Friday, March 17, 2017

KOMUNIKASI KERJA




            Sejak manusia dilahirkan sebenarnya ia sudah melakukan proses komunikasi. Begitu sang bayi lahir sudah pasti ia menangis. Tangis itu adalah suatu bentuk komunikasi dari bayi yang memberitahukan lingkungan sekitarnya, bahwa ia hidup sepanjang hidupnya pun manusia terus berkomunikasi dengan sesama.
            Komunikasi menjadi sangat penting & berguna apabila kita sudah menyatu & membaur dengan orang lain. Dalam berkomunikasi kita dapat bertukar pikiran dan dapat saling membagi pengalaman dalam masalah kerja atau apa saja yang menyangkut tentang kerja.
            Komunikasi berarti penyampaian isi pernyataan kepada orang lain atau sekelompok orang baik secara langsung atau tidak langsung disampaikan secara lisan maupun tulisan.
Proses komunikasi mempunyai 3 unsur penting yaitu Pembicara, Isi pernyataan, Pendengar.
Macam-macam isi pernyataan
  1. Berita/kabar
  2. Laporan
  3. Kejadian
  4. Pesan/informasi
  5. Keterangan
  6. Pendapat
  7. Lain-lain
Cara berkomunikasi yang menarik
·      Memiliki rasa humor yang positif
·      Bisa bicara tentang banyak hal
·      Jelas,singkat dan mudah dimengerti
·      Sesekali memberi pujian
·      Dapat menjadi pendengar yang baik
Cara mendengarkan aktif
-          Arahkan perhatian
-          Jangan berprasangka
-          Sikap tubuh terbuka terhadap proses pembicaraan
-          Pastikan apa yang anda dengar dengan mengkomunikasikan kembali
-          Berikan tanggapan
Tahapan Mendengar
  1. Tidak mendengar
  2. Mendengar selektif
  3. Penuh perhatian
  4. Mendengar empatik

Prinsip Komunikasi (Mehrabians Total Impact Theory)
Dalam komunikasi
Bahasa tubuh & non verbal                 55%
Vokal                                                  38%
Verbal (kata-kata)                                 7%

Dalam bertelepon
Vokal                                                  60%
Verbal                                                 40%

Komunikasi- Sikap Mental Positif
·      Kondisi yang selalu siap menerima atau melakukan komunikasi
·      Biasakan menggunakan kata-kata yang menunjukkan sopan santun/keramahan
·      Tunjukkan perhatian/minat terhadap lawan bicara
·      Suara ekspresif dalam berbicara
·      Tersenyum saat berkomunikasi
·      Gunakan bahasa yang positif
Komunikasi Non-Verbal
·           Jarak
·           Eye contact
·           Ekspresi wajah
·           Gerakan tubuh
·           Nada suara
·           Pengaturan sarana fisik
·           Penampilan
Komunikasi dapat pula :
·           Mempercepat pekerjaan
·           Mempermudah pekerjaan
·           Mengembangkan kerja sama
·           Mempererat hubungan kerja sama
·           Mempererat hubungan antar karyawan
·           Mengembangkan pengetahuan
Memilih saluran  komunikasi
Pilihlah saluran yang tepat,cepat dan terarah agar komunikasi menjadi lancar & tepat pada sasarannya. Cepat diketahui oleh seluruh karyawan. Dalam hal ini kita harus memilih dan menentukan saluran komunikasi yang akan dipergunakan.
Ø  Komunikasi langsung (tatap muka)
Ø  Surat
Ø  Telepon
Ø  Pager
Ø  Papan komunikasi
Ø  Dan saluran lainnya yang disebut dengan MEDIA (Alat perantara) seperti leflet, buletin, surat kabar, radio, video, televisi & film.

KOMUNIKASI YANG BAIK :
Ø  Tentukan saluran/media (alat perantara) yang menurut penilaian kita paling tepat & baik.
Ø  Bicara yang jelas, apabila komunikasi dilakukan secara lisan.
Ø  Tulislah dengan huruf yang bagus & mudah dibaca, apabila komunikasi dilakukan secara tertulis.
Ø  Berkomunikasilah secepatnya kepada teman, atasan, atau bawahan apabila ada hal-hal yang penting misalnya : abnormal dan lain-lain.
Ø  Kalau belum jelas atau tidak mengerti, tanyakan lagi.
Ø  Jangan menunda berita, laporan informasi atau isi pernyataan lainnya.
Ø  Pergunakanlah kata-kata yang baik atau susunan kalimat yang bagus.
Ø  Lihatlah siapa lawan bicara kita.

AKIBAT KURANG KOMUNIKASI
·                       Hubungan dengan teman menjadi tidak baik.
·                       Pelaksanaan rencana menjadi tertunda.
·                       Pekerjaan tertunda.
·                       Perbaikan terlambat.
Semua disebabkan karena kurang pengertian tentang makna komunikasi terhadap dirinya sendiri maupun terhadap orang lain.

JANGAN LAKUKAN SAAT KOMUNIKASI
1.    Jangan bicara saat mulut penuh dengan makanan.
2.    Jangan berbicara pada saat merokok.
3.    Jangan memalingkan/membuang muka pada saat berkomunikasi.
4.    Jangan menutup telinga atau berpura-pura tidak mendengar pada saat berkomunikasi.

KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PERUSAHAAN
Apa yang dimaksud dengan komunikasi yang efektif? Komunikasi yang efektif adalah sebuah proses dimana seseorang mengirim atau menerima pesan dengan mengetahui benar apa arti maksud pesan itu. ketika seorang karyawan tidak dapat menyelesaikan tugas-tugasnya, mungkin saja kegagalan itu disebabkan oleh komunikasi yang tidak efektif antara atasan.
Mengapa dibutuhkan komunikasi efektif dalam perusahaan?. Jawabannya cukup mudah, yakni karena semua hal yang dilakukan dalam perusahaan memang bertujuan untuk memberikan sesuatu bagi pelanggan, atasan, para pemegang saham,karyawan, komunitas dan lain-lain. jika tidak mengetahui output apa yang ingin dihasilkan oleh perusahaan, bagaimana bisa tercapai tujuan perusahaan secara efektif.
Komunikasi yang terjadi dalam perusahaan terjadi atas dua macam arah yaitu vertical dan horizontal. Komunikasi horizontal (mendatar) adalah komunikasi yang terjadi antar karyawan setingkat. Bila komunikasi mendatar lebih dominant dalam perusahaan maka pemimpin perusahaan akan mendapat saingan karena secara sengaja atau tidak informasi banyak yang tidak sampai kepadanya. Hal ini juga dapat menyebabkan keputusan yang diambil menjadi kurang tepat atau bijaksana.
Komunikasi yang paling banyak terjadi adalah komunikasi vertical dari atas ke bawah, dimana atasan selalu memerintah bawahannya untuk melakukan pekerjaan. Namun seharusnya, terjadi pula arah yang sebaliknya yaitu dari bawah ke atas, sehingga informasi dari bawahan dapat menjadi bahan pertimbangan atasan untuk membuat keputusan. Isi komunikasi vertikal atas ke bawah, biasanya mengandung pengarahan atau kritik terhadap kinerja bawahan. Apakah hal ini hanya perintah semata atau terjadi pertukaran informasi, itu tergantung dari informasi dan hubungannya dengan pekerjaan.


No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive