Friday, April 21, 2017

WIRELESS LAN


Wireless local area network (WLAN) atau disebut juga dengan Jaringan Lokal Nirkabel (LAN Nirkabel) menghubungkan dua atau lebih peralatan dengan memanfaatkan metode pendistribusion tanpa kabel (biasanya dengan spektrum-sebar atau gelombang radio OFDM), dan biasanya menyediakan koneksi antara sebuah titik akses dengan cakupan internet yang lebih luas. Hal ini memudahkan mobilitas pengguna tanpa terputus dari jaringan (network).  Area dapat berjarak dari sebuah ruangan tunggal hingga ke satu area (misalnya gedung). Tulang punggung jaringan biasanya menggunakan kable, dengan satu atau lebih titik akses jaringan menyambungkan pengguna nirkabel ke jaringan berkabel.
LAN nirkabel adalah suatu jaringan nirkabel yang menggunakan frekuensi radio untuk komunikasi antara perangkat komputer dan akhirnya titik akses yang merupakan dasar dari transiver radio dua arah yang tipikalnya bekerja di bandwith 2,4 GHz (802.11b, 802.11g) atau 5 GHz (802.11a). Kebanyakan peralatan mempunyai kualifikasi Wi-Fi, IEEE 802.11b atau akomodasi IEEE 802.11g dan menawarkan beberapa level keamanan seperti WEP dan atau WPA.

LAN Nirkabel menjadi sangat popular untuk pemakaian rumahan karena kemudahan instalasinya dan manfaat komersial yang banyak yang ditawarkan kepada pengguna; seringnya dalam bentuk gratis. LAN Nirkabel banyak dimanfaatkan di kota-kota besar, misalnya di Kantor Pemerintahan untuk menghubungkan satu wilayah kerja dengan wilayah kerja lainnya.
Pada Lokakarya IEEE pertama perihal LAN Nirkabel diadakan pada tahun 1991. Pada saat itu produk pertama LAN nirkabel baru saja muncul di pasar dan komite IEEE 802.11 baru saja memulai kegiatannya untuk mengembangkan sebuah standar LAN nirkabel. Fokus lokakarya pertama adalah evaluasi terhadap teknologi alternatif. Pada tahun 1996, teknologi ini dianggap telah cukup berkembang, berbagai aplikasi telah diidentifikasi dan teknologi yang memungkinkan aplikasi ini telah pula dipahami dengan baik. Chip set ditujukan untuk implementasi dan aplikasi LAN nirkabel, yang menjadi kunci teknologi untuk pertumbuhan pasar yang cepat. Wireless LAN semakin banyak digunakan di rumah sakit, bursa efek, di gedung-gedung seperti kampus dan perkantoran untuk akses nomaden, jaringan LAN point-to-point, jaringan ad-hoc, dan aplikasi yang lebih besar melalui internetworking.  Standar, varian dan alternatif IEEE 802.11 seperti forum interoperabilitas wireless LAN dan Eropa HiperLAN telah membuat kemajuan pesat demikian halnya dengan PCS tak berlisensi ‘Layanan Komunikasi Pribadi’ dan supernet, yang kemudian diubah namanya menjadi U-NII, telah membuka peluang baru.
Perangkat WLAN pada awalnya begitu mahal dan digunakan sebagai alternatif LAN kabel di tempat dimana pengkabelan sangat sulit atau tidak mungkin. Pengembangan utama meliputi solusi spesifik industri and protokol proprietary, tetapi pada akhir 1990-an digantikan dengan standar, versi, dan jenis utama dari IEEE 802.11 (dalam produk dengan menggunakan Wi-Fi sebagai nama merek). Namun, ada juga beberapa produk yang tidak berhasil di pasaran, seperti ATM alternatif dengan menggunakan teknologi standar 5 GHz, yaitu HiperLAN/2. Sejak tahun 2002 telah ada standar yang lebih baru ditambahkan ke 802,11; 802.11n yang beroperasi di kedua band yakni 5GHz dan 2,4 Ghz pada kecepatan 300 Mbit/s, dengan begitu, kebanyakan router yang lebih baru termasuk yang diproduksi oleh Apple Inc telah dapat disiarkan jaringan nirkabel pada kedua band nirkabel, yang disebut dualband. Sebuah HomeRF yang dibentuk pada tahun 1997 telah pula mempromosikan teknologi yang bertujuan untuk digunakan di rumah, tetapi gagal dan dibubarkan pada akhir 2002

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive