1) Menggunakan keterampilan kreatif dan menyenangkan
Keterampilan bertanya sangat perlu dikuasai guru
pada saat mengajar yang efektif dan menyenangkan, karena hampir dalam setiap
tahap mengajar guru dituntut untuk mengajukan pertanyaan dan kualitas
pertanyaan yang diajukan guru akan menentukan kualitas jawaban anak/peserta
didik.
2) Memberi penguatan
Penguatan (reinforcement)
merupakan respon terhadap suatu perilaku tersebut. Penguatan dapat dilakukan
secara verbal dan non verbal, dengan prinsip kehangatan, keantusiasan, bermakna
dan menghindari penggunaan respon yang negatif. Penguatan secara verbal berupa
kata-kata dan kalimat pujian.
Contoh : Bagus, tepat, Ibu
puas dengan hasil kalian.
Sedangkan secara nonverbal dapat dilakukan dengan gerakan mendekati peserta
didik.
Contoh : sentuhan, acungan jempol
Penguatan bertujuan untuk :
a) Meningkatkan perhatian peserta didik
terhadap pembelajaran
b) Merangsang dan meningkatkan motivasi
belajar anak
c) Meningkatkan kegiatan belajar dan membina
perilaku yang produktif
Penguatan harus diberikan secara sungguh-sungguh, memiliki makna.
3) Mengadakan variasi
Variasi dalam mengajar
bertujuan untuk :
a) Meningkatkan perhatian peserta didik
terhadap materi standar yang relevan.
b) Memberikan kesempatan bagi perkembangan
bakat anak didik terhadap hal baru dalam pembelajaran.
c) Memupuk perilaku positif anak terhadap
pembelajaran.
d) Memberi kesempatan kepada anak untuk
belajar sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuannya.
Ø Variasi dalam gaya mengajar dapat
dilakukan dengan berbagai cara:
-
Variasi
cara rendah, tinggi, besar,kecil
-
Memusatkan
perhatian
-
Membuat
kesenyapan sejenak
-
Menggunakan
kontak pandangan anak
-
Variasi
gerakan badan dan mimik
Ø Variasi dalam penggunaan media dan sumber
belajar :
-
Variasi
alat dan bahan yang dapat dilihat
-
Variasi
alat dan bahan yang dapat didengar
-
Variasi
alat dan bahan yang dapat diraba
1)
Menjelaskan
Menjelaskan adalah mendeskripsikan secara lisan
tentang suatu benda, keadaan, fakta. Menjelaskan merupakan suatu aspek penting
yang harus dimiliki guru setiap mengajar. Oleh karena itu, keterampilan
menjelaskan kepada anak usia dini perlu ditingkatkan agar dapat mencapai hasil
yang optimal. Terdapat beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam
memberikan suatu penjelasan di dalam mengajar :
-
Penjelasan
dapat diberikan pada setiap awal kita mengajar, di tengah kita mengajar, maupun
di akhir kita mengajar
-
Penjelasan
harus menarik perhatian anak dan sesuai dengan materi
-
Penjelasan
dapat diberikan untuk menjawab pertanyaan anak
2)
Membimbing
diskusi kelompok kecil
Hal-hal yang diperhatikan dalam membimbing diskusi
adalah memusatkan perhatian anak pada tujuan dan topik diskusi memperluas
urusan pendapat, menganalisa pandangan anak, meningkatkan partisipasi anak,
menyebarkan kesempatan berpartisipasi dan menutup diskusi. Diskusi kelompok
kecil merupakan salah satu tujuan yang dicapai dengan kerjasama antar anggota
kelompok dan dapat mengembangkan kreatifitas anak.
3)
Mengelola
Kelas
Dalam mengajar pengelolaan kelas merupakan
keterampilan guru dan guru dapat mengendalikan jika terjadi gangguan dalam
mengajar. Beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam pengelolaan mengajar
kelas.
a) Kehangatan dan keantusiasan
b) Tantangan
c) Bervariasi
d) Luwes
e) Penekanan pada hal-hal positif
f) Penanaman disiplin diri
Keterampilan sebagai mengelola dalam mengajar
memiliki komponen sebagai berikut :
-
Menunjukkan
sikap dengan cara : memandang, mendekati, memberikan pertanyaan dan memberi
reaksi terhadap gangguan di kelas.
-
Membagi
perhatian secara visual dan verbal
-
Memberi
petunjuk yang jelas
-
Memberi
teguran secara bijaksana
4)
Membuka
dan Menutup Pelajaran
Membuka dan menutup merupakan dua kegiatan rutin
dalam mengajar yang dilakukan guru untuk mengakhiri pembelajaran. Membuka
pelajaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan guru untuk menciptakan
kesiapan mental dan menarik perhatian anak secara optimal, agar mereka
memusatkan diri sepenuhnya pada pelajaran yang akan disajikan. Menutup
pelajaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan guru untuk mengetahui
pencapaian tujuan dan pemahaman anak terhadap materi yang telah dipelajari
serta mengakhiri kegiatan pembelajaran.
No comments:
Post a Comment