Thursday, March 30, 2017

Permainan Anjang-anjangan


A.    Bentuk / Judul Permainan

Nama Permainan ini adalah Anjang-anjangan.

B.     Pengertian

Istilah permainan ini diambil dari kata anjang (bahasa Sunda) atau disebut juga sesemahan (tamu-tamuan) atau imah-imahan (bahasa Banten = rumah-rumahan) yang berarti berkunjung ke rumah orang lain. Anjang-anjangan hampir sama dengan main peran, artinya anak-anak melakukan suatu permainan dengan meniru kebiasaan orang tua/anggota keluarga dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

C.    Sasaran

Permainan ini biasa dilakukan oleh anak usia 2-6 tahun, laki-laki dan perempuan.

D. Sarana prasarana yang perlu disiapkan
            Peralatan yang digunakan dalam permainan ini adalah yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam ukuran kecil/miniatur maupun ukuran sebenarnya seperti :
-          Peralatan jualan/dadagangan: timbangan, meja, barang dagangan, dll
-          Perabotan dapur: boboko / tempat nasi, penggorengan, piring, gelas, teko, kompor, dll
-          Boneka, binatang-binatangan
-          Rumah-rumahan

E. Tempat dan waktu bermain
-          Tempat bermain anjang-anjangan bisa dilakukan di dalam ruangan atau di luar ruangan.
-          Waktu bermain antara 20-25 menit
F. Pelaksanaan Kegiatan Bermain :
1) Sebelum Main :
 Menentukan tema anjang-anjangan
-          Menata peralatan sesuai dengan tema
-          Mempersiapkan permainan
2) Saat sedang main :
-          Pembagian peranan yang akan dilakukan dan menentukan alat yang akan digunakan.
-          Menentukan posisi dan menata peralatan yang akan digunakan.
-          Selanjutnya permainan berlangsung secara spontan, meniru seolah-olah seperti orang tua yang sedang melakukan pekerjaan sehari-hari.

G. Manfaat Permainan
1. Moral dan nilai-nilai agama :
  • Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
  • Menghargai pekerjaan orang lain
  • Belajar bertanggung jawab
2. Sosial-Emosional
  • Bermain bersama
  • Memilih kegiatan sendiri
  • Disiplin, memhami aturan permainan
3. Bahasa
  • Berkomunikasi aktif dan pasif dengan lancar
  • Mengetahui nama benda yang dimainkan
  • Memecahkan masalah
4. Kognitif
  • Mengetahui bentuk, ukuran dan warna benda yang dimainkan
5. Fisik
  • Menuang biji-bijian dan air tanpa tumpah
6. Seni

  • Membedakan berbagai bunyi benda jatuh / dipukul

No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive