Friday, March 17, 2017

PENGENALAN ISO 9001 : 2008



            Apa itu ISO ? ISO berasal dari bahasa Yunani yang berarti SAMA.
Firman Allah “Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.” (QS. Ash Shaff: 2-3).
            Kapan suatu produk dikatakan bermutu? Bila sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Apa saja kebutuhan pelanggan?
·         Kualitas
·         Biaya
·         Pengiriman
·         Moral
·         Sosial
·         Lingkungan
·         Kesehatan dan keselamatan
Apa itu sistem managemen mutu?
Sistem untuk mengkoordinasikan suatu kegiatan dalam mengendalikan mutu.
Prinsip management :
-          Plan (Perencanaan)
-          Do (Pengerjaan)
-          Control (Pengawasan)
-          Action (tindakan)
Apa ISO 9000 ?
            Seri Standar International untuk sistem managemen mutu. ISO 9000 series merupakan suatu kumpulan hasil akhir yang berupa standar persyaratan tertulis (terdiri dari 8 klausul) dalam melaksanakan pekerjaan yang ada untuk pencapaian mutu dan tujuan perusahaan/organisasi.
            Manfaat ISO 9000
·           Memastikan konsistensi operasi untuk memelihara mutu produk dan jasa
·           Menentukan secara jelas tanggung jawab dan wewenang dari personil
·           Mendokumentasikan operasional dan proses
·           Dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan
·           Sebagai pondasi yang mantap untuk pengembangan mutu.
Lingkup ISO 9000 series
·           ISO 9001 : Model Jaminan Mutu dalam Desain, Produksi, Instalasi dan Pelayanan
·           ISO 9002 : Model jaminan mutu dalam Produksi, Instalasi dan Pelayanan
·           ISO 9003 : Model Jaminan Mutu dalam inspeksi dan pengujian akhir
·           ISO 9004 : Pedoman sistem Management Mutu
Standar ISO 9001, 9002, 9003 sejak versi tahun 2000 digabung menjadi satu yaitu yaitu ISO 9001:2000.Versi terakhir adalah ISO 9001:2008 yang dirilis pada 15 November 2008, Indorama mulai implementasi pada tahun 2009.
Dokumen wajib ISO 9001:2008
  1. Control of Document (4.2.3)
  2. Control of Record (4.2.4)
  3. Internal Audit (8.2.2)
  4. Control of Nonconforming Product (8.2.3)
  5. Corrective Action (8.5.2)
  6. Preventive Action (8.5.3)
Perubahan penting ISO 9001:2008 adalah
1.    Perubahan kontrol pada “Outsourced processes” yang berpengaruh pada mutu yang diperlukan
2.    MR harus anggota dari organisasi
3.    Kompetensi seluruh personal yang berpengaruh pada mutu produk harus dikontrol oleh organisasi/perusahaan.
4.    Managemen audit harus memastikan bahwa corrective dan preventive action sesuai temuan internal Audit dilakukan. Record disertakan pada closing.
5.    Sistem Informasi (IT) harus dimasukan dalam Quality Management System (QMR)

6.    Review dari Corrective & Preventive Action harus sampai pada tingkat efektivitasnya.  

No comments:

Post a Comment

Simbol Bilangan atau Angka

  a. Pengertian Angka Memahami suatu angka dapat membantu manusia untuk melakukan banyak perhitungan mulai dari yang sederhana maupaun y...

Blog Archive