1)
Peran
guru sebagai Pendidik
Guru adalah pendidik yang menjadi tokoh panutan
dan diidentifikasi oleh siswa dan lingkungannya. Oleh karena itu guru harus
memiliki standar kualitas pribadi tertentu, yang mencangkup tanggung jawab,
wibawa, dan disiplin yang tinggi.
Guru juga harus bertanggung jawab terhadap segala
tindakannya dalam mengajar di sekolah dan dalam kehidupan bermasyarakat. Berkenaan
dengan wibawa, guru harus memiliki kelebihan dalam merealisasikan nilai
spiritual, emosional, moral, sosial, dan intelektual dalam pribadinya, serta
memiliki kelebihan dalam pemahaman mengajar. Guru juga harus mampu mengambil
keputusan secara mandiri, terutama dalam berbagai hal yang berkaitan dengan
mengajar dengan peserta didik dan lingkungan.
Guru harus mampu bertindak dan mengambil keputusan
secara cepat, tepat waktu dan tepat sasaran terutama berkaitan dengan masalah
pembelajaran/mengajar.
2)
Peran
guru sebagai Pengajar
|
|
Guru telah
melaksanakan pembelajaran, dan memang hal tersebut merupakan tugas dan tanggung
jawabnya yang pertama dan uatam. Guru membantu peserta didik yang sedang
berkembang untuk mempelajari sesuatu yang belum diketahuinya, membentuk
kompetensi dan memahami materi standar yang dipelajari anak didik usia dini.
Perkembangan teknologi mengubah peran guru dari pengajar bertugas menyampaikan
materi pembelajaran menjadi fasilitator yang bertugas memberikan kemudahan
belajar anak usia dini. Di samping itu anak usia dini/peserta didik dapat
belajar dari berbagai sumber seperti radio, televisi, berbagai macam film
pembelajaran yang khusus untuk anak usia dini.
Cepatnya pengembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi telah memunculkan pertanyaan terhadap tugas utama guru yang
memunculkan pertanyaan terhadap tugas utama guru yang disebut ”mengajar”,
kegiatan mengajar anak usia dini dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti
motivasi, kematangan, hubungan peserta didik dengan guru, kemampuan verbal, tingkat
kebebasan, rasa aman dan keterampilan guru dalam berkomunikasi. Jika faktor di
atas dipenuhi maka mengajar kepada anak usia dini dapat berjalan dengan baik.
Untuk itu terdapat beberapa hal yang perlu
dilakukan guru dalam mengajar anak usia dini.
No
|
Kegiatan
|
Keterangan
|
1.
|
Membuat ilustrasi
|
Menghubungkan sesuatu yang sedang
dipelajari anak usia dini dengan sesuatu yang telah diketahuinya
|
2.
|
Bertanya
|
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan anak
usia dini
|
3.
|
Merespon
|
Mereaksi/menanggapi pertanyaan anak usia
dini
|
4.
|
Mendengarkan
|
Memahami anak usia dini dan berusaha
menyederhanakan setiap masalah
|
5.
|
Menyediakan Media
|
Memberikan pengalaman yang bervariasi
melalui media pembelajaran
|
6.
|
Memberikan Nada Perasaan
|
Membuat mengajar lebih bermakna melalui
antuasias dan semangat
|
3)
Guru
sebagai model dan teladan
Guru merupakan model atau teladan bagi anak usia
dini dan semua orang yang mengganggap dia sebagai pengajar. Menjadi teladan
merupakan sifat dasar kegiatan mengajar dan ketika seorang guru tidak mau
menerima ataupun menggunakannya secara konstruktif maka telah mengurangi
keefektifan mengajar. Bicara dan gaya bicara : penggunaan bahasa sebagai alat
berfikir. Pakaian : merupakan perlengkapan pribadi yang sangat penting dalam
mengajar. Proses berpikir : cara yang digunakan oleh dalam menghadapi dan
memecahkan masalah dalam mengajar.
Keputusan, keterampilan, rasional dan intuitif
yang digunakan untuk menilai situasi anak usia dini dalam mengajar. Kesehatan :
kualitas tubuh, pikiran dan semangat yang merefleksikan kekuatan, perspektif,
sikap tenang, antusiasme dan semangat hidup.
No comments:
Post a Comment