RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN
Kelas / Semester :
5 /1
Tema : Organ Gerak Hewan dan
Manusia ( Tema 1)
Sub Tema : Kegiatan Berbasis Proyek
(Sub Tema 4)
Pembelajaran ke :
1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman
dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
|
3.1.1 Menentukan ide pokok pada bacaan.
|
4.1
|
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks
tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.
|
4.1.1 Menulis dan mengembangkan ide pokok menjadi sebuah bacaan.
|
C. MATERI
1. Membuat papan catur
D. TUJUAN
- Dengan menulis, siswa dapat membuat ide
pokok secara percaya diri.
- Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan
ide pokok menjadi sebuah paragraf dengan tanggung jawab.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, pengamatan, diskusi dan presentasi
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan
kabar dan mengecek kehadiran siswa
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah
seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari
ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap
disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4. Menyanyikan lagu
Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan
tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5. Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara
selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan,
kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum
membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan
literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
·
Apa yang
tergambar pada sampul buku.
·
Apa judul
buku
·
Kira-kira
ini menceritakan tentang apa
|
10 menit
|
Inti
|
A. Kegiatan 1
Membuat
Papan Catur
- Dilakukan secara berkelompok.
- Dilakukan di luar kelas.
Membuat Ide Pokok
-
Dilakukan secara
mandiri
-
Dilakukan di dalam
kelas
-
Siswa menyiapkan
peralatan dan perlengkapan untuk membuat ide pokok.
B.
Kegiatan 2
Membuat Ide Pokok
-
Dilakukan secara
mandiri
-
Dilakukan di dalam
kelas
-
Siswa menyiapkan
peralatan dan perlengkapan untuk membuat ide pokok.
-
Guru meminta siswa
untuk membaca dan memahami langkah kerja terlebih dahulu.
Mengembangkan ide pokok menjadi
bacaan:
-
Siswa mengembangkan
ide pokok yang telah dibuat menjadi bacaan secara mandiri.
-
Bacaan yang dibuat
siswa harus menunjukkan keterikatan antara ide pokok dengan kalimat
penjelasnya.
-
Bacaan yang dibuat
siswa juga harus menujukkan keterkaitan antara paragraf satu dengan yang
lainnya sehingga menjadi sebuah bacaan yang utuh.
·
Selama kegiatan
berlangsung, guru berkeliling dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan.
·
Pada akhir kegiatan
guru meminta masing-masing siswa untuk mempresentasikan hasil kerjanya.
·
Guru juga meminta
masing-masing siswa menceritakan kesulitan-kesulitan yang dihadapi selama
membuat papan catur.
Hasil yang diharapkan
- Siswa
menentukan dan menulis ide pokok.
- Siswa
mengembangkan ide pokok menjadi sebuah bacaan.
|
150 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa mapu mengemukan
hasil belajar hari ini
2.
Guru memberikan
penguatan dan kesimpulan
3.
Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya
dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.
Salam dan do’a
penutup.
|
15 menit
|
C. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil
pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi
peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan
kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap
materi ini dapat dilakukan sesuai
kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubrik penilaian hasil karya atau menyesuaikan dengan guru.
1.
Teknik Penilaian:
a. Penilaian Sikap: Percaya diri, peduli, tanggung jawab, disiplin
b. Penilaian Pengetahuan: Tes tertulis
c. Penilaian Keterampilan: Uji unjuk kerja
2.
Bentuk Instrumen
Penilaian
a. Sikap
1) Disiplin
2) Tanggung jawab
3) Peduli
4) Percaya Diri
b. Pengetahuan
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, remedial,
dan pengayaan pada buku siswa.
3.
Format Penilaian
Penilaian Unjuk Kerja
a. Menuliskan Ide Pokok dari Bacaan
b. Membuat Bacaan
c. Membuat Papan Catur
d. Rubrik Presentasi
D. SUMBER DAN MEDIA
- Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
- Kelasnya Manusia, Munif Chatif.
- Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 5 semester 1
dari JGC/Sci Media.
- Buku tentang catur.
- Papan, gergaji, cat, paku, palu, buku tulis, pulpen.
Refleksi
Guru
Penilaian Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
No comments:
Post a Comment