Saturday, March 18, 2017

MENGENAL DIRI SENDIRI


           Manusia sebagai mahluk sosial tentu tidak bisa di pisahkan dari kebutuhan akan berkomunikasi dengan orang lain ,oleh karena itu ,manusia sebagai mahluk sosial ,tak bisa lepas dari pergaulan sosial yang ada dalm kehidupan masyarakat mulai dari lingkup keluarga ,tempat tinggal hingga tempat kerja.
Komunikasi memang merupakan suatu hal yang sangat penting dan kemampuan ini harus dimiliki oleh siapapun jika ingin erasakan kesuksesan dalam berbagai hal dan propesi yang digeluti dan banyak teori yang berusaha menjelaskan mengenai komunikasi yang mengenai dalam hal mengenai diri sendiri dan orang lain .kominikasi tidak akan bisa dicapai dalam satu hal teori yang membahas komunikasi yang baik.
           seperti yang tertulis di buku SUN TZU yang cukup penomenal the art of waryang mengatakan”siapa yang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang diri sendiri dari musuhnya ,ahirnya akan menenangkan semua pertempuran.tetapi siapa yang mengenai diri sendiritetapi tidak mengenal diri musuhnya ,ahirnya akan memenangkan semua pertempuran.siapa yang mengenai diri sendiri tetapi tidak mengenal diri musuhnya akahkan  kalah di semua medan pertempuran dan kenali ,musuhmu dan kemenangan tidak akan tergoyahkan ,dengan mengenal medan dan cuaca maka kemengan anda akan lengkap .
Manfaat dan tujuan mengenal diri:
1. Seseorang  dapat  mengenal  kenyataan  dirinya,  dan  sekaligus kemungkinan-kemungkinannya,  serta  (diharapkan  mengetahui peran apa yang harus dia mainkan untuk mewujudkannya.
2. Sebaliknya,  orang  yang  tidak  mengenal  dirinya,  tidak  mengetahui
apa yang harus dikerjakan dan dikembangkannya.
3. Tidak  memahami  posisi  diri  akan  membuatnya  sulit  mengarahkan diri  kepada  tujuan  hidupnya,  sehingga  gagal  dalam  pergumulan hidupnya.





Cara Mengenal Diri:
1. Bersikap  terbuka  (open  minded)  terhadap  kritik,  saran  orang lain,  dan  mau  menerima  apa  adanya  demi  perkembangan dirinya; tidak defensif.
2. Melalui penelusuran  bakat dan kepribadian
3. Melalui pengalaman sehari-hari
4. Melalui kebersamaan dengan orang lain
5. Melalui  refleksi  dan  perenungan  diri  pribadi  merumuskan
potret diri sendiri.
Kesimpulan
1. Dalam  kenyataan  orang  tidak  hanya  memiliki satu  temperamen,  sering  ada  perpaduan:
sankol,  sanmel,  san  phleg,  kolsan,  kolmel, kolphleg,  melsan,  melphleg,  phlegsan, phlegkol, dan phlegmel.
2. Mungkin juga perpaduan lebih dari itu

3. (Bisa  dilanjut  dengan  latihan  mengenal  tipe kepribadian ala MBTI).

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive