Wednesday, April 12, 2017

Fungsi Motivasi Belajar


Dalam proses pembelajaran motivasi mempunyai fungsi yang sangat penting.  Karena motivasi menetukan usaha siswa dalam proses belajarnya Yusuf (Riduwan, 2011:200) menyatakan “bahwa para siswa yang memiliki motivasi tinggi, belajarnya lebih baik dibanding dengan para siswa yang memiliki motivasinya rendah.”  Sadirman (2011:85) ada tiga fungsi motivasi, yaitu:
1)   Mendorong manusia untuk berbuat, jadi sebagai penggerak atau motor yang melepaskan energi.  Motivasi dalam hal ini merupakan motor penggerak dari setiap kegiatan yang akan dikerjakan.
2)   Menentukan arah perbuatan, yakni ke arah tujuan yang hendak dicapai. Dengan demikian motivasi dapat memberikan arah dan kegiatan yang harus dikerjakan sesuai dengan rumusan tujuan.
3)   Menyeleksi perbuatan, yakni menentukan perbuatan-perbuatan apa yang harus dikerjakan yang serasi guna mencapai tujuan, dengan menyisihkan perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat bagi tujuan tersebut.

Riduwan (Hamalik, 2001:175) menyatakan fungsi motivasi adalah:
1)   Mendorng timbulnya kelakuan atau sesuatu perbuatan. Tanpa motivasi tidak akan timbul perbuatan seperti belajar.
2)   Sebagai pengarah, artinya mengarahkan perbuatan kepada pencapaian tujuan yang diinginkan.
3)   Sebagai penggerak, artinya menggerakkan tingkah laku seseorang. Kuat lemahnya motivasi akan menentukan cepat atau lambatnya suatu pekerjaan.




Kurniasih (Riduwan, 2011:201) menyatakan:
“fungsi motivasi adalah: 1) mendorong anak dalam melaksanakan sesuatu aktivitas atau tindakan; 2) dapat menentukan arah dan tindakan seseorang; dan 3) memotivasi berfungsi dalam menyelesaikan jenis-jenis perbuatan dan aktivitas seseorang.”

Sadirman (Riduwan, 2011:201) menyatakan:
“bahwa fungsi motivasi dalam PBM adalah 1) menyediakan kondisi yang optimal bagi terjadinya belajar; 2) menguatkan belajar siswa; 3) menimbulkan atau menggugah minat siswa agar mau belajar; 4) mengikat perhatian siswa agar mau dan menemukan serta memilih jalan/ tingkah laku yang sesuai untuk mendukung pencapaian tujuan belajar maupun tujuan hidup jangka panjang.”

Berdasarkan pemaparan diatas motivasi sangatlah berfungsi dalam proses pembelajaran karena akan mendorong siswa untuk melakukan aktivitas belajar dalam proses pembelajarannya.  Motivasi akan memberi dorongan kepada siswa agar semangat dalam kegiatan belajarnya dan membantu siswa mendapatkan petunjuk atau arah yang akan dicapainya. Oleh karena itu, siswa harus diberikan dorongan atau upaya agar mereka memiliki motivasi yang tinggi dalam pembelajarnnya sehingga siswa dapat mencapai hasil yang baik dalam pencapaian hasil belajarnya.

No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive