Wednesday, March 6, 2019

RPP Bahasa Indonesia Kelas X Tema 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
 


TEMA 2

Nama sekolah
Mata Pelajaran
Kelas / Semester
Program
Alokasi Waktu
Aspek Pembelajaran
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator



:
:
:
:
:
:
:
:
:

Bahasa Indonesia
X (sepuluh)/1 (satu)
Semua Bidang Keahlian
8 x 45 menit (4 pertemuan)
Mendengarkan, menulis, berbicara, membaca
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana
Menyimak untuk memahami informasi lisan dalam konteks bermasyarakat

·   membedakan sumber informasi
·   mengidentifikasi isi rekamanMampu mencatat isi pokok informasi dari naskah drama
·   mengidentifikasi ciri-ciri informasi yang menyatakan proses dan hasil
·   membedakan ragam bahasa lisan berkaitan dengan perdagangan
·   menuliskan kembali kriteria informasi yang menyatakan proses dan hasil
·   membedakan proses dan hasil dengan memperhatikan ciri penanda kata/kalimat berkaitan dengan bidang perdagangan
·   mengidentifikasi ciri-ciri ragam bahasa lisan berkaitan dengan perdagangan
·   mengungkapkan kembali hasil simakan
A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
·       Memahami sumber-sumber informasi berkaitan dengan bidang perdagangan
·       Mendengarkan rekaman berita untuk memahami informasi
·       Memberikan catatan mengenai isi informasi dari naskah drama
·       Memberikan komentar terhadap isi sumber informasi yang  menyatakan proses dan hasil
·       Mengenal ragam bahasa lisan   
·       Memahami informasi yang menyatakan proses/hasil dari wacana mengenai perdagangan
·       Menyimak wacana tulis mengenai perdagangan secara efektif

B.    Materi Pokok Pembelajaran
·       Mengenal informasi lisan sebagai sumber informasi
·       Menyimak rekaman berita
·       Mencatat isi pokok informasi dan uraian lisan yang bersifat faktual, spesifik, dan rinci
·       Memahami informasi yang menyatakan proses dan hasil
·       Memahami ragam bahasa
·       Berlatih menyimak wacana secara efektif

C.    Metode Pembelajaran
Ø Material (CD)
Ø Media cetak dan elektronik:
Ø Narasumber
Ø Model peraga
Ø Lingkungan masyarakat sekitar siswa

D.    Kegiatan Pembelajaran

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
§ Guru menanyakan kepada siswa mengenai informasi lisan yang dapat dijadikan sumber informasi.
§ Siswa diajak untuk mengenali sumber-sumber informasi dari lingkungan sekitarnya.
§ Siswa diminta memperhatikan ragam bahasa yang digunakan di lingkungan sekitar.
§ Siswa diminta mencermati informasi-informasi yang ada di sekitar dengan cara menyimak efektif.

INTI




Pertemuan ke-1 (90’)
§ Siswa mengenal bentuk-bentuk informasi lisan di lingkungan sekitar.
§ Siswa berlatih menyimak rekaman berita mengenai perdagangan.
§ Siswa mengerjakan Uji Mandiri dan Uji Kelompok  untuk mendalami konsep informasi lisan sebagai sumber informasi.
§ Siswa berdiskusi mengenai isi rekaman yang berupa fakta dan mencatat isi-isi informasi.
Pertemuan ke-2 (90’)
§ Siswa mencatat isi pokok informasi dan mengidentifikasinya ke dalam peristiwa, fenomena, gagasan, khayalan, dan harapan. 
§ Siswa berdiskusi mengenai unsur intrinsik drama dan melakoninya.
§ Siswa mengerjakan Uji Mandiri dan Uji Kelompok untuk  lebih memahami informasi yang menyatakan proses dan hasil.
§ Siswa menyimpulkan penggunaan kata-kata berimbuhan yang menyatakan proses dan hasil.
Pertemuan ke-3 (90’)
§ Siswa memahami variasi kebahasaan dengan membaca konsep-konsep ragam bahasa.
§ Siswa mendaftar istilah-istilah asing yang terdapat pada berita dan memaknainya dengan cara membuka kamus.
§ Siswa berdiskusi kelompok untuk menganalisis wacana yang berbeda yang menunjukkan keragaman/variasi berbahasa.
Pertemuan ke-4 (90’)
§ Siswa mengenali tata cara proses menyimak secara efektif.
§ Siswa berlatih menyimak wacana secara efektif. Wacana dapat dibaca atau diperdengarkan dengan menutup buku.
§ Siswa memahami isi wacana/hasil simakan dengan mengerjakan latihan soal yang tersedia.
§ Siswa memberi komentar kepada siswa lain atas pemahaman wacana yang ada sehingga proses penyimakan semakin efektif.
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)
Siswa mengerjakan Uji Keterampilan Berbahasa untuk lebih mendalami materi yang tersaji berkenaan dengan pemahaman informasi lisan dalam konteks bermasyarakat.

E.     Sumber Belajar
Ø Pustaka rujukan:
§  Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK  Kelas X
§  Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
§  Pedoman Umum Ejaan yg Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
§  Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
- Material (CD)
- Media cetak dan elektronik
- Naskah drama
- Narasumber
- Model peraga
- Lingkungan sekitar siswa

F.     Penilaian
TEKNIK DAN BENTUK
v
Tes  Lisan
v
Tes Tertulis 

Observasi Kinerja/Demontrasi
v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, proyek, portofolio
v
Pengukuran Sikap
v
Penilaian Diri

INSTRUMEN/SOAL


Sejumlah soal Uji Mandiri dan Uji Kelompok untuk lebih memahami materi.
Sejumlah daftar pertanyaan yang membantu siswa untuk menganalisis informasi-informasi yang beragam.
Serangkaian tugas/perintah kepada siswa untuk  melakonkan naskah drama.
Daftar pertanyaan dalam Uji Keterampilan Berbahasa untuk memperkaya kemampuan siswa terhadap penyerapan materi ajar.
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Blangko observasi kinerja melakonkan drama  (terlampir di bawah).








FORMAT OBSERVASI DAN PENILAIAN KOMUNIKASI LISAN
(MELAKONKAN NASKAH DRAMA)


NAMA                                     : ..................................................................
KELAS/NO. ABS                    : ..................................................................
TANGGAL PENILAIAN         : ..................................................................
KOMPETENSI DASAR          :  Menyimak untuk memahami informasi lisan dalam konteks bermasyarakat

ASPEK
RINCIAN
NILAI
KURANG
CUKUP
BAIK
AMAT BAIK
D  (3)
C (5)
B (7)
A (9)

ISI 
Ketepatan mimik/kinetik




Penampilan tokoh
Sesuai alokasi  waktu

SISTEMATIKA

Penampilan awal




Kelengkapan topik   
Kesesuaian naskah
Ketepatan ending cerita

BAHASA 
Kalimat efektif dan komunikatif




Diksi tepat, khusus, variatif, baku
Struktur kalimat  tepat dan baku
Artikulasi dan intonasi tepat
Bergaya bahasa/kiasan

ETIKA  DAN EKSPRESI
Tatapan mata merata dan teratur




Mimik penuh ekspresif
Percaya diri
Performa penampilan kelompok

JUMLAH SKOR







                                                                                                

No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive