Thursday, March 30, 2017

Peran Guru dalam Pembelajaran


1)        Peran guru sebagai Pendidik
Guru adalah pendidik yang menjadi tokoh panutan dan diidentifikasi oleh siswa dan lingkungannya. Oleh karena itu guru harus memiliki standar kualitas pribadi tertentu, yang mencangkup tanggung jawab, wibawa, dan disiplin yang tinggi.
Guru juga harus bertanggung jawab terhadap segala tindakannya dalam mengajar di sekolah dan dalam kehidupan bermasyarakat. Berkenaan dengan wibawa, guru harus memiliki kelebihan dalam merealisasikan nilai spiritual, emosional, moral, sosial, dan intelektual dalam pribadinya, serta memiliki kelebihan dalam pemahaman mengajar. Guru juga harus mampu mengambil keputusan secara mandiri, terutama dalam berbagai hal yang berkaitan dengan mengajar dengan peserta didik dan lingkungan.
Guru harus mampu bertindak dan mengambil keputusan secara cepat, tepat waktu dan tepat sasaran terutama berkaitan dengan masalah pembelajaran/mengajar.
2)        Peran guru sebagai Pengajar
3
 
3
 
Guru telah melaksanakan pembelajaran, dan memang hal tersebut merupakan tugas dan tanggung jawabnya yang pertama dan uatam. Guru membantu peserta didik yang sedang berkembang untuk mempelajari sesuatu yang belum diketahuinya, membentuk kompetensi dan memahami materi standar yang dipelajari anak didik usia dini. Perkembangan teknologi mengubah peran guru dari pengajar bertugas menyampaikan materi pembelajaran menjadi fasilitator yang bertugas memberikan kemudahan belajar anak usia dini. Di samping itu anak usia dini/peserta didik dapat belajar dari berbagai sumber seperti radio, televisi, berbagai macam film pembelajaran yang khusus untuk anak usia dini.
Cepatnya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memunculkan pertanyaan terhadap tugas utama guru yang memunculkan pertanyaan terhadap tugas utama guru yang disebut ”mengajar”, kegiatan mengajar anak usia dini dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti motivasi, kematangan, hubungan peserta didik dengan guru, kemampuan verbal, tingkat kebebasan, rasa aman dan keterampilan guru dalam berkomunikasi. Jika faktor di atas dipenuhi maka mengajar kepada anak usia dini dapat berjalan dengan baik.
Untuk itu terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan guru dalam mengajar anak usia dini.
No
Kegiatan
Keterangan
1.
Membuat ilustrasi
Menghubungkan sesuatu yang sedang dipelajari anak usia dini dengan sesuatu yang telah diketahuinya
2.
Bertanya
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan anak usia dini
3.
Merespon
Mereaksi/menanggapi pertanyaan anak usia dini
4.
Mendengarkan
Memahami anak usia dini dan berusaha menyederhanakan setiap masalah
5.
Menyediakan Media
Memberikan pengalaman yang bervariasi melalui media pembelajaran
6.
Memberikan Nada Perasaan
Membuat mengajar lebih bermakna melalui antuasias dan semangat

3)        Guru sebagai model dan teladan
Guru merupakan model atau teladan bagi anak usia dini dan semua orang yang mengganggap dia sebagai pengajar. Menjadi teladan merupakan sifat dasar kegiatan mengajar dan ketika seorang guru tidak mau menerima ataupun menggunakannya secara konstruktif maka telah mengurangi keefektifan mengajar. Bicara dan gaya bicara : penggunaan bahasa sebagai alat berfikir. Pakaian : merupakan perlengkapan pribadi yang sangat penting dalam mengajar. Proses berpikir : cara yang digunakan oleh dalam menghadapi dan memecahkan masalah dalam mengajar.

Keputusan, keterampilan, rasional dan intuitif yang digunakan untuk menilai situasi anak usia dini dalam mengajar. Kesehatan : kualitas tubuh, pikiran dan semangat yang merefleksikan kekuatan, perspektif, sikap tenang, antusiasme dan semangat hidup. 

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive