Wednesday, March 6, 2019

RPP Bahasa Indonesia Kelas X Tema 1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
 


TEMA 1

Nama sekolah
Mata Pelajaran
Kelas / Semester
Program
Alokasi Waktu
Aspek Pembelajaran
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator



:
:
:
:
:
:
:
:
:

Bahasa Indonesia
X (sepuluh)/1 (satu)
Semua Bidang Keahlian
8 x 45 menit (4 pertemuan)
Mendengarkan, menulis, berbicara
Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana
Menyimak untuk memahami lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
·   membedakan lafal, tekanan, intonasi, dan  jeda yang lazim/baku dan yang tidak  
·   mencatat lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak dari wacana tulis mengenai lingkungan hidup
·   mengidentifikasi ciri-ciri ragam bahasa baku
·   memberi komentar terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
·       memahami dialog untuk membedakan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak berkaitan dengan lingkungan hidup
·       memberikan catatan terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda dari wacana tulis berkaitan dengan lingkungan hidup
·       mengenal ragam bahasa baku
·       mengungkapkan pendapat secara lisan dari wacana lisan yang didengar mengenai lafal, tekanan, intonasi, dan jeda

B.    Materi Pokok Pembelajaran
·       Membedakan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda
·       Menyimak wacana dialog
·       Mencatat lafal, tekanan, intonasi, dan jeda dengan berlatih menyimak
·       Mengenal ragam bahasa baku

C.    Metode Pembelajaran
·       Presentasi
·       Diskusi kelompok
·       Inquari
·       Tanya jawab
·       Penugasan
·       Demonstrasi/pemeragaan model

D.    Kegiatan Pembelajaran
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
§ Siswa ditanya tentang pelafalan, penggunaan tekanan, intonasi, dan jeda dalam pemakaian bahasa dikaitkan dengan wacana lingkungan hidup.
§ Siswa diminta memahami contoh-contoh pelafalan baku, penggunaan tekanan, intonasi, dan jeda dalam kalimat yang berkaitan dengan lingkungan hidup.
§ Guru mengajak siswa untuk membedakan secara cermat pelafalan, penggunaan tekanan, intonasi, dan jeda dalam kalimat yang secara umum ditemukan dalam kehidupan di sekitar siswa.
INTI
Pertemuan ke-1 (90’)
§ Siswa diajak mencermati penggunaan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda dalam kalimat ragam lisan dan tulis.
§ Siswa diajak mengenali lafal baku dalam ragam kalimat.
§ Siswa mempraktikkan pelafalan baku, penggunaan tekanan, intonasi, dan jeda yang tepat dan bervariasi melalui latihan soal.
§ Siswa menyimak rekaman wawancara atau menyimak pembacaan transkrip oleh guru atau  menyimak materi rekaman wawancara yang diperagakan oleh dua siswa.
Pertemuan ke-2 (90’)
§ Siswa berlatih mencatat penggunaan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda dalam wacana HBKB di Jakarta: 100% Tak Bebas Kendaraan Bermotor.
§ Siswa mengerjakan soal-soal dalam wacana tersebut mengenai lafal, tekanan, intonasi, dan jeda; pemberian komentar; dan pengungkapan kembali isi wacana dengan bahasa siswa. 
Pertemuan ke-3 (90’)
§ Siswa diarahkan untuk mengenal ciri-ciri  dan fungsi ragam bahasa baku lengkap dengan contoh-contohnya.
§ Siswa berlatih memberi komentar mengenai penggunaan ragam bahasa baku dan tidak baku dalam wacana HBKB di Jakarta: 100% Tak Bebas Kendaraan Bermotor dari beberapa cara/teknik membaca yang dipresentasikan teman-teman.
Pertemuan ke-4 (90’)
§ Siswa memperkaya materi pembelajaran dengan mengerjakan soal-soal uji kelompok berupa kerja kelompok mengenai penulisan kembali materi yang disimaknya (rekaman berita dari radio/TV).
§ Siswa menulis kembali/membuat transkrip ragam bahasa yang digunakan dalam rekaman berita.
§ Siswa menganalisis penggunaan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang baku dan yang tidak yang terdapat dalam rekaman berita.
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)
§ Siswa mengerjakan uji keterampilan berbahasa sebagai pengayaan dan pendalaman konsep lafal, tekanan, intonasi, dan jeda.
§ Siswa mengevaluasi dan membuat simpulan mengenai penggunaan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda.

E.     Sumber Belajar
Ø Pustaka rujukan:
§  Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK Kelas X
§  Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka 2003
§  Pedoman Umum Ejaan yg Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah terbitan Yrama Widya Bandung 1991
§  Modul Keterampilan Berbahasa oleh Djaya Tarigan terbitan Universitas Terbuka Press 1997
Ø Material (CD)
Ø Media cetak dan elektronik:
Ø Narasumber
Ø Model peraga
Ø Lingkungan masyarakat sekitar siswa

F.     Penilaian
TEKNIK DAN BENTUK
v
Tes  Lisan
v
Tes Tertulis 
v
Observasi Kinerja/Demontrasi
v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, proyek, portofolio
v
Pengukuran Sikap
v
Penilaian Diri
INSTRUMEN/SOAL


§ Daftar pertanyaan lisan untuk memahami lafal, tekanan, intonasi, dan jeda.
§ Daftar permasalahan/kasus-kasus penggunaan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda dalam wacana tulis dan lisan untuk menyatakan sikap kebahasaan.
§ Uji mandiri dan uji kelompok untuk pendalaman materi.
§ Uji keterampilan berbahasa untuk mengukur pemahaman siswa mengenai teori penggunaan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda.
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Blangko observasi kinerja yang berisikan tanggapan penggunaan lafal, tekanan, intonasi, dan jeda (terlampir di bawah).

FORMAT OBSERVASI DAN PENILAIAN MENYIMAK

NAMA                                     :  ....................................................
KELAS/NO. ABS                    :  ....................................................
TANGGAL PENILAIAN         :  ....................................................
KOMPETENSI DASAR          :  Menyimak lafal, tekanan, intonasi, dan jeda

No.
Nama
Aspek
Komentar
1.

Ragam yang digunakan


Lafal

Tekanan

Intonasi

Jeda

2.

Ragam yang digunakan


Lafal

Tekanan

Intonasi

Jeda

3.

Ragam yang digunakan


Lafal

Tekanan

Intonasi

Jeda

Dst.

Ragam yang digunakan


Lafal

Tekanan

Intonasi

No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive