi yang berusia kurang dari 1 tahun sebaiknya diberi waktu aktif beberapa kali sehari, khususnya melalui permainan-permainan sederhana yang sifatnya interaktif dan dilakukan di lantai.
b.      Balita atau anak yang berusia kurang dari 5 tahun dianjurkan melakukan minimal 180 menit aktivitas fisik dengan intensitas ringan hingga tinggi per harinya. Aktivitas fisik tersebut dapat berupa sejumlah aktivitas di lingkungan luar rumah atau aktivitas bermain ataupun rekreasi.

c.       Anak-anak di atas 5 tahun dan remaja (hingga usia 17 tahun) direkomendasikan melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang hingga tinggi minimal 60 menit per hari. Olahraga seperti berlari, berenang, bermain sepak bola, tenis, senam, bela diri, dan roller skating sudah boleh dilakukan oleh anak-anak begitu menginjak usia 5 tahun. Setelah anak-anak menginjak usia 10 tahun, olahraga yang bertujuan meningkatkan kekuatan otot boleh dimulai. Akan tetapi, bentuk latihan beban ini harus disupervisi dan dipastikan dilakukan dengan repetisi yang tinggi (15-20 repetisi) serta menggunakan beban yang ringan dan teknik yang benar.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive