Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
TEMA 3
Nama sekolah
Mata Pelajaran
Kelas / Semester
Program
Alokasi Waktu
Aspek Pembelajaran
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
|
:
:
:
:
:
:
:
:
:
|
Bahasa Indonesia
X (sepuluh)/1 (satu)
Semua Bidang Keahlian
8 x 45 menit (4 pertemuan)
Membaca, menulis, berbicara
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara
tingkat semenjana
Membaca cepat untuk memahami
informasi tertulis dalam konteks bermasyarakat
·
Mengidentifikasi kriteria membaca cepat permulaan
·
Membedakan teknik skimming
dan scanning
·
Mencari makna kata dalam kamus sesuai kebutuhan
·
Membaca kamus secara efektif
·
Mencatat isi pokok informasi spesifik dan rinci
berkaitan dengan olah raga dan kesehatan
·
Memahami makna kata dan penggunaannya
|
A.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
· Mengenal teknik-teknik membaca
cepat permulaan berkaitan dengan olah raga dan kesehatan
· Mempraktikkan teknik membaca
cepat lanjutan dengan teknik skimming
dan scanning
· Menguasai penggunaan kamus
sebagai sumber informasi
· Memberikan catatan terhadap
pokok-pokok isi wacana berkaitan dengan olah raga dan kesehatan
· Memahami makna kata dan
penggunaannya secara lisan
B.
Materi Pokok Pembelajaran
· Mengenal teknik membaca cepat
permulaan
· Membaca cepat lanjutan dengan
teknik skimming dan scanning
· Pemanfaatan kamus
· Mencatat pokok-pokok informasi
dalam wacana
· Makna kata dan penggunaannya
C.
Metode
Pembelajaran
· Presentasi
· Diskusi kelompok
· Inquari
· Tanya jawab
· Penugasan
· Demonstrasi/pemeragaan model
D.
Kegiatan Pembelajaran
TAHAP
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PEMBUKA
(Apersepsi)
|
§ Siswa diajak untuk
mengungkapkan pengalamannya tentang
kebiasaan membaca.
§ Siswa ditanya mengenai
pengalamannya memanfaatkan kamus dalam mempermudah belajar bahasa.
§ Guru mengoreksi jawaban
lisan siswa mengenai kebiasaan membaca yang seharusnya.
§ Siswa diminta memahami
konsep membaca cepat dan langkah-langkahnya.
|
INTI
|
Pertemuan ke-1 (90’)
|
§ Siswa memahami konsep
membaca cepat permulaan.
§ Siswa mengidentifikasi
kebiasaan membaca yang dilakukan dengan konsep membaca cepat yang seharusnya
dilakukan.
§ Siswa mempraktikkan konsep
membaca cepat permulaan dengan wacana yang berjudul Diet dan Olah Raga bagi Penderita Diabetes.
§ Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan wacana yang telah dibaca
|
|
Pertemuan ke-2 (90’)
|
|
§ Siswa memahami konsep
membaca cepat dengan teknik skimming
dan scanning.
§ Siswa memahami kunci
keberhasilan membaca cepat dengan teknik skimming
dan scanning.
§ Siswa melanjutkan praktik
membaca cepat dengan teknik skimming dan
scanning dalam Uji Mandiri
§ Siswa berlatih menghitung
kecepatan membaca dengan rumus
tertentu.
§ Siswa mengerjakan soal
pemahaman membaca cepat untuk megetahui kemampuan/daya serap membaca.
|
|
Pertemuan ke-3 (90’)
|
|
§ Siswa memahami cara-cara
menggunakan kamus yang efektif.
§ Siswa berlatih membaca kamus
secara cermat.
§ Siswa menggunakan kamus
sebagai sumber informasi yang membantu
mencari makna kata yang tidak diketahui sebelumnya.
§ Siswa mengerjakan soal-soal
Uji Mandiri untuk mempraktikkan
pemanfaatan kamus.
§ Siswa memahami cara membuat
teknik simak catat
§ Siswa berlatih menggunakan
teknik simak catat dengan mengerjakan Uji Mandiri dan Uji Kelompok
§ Siswa berkelompok mencari
informasi mengenai
§ perkembangan prestasi
olahraga di daerah masing-masing dan melaporkan hasilnya
|
|
Pertemuan ke-4 (90’)
|
|
|
§ Siswa memahami konsep makna
kata leksikal dan gramatikal dan contoh-contohnya.
§ Siswa memahami makna kata
leksikal dan gramatikal dalam konteks kalimat.
§ Siswa mengidentifikasi
deretan kata-kata berdasarkan maknanya.
§ Siswa berlatih menafsirkan
makna dan menggunakannya dalam kalimat melalui latihan soal.
|
PENUTUP
(Internalisasi dan refleksi)
|
Siswa mengerjakan Uji
Keterampilan Berbahasa untuk lebih mendalami materi yang tersaji berkenaan
dengan pemahaman informasi lisan dalam konteks bermasyarakat.
|
E.
Sumber
Belajar
Ø Pustaka rujukan:
§ Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK Kelas X
§ Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
§ Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman
Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
§ Modul Keterampilan Berbahasa oleh Djaya Tarigan terbitan Universitas Terbuka Press 1997
§ Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
§ Diksi dan Gaya Bahasa karya Gorys Keraf terbitan Gramedia, 2006
§ Modul Leksikologi dan
Leksikografi FIB UI
Ø Media cetak dan elektronik
Ø Narasumber
Ø Model peraga
Ø Lingkungan siswa
F.
Penilaian
TEKNIK DAN BENTUK
|
v
|
Tes Lisan
|
v
|
Tes Tertulis
|
|
|
Observasi Kinerja/Demontrasi
|
|
v
|
Tagihan Hasil Karya/Produk:
tugas, proyek, portofolio
|
|
v
|
Pengukuran Sikap
|
|
v
|
Penilaian Diri
|
|
INSTRUMEN/SOAL
|
Sejumlah soal Uji Mandiri untuk
lebih memahami materi.
Sejumlah daftar pertanyaan untuk meningkatkan pemahaman siswa yang
menunjukkan hasil membaca.
Serangkaian tugas/perintah kepada siswa
untuk mencari makna kata-kata dalam
kamus.
Tugas mewawancarai tokoh dan membuat laporan wawancara
untuk dikumpulkan sebagai portofolio.
Daftar pertanyaan dalam Uji
Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan
materi ajar.
|
|
RUBRIK/KRITERIA
PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
|
Rubrik penilaian tugas
menulis dan mempresentasikan hasil
wawancara (terlampir di bawah).
|
RUBRIK PENILAIAN MENULIS DAN
MEMPRESENTASIKAN INFORMASI /HASIL WAWANCARA
NAMA :
.............................................................
KELAS/NO. ABS :
.............................................................
TANGGAL PENILAIAN :
.............................................................
KOMPETENSI DASAR : Menulis laporan dan mempresentasikannya
ASPEK
|
RINCIAN
|
NILAI
|
|||
KURANG
|
CUKUP
|
BAIK
|
AMAT BAIK
|
||
D (3)
|
C (5)
|
B (7)
|
A (9)
|
||
ISI
|
Selaras
dengan tema
|
|
|
|
|
Mengandung
pesan actual
|
|||||
Sesuai
dengan jenisnya
|
|||||
Utuh dan
tuntas
|
|||||
SIFAT
LAPORAN/ TUGAS HASIL WAWANCARA
|
Penyampaian
Informasi menarik
|
|
|
|
|
Tidak
terlepas dari isi
|
|||||
DIKSI DAN GAYA BAHASA
|
Mencerminkan perbendaharaan kata yang kaya
|
|
|
|
|
Menggunakan kata lugas dan proporsional
|
|||||
STRUKTUR
LAPORAN
|
Terpola
secara teratur
|
|
|
|
|
Unsur
lengkap memenuhi pembukaan, isi, penutup
|
|||||
Penyampaian runtut
|
|||||
KOMENTAR
|
Kekurangan
|
|
|
|
|
Kelebihan
|
|||||
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment