RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN
Kelas / Semester :
5 /1
Tema : Organ Gerak Hewan dan
Manusia ( Tema 1)
Sub Tema : Kegiatan Berbasis Proyek
(Sub Tema 4)
Pembelajaran ke :
2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa
Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
4.1
|
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan
tulis.
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran
dalam teks tulis dan lisan
secara lisan, tulis, dan visual.
|
3.1.1 Menentukan ide pokok pda bacaan
4.1.1
Membuat laporan ide pokok bacaan
|
Muatan : IPA
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
4.1
|
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan
dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
Membuat model sederhana alat gerak manusia
danhewan.
|
3.1.1 mengetahui gerakan-gerakan yang memanfaatkan kerja
organ gerak
4.1.1 Membuat Komik tentang alat gerak manusia
|
Muatan : SBdP
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
4.1
|
Memahami gambar cerita.
Membuat gambar cerita.
|
3.1.1
Mengamati sebuah komik
4.1.1
Membuat komik
|
C. TUJUAN
- Dengan mengamati gambar komik, siswa dapat mengetahui gerakan-gerakan
yang memanfaatkan kerja organ gerak dengan peduli.
- Dengan menggambar, siswa dapat membuat komik tentang gerakan-gerakan
dalam bermain bola dengan disiplin.
- Dengan menulis, siswa dapat membuat bacaan berdasarkan komik dengan
tanggung jawab.
- Dengan membuat boneka gerak, siswa dapat mengetahui cara kerja organ gerak
dengan peduli.
D. MATERI
- Menggambar komik.
- Membuat bacaan berdasarkan komik.
- Mengamati gambar komik.
- Membuat boneka gerak.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, pengamatan, diskusi dan presentasi
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan
kabar dan mengecek kehadiran siswa
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah
seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari
ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap
disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4. Menyanyikan lagu
Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan
tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5. Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara
selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan,
kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum
membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan
literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
·
Apa yang
tergambar pada sampul buku.
·
Apa judul
buku
·
Kira-kira
ini menceritakan tentang apa
|
10 menit
|
Inti
|
A.
Kegiatan 1
Membuat Komik.
-
Dilakukan secara
mandiri.
-
Dilakukan di dalam
kelas.
-
Siswa menyiapkan
peralatan dan perlengkapan untuk membuat komik.
-
Guru meminta siswa
untuk membaca dan memahami langkah kerja terlebih dahulu.
Hasil yang diharapkan
-
Siswa mengetahui cara
membuat komik.
-
Siswa terampil membuat
komik.
B.
Kegiatan 2
Membuat bacaan
-
Dilakukan secara
mandiri.
-
Dilakukan di dalam
kelas.
-
Siswa menyiapkan
peralatan dan perlengkapan untuk membuat bacaan.
-
Guru meminta siswa
untuk membaca dan memahami langkah kerja terlebih dahulu.
Hasil yang diharapkan
-
Siswa mengetahui
langkah-langkah membuat komik berdasarkan komik.
-
Siswa membuat bacaan
berdasarkan komik.
C.
Kegiatan 3
·
Guru meminta siswa
untuk kembali mengingat organ gerak pada manusia.
Membuat Boneka Gerak
-
Dilakukan secara
kelompok.
-
Dilakukan di dalam
kelas.
-
Siswa menyiapkan
peralatan dan perlengkapan untuk membuat boneka gerak.
-
Guru meminta siswa
untuk membaca dan memahami langkah kerja terlebih dahulu.
|
150 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa mapu mengemukan
hasil belajar hari ini
2.
Guru memberikan
penguatan dan kesimpulan
3.
Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya
dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.
Menyanyikan salah satu
lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5.
Salam dan do’a penutup
di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit
|
D. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil
pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi
peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan
kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap
materi ini dapat dilakukan sesuai
kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubrik penilaian hasil karya atau menyesuaikan dengan guru.
1.
Teknik Penilaian:
a. Penilaian Sikap: Percaya diri, peduli, tanggung jawab, disiplin
b. Penilaian Pengetahuan: Tes tertulis
c. Penilaian Keterampilan: Uji unjuk kerja
2.
Bentuk Instrumen
Penilaian
a. Sikap
1) Disiplin
2) Tanggung jawab
3) Peduli
4) Percaya Diri
b. Pengetahuan
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, remedial,
dan pengayaan pada buku siswa.
3.
Format Penilaian
Penilaian Unjuk Kerja
a. Membuat Bacaan
b. Membuat Boneka Gerak
c. Rubrik Presentasi
E. SUMBER DAN MEDIA
- Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
- Buku Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
- Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 5 semester 1
dari JGC
- Buku tulis, pulpen, buku gambar, pensil gambar,
pensil warna, kertas ,karton, tali, kayu, gunting.
Refleksi
Guru
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
No comments:
Post a Comment