Saturday, March 18, 2017

PENINGKATAN KEKUATAN, KECEPATAN DAN KELINCAHAN


Kesegaran jasmani (physical fitness) adalah suatu aspek dari kesegaran secara menyeluruh (total fitness) yang terdiri atas tiga konsep penting yang saling berkaitan bagi setiap manusia: bentuk dan macam pekerjaan yang harus dilakukan, kesanggupan dari jasmaninya untuk melakukan hal tersebut dan hubungan timbal balik antara kesegaran jasmani dengan keseluruhan pribadinya. Manusia memiliki cukup cadangan energy untuk melaksanakan tugas sehari-hari dan masih sedikit tersisa untuk menghadapi terjadinya hal yang tidak diinginkan.
      Hal penting yang perlu diketahui bahwa dalam usaha membina dan meningkatkan kesegaran jasmani salah satunya adalah dengan latihan kekuatan, daya tahan, dan beberapa unsur yang menyangkut dengan gerakan manusia, yakni: daya tahan otot, jantung, peredaran darah, dan pernapasan. Jika diterapkan pada Taman Kanak-kanak maka perlu diciptakan latihan-latihan yang sesuai dengan tingkat usianya, kemampuan anak dan situasi serta kondisi masing-masing lembaga. Salah satunya adalah kegiatan senam, misalnya dengan calisthenics adalah salah satu kegiatan senam tanpa alat, merupakan kegiatan pengembangan fisik yang dilakukan tanpa alat untuk memperindah tubuh dan meningkatkan kekuatan, daya tahan otot, dan daya tahan jantung dan pernapasan, dan yang lebih penting kegiatan pengembangan jasmani tersebut dilaksanakan dalam nuansa bermain dan terpadu dangan aspak pengembangan lain.
   Program pembentukan kesegaran jasmani tersebut meliput:
1.    Latihan Kekuatan. Dapat dilakukan dengan beberapa cara sesuai dengan tingkat kemampuan anak  serta situasi dan kondisi masing-masing TK, antara lain:
a.    Latihan kekuatan dengan cara mendorong tembok atau dapat dilakukan dengan mendorong pohon
b.    Latihan memanjat tali atau tiang
c.    Latihan menggantung dan mengangkat bahu yang dilakukan dengan cara berpasangan yang dalam pelaksanaannya disesuaikan dengan tingkat dan kemampuan peserta didik usia TK, disertai dengan pengawasan dan prinsip pembelajaran di TK.
     Beberapa latihan kekuatan yang dapat dilakukan antara lain:
a.  Mengangkat teman, dengan cara :
·      seorang anak berbaring telentang lurus, kedua kakinya rapat, badan/pinggulnya berada diantara kedua kaki anak yang berdiri, kedua tangan saling berpegangan pada pergelangan tangannya masing-masing.
· anak yang berdiri menarik ke atas kedua tangan anak yang berbaring higga badannya terangkat.
·       Anak yang berbaring bergantung dengan badan dan kedua kaki tetap lurus, dilakukan beberapakali sesuai kemampuan anak.
b.  Berbaring duduk (sit up)
· Berbaring telentang dengan kedua lutut ditekuk, kedua kaki sedikit terbuka kira-kira 30 cm. kedua tangan melipat ke dada
· Gerakan bangun dengan bantuan kedua lengan lurus ke depan, kemudian berbaring kembali. Demikian seterusnya dimana gerakan dapat dilakukan berulang-ulang sesuai kemampuan.
2. Latihan Kecepatan
   Latihan kecapatan pada  anak-anak usia TK, dapat dilakukan dengan latihan reaksii gerak atau dengan latihan jalan-lari sampai jarak yang ditentukan, sekitar 5-10 m dan dikemas dalam bentuk kegiatan bermain.
        Latihan untuk reaksi gerak anak-anak, dapat dilakukan dalam bentuk permainan atau perlombaan, menggunakan isyarat suara, tepukan tangan atau sentuhan.  Contohnya adalah latihan jalan-lari, langkah-langkahnya:
·      Anak-anak disuruh jalan biasa, bila mendengar peluit anak lari secepat-cepatnya sampai batas yang ditetapkan. Mula-mula dilakukan oleh barisan yang paling depan, setelah kembali dan berbaris lagi, dibarisan paling belakang, baru barisan yang ke 2, setelah kembali terus barisan yang ke-3,ke-4, ke 5 dst.
·      Mula-mula barisan ke-1 lari-lari di tempat, bila mendengar peluit atau tepukan lari secepat-cepatnya sampai jarak yang ditentukan. Lakukan hal yang sama pada barisan ke-2, barisan ke-3 dan seterusnya.
3. Latihan kelincahan
Untuk latihan kelincahan bagi anak-anak TK. Dapat dilakukan dengan cara:
a.    Jalan pelan-pelan, kemudian dipercepat dan semakin cepat
b.    Lari bolak-balik
c.    Lari sambil berbelok-belok
d.    Lari sambil melompati teman dalam posisi merangkak
e.    Lari menerobos di bawah anak yang berdiri mengangkang

Kelincahan juga dapat dilatih dalam bentuk permainan, dengan cara melempar badan dan kaki, dari sikap jongkok/lompat-lompat di tempat.

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive