Irama atau ritme berasal dari bahasa
belanda yang mengandung arti gerak music yang berjalan secara teratur sehingga
music tersebut enak di dengar dan dirasakan. Setiap lagu mempunyai irama,
cepat, lambat dan sedang.
A. CARA MEMPRODUKSI SUARA BERIRAMA
Suara
berirama yang digunakan untuk merangsang keinginan anak agar mau bergerak,
harus berkualitas baik dan sesuai dengan gerakan anak yang kita inginkan.
Sebagian besar keberhasilan program gerakan berirama tergantung pada
efektivitas suara dalam menarik minat dan membuat anak senang. Sumber-sumber
suara yang dapat digunakan sebagai latar bunyi gerakan berirama adalah sebagai
berikut:
1. Drum untuk tarian. Drum yang sudah
ada akan menghasilkan suara berbeda jika menggunakan alat pukul yang berbeda.
Drum sangat efektif dalam menghasilkan suara yang berbeda juga. Drum sangat
efektif untuk membuat anak mau bergerak. Katakan saja: “ anak-anak…drum ini
akan mengatakan sesuatu kepada kalian dan kalian harus mengikutinya”.
Selanjutnya kita dapat memukul drum dengan irama tertentu dimulai dari irama
yang paling sederhana, sementara anak-anak kita minta mengikuti irama, misalnya
dengan hentakan kaki, tepuktangan, anggukan kepala, dsb.
2. Tape recorder atau cd player.
Kita
dapat menggunakan tape recorder bisa atau cd playe untuk memutar kaset atau cd
yang berisi music maupun perintah ataupun aba-aba, dan guru harus memberi
contoh terlebih dahulu gerakan-gerakan yang harus dilakukan oleh anak.
3. Gitar, alat music dengan cara
dipetik. Alat ini sudah terbiasa didengar dan dilihat oleh peserta didik
4. Band. Alat music yang mempunyai suara yang lengkap yang
kepemilikan alat ini masih sulit, karena
disamping harganya mahal alat music ini lebih sesuai untuk dimainkan oleh anak usia
remaja dan dewasa
5. Lagu, puisi dan bentuk vocal lain
Anak-anak
dapat mengekspresikan dirinya pada sebua puisi yang dibacakan dengan berirama di luar kepala.
Demikian juga dengan lagu yang dilantunkan sendiri oleh anak-anak yang berisi
syair tentang suatu perbuatan, misalnya mencangkul, menanam padi, dsb.
B. CONTOH KEGIATAN GERAK BERIRAMA
1. Lagu “cicak-cicak di dinding”
(mengikuti irama)
a. Syair: cicak-cicak didinding
Diam-diam
merayap
Datang
seekor nyamuk
Hap…..hap
lalu ditangkap
a. Gerakan anak
Lagu ini dinyanyikan
berkali-kali. Gerakan yang harus dilakukan anak bertahap tingkat kesulitannya
dari yang mudah hingga yang sukar. Urutan-urutan gerakannya sbb:
1. Lagu pertama: tangan dipinggang,
kepala menggeleng sesuai dengan ketukan (berirama)
2. Lagu kedua: tangan dipinggang,kepala
menggeleng, kaki menghentak sesuai irama
3. Lagu ketiga, bertepuk tangan sesuai
irama, kepala menggeleng sesuai birama
4. Lagu keempat, bertepuk tangan sesuai
birama, kepala menggeleng sesuai birama, kaki menghentak sesuai irama
2. Lagu menanam jagung (irama
teridentifikasi)
a. Syair
:
Ayo kawan kita bersama
Menanam jagung dikebun kita
Ambil cangkulmu ambil pangkurmu
Kita bekerja tak jemu-jemu
Cangkul-cangkul cangkul yang dalam
Menanam jagung dikebun kita
Beri pupuk supaya subur
Tanamkan benih dengan teratur
Jagung yang besar lebat buahnya
Tentu berguna bagi semua
Cangkul-cangkul cangkul yang dalam
Menanam jagung dikebun
kita
b.Gerakan anak, mengikuti syair dan
irama lagu, misalnya ketika kata-kata menenam jagung ….maka anak-anak
membungkukkan badannya seperti orang yang sedang menanam jagung
3.
Lagu
“desaku” (irama bebas dan kreatif)
a.
Syair
Desaku
yang kucinta
Pujaan
hatiku
Tempat
ayah dan bunda
Dan
handai taulanku
Tak mudah kulupakan
Tak
mudah bercerai
Selalu
kurindukan
Desaku
yang permai
b.
Gerakan
anak: bebas mengikuti lagu, sesuai imajinasi dan kreativitas anak
4. Lagu “aku seoang kapiten”
(irama/gerak dasar)
a. Syair
Aku seorang kapiten
Mempunyai pedang panjang
Kalau berjalan
prok-prok-prok
Aku seorang kapiten
b. Gerakan : anak melakukan gerak dasar
seperti hentakan kaki dalam keadaan berbaris
5. Lagu “ Di hutan ada Rumah” (irama
dramatisasi)
a. Syair
Di hutan ada rumah, o ya…
Didiami pelanduk ,
masa….
Datang seekor kelinci
Mengetuk pintu, tok tok
Pelanduk-pelanduk
tolonglah
Aku mau ditembak, dor
Kelinci-kelinci masuklah,
silahkan…
Silahkan masuk, horee
b. Gerakan: anak bergerak dan
berekspresi sesuai ikspresi lagu.
Dilakukan paling sedikit dua anak.
6. Lagu “ Gundul-gundul pacul” (tarian
rakyat)
a. Syair
Gudul-gundul pacul cul
Gemblelengan
Nyunggi-nyunggi wakul kul
Gemblelengan
Wakul glempang
Segane dadi sak ratan ]2x
b. Gerakan (disesuaikan)
No comments:
Post a Comment