Saturday, March 18, 2017

CARA MEMPRODUKSI SUARA BERIRAMA DAN CONTOH GERAKAN


Irama atau ritme berasal dari bahasa belanda yang mengandung arti gerak music yang berjalan secara teratur sehingga music tersebut enak di dengar dan dirasakan. Setiap lagu mempunyai irama, cepat, lambat dan sedang.
A.   CARA MEMPRODUKSI SUARA BERIRAMA
Suara berirama yang digunakan untuk merangsang keinginan anak agar mau bergerak, harus berkualitas baik dan sesuai dengan gerakan anak yang kita inginkan. Sebagian besar keberhasilan program gerakan berirama tergantung pada efektivitas suara dalam menarik minat dan membuat anak senang. Sumber-sumber suara yang dapat digunakan sebagai latar bunyi gerakan berirama adalah sebagai berikut:
1.   Drum untuk tarian. Drum yang sudah ada akan menghasilkan suara berbeda jika menggunakan alat pukul yang berbeda. Drum sangat efektif dalam menghasilkan suara yang berbeda juga. Drum sangat efektif untuk membuat anak mau bergerak. Katakan saja: “ anak-anak…drum ini akan mengatakan sesuatu kepada kalian dan kalian harus mengikutinya”. Selanjutnya kita dapat memukul drum dengan irama tertentu dimulai dari irama yang paling sederhana, sementara anak-anak kita minta mengikuti irama, misalnya dengan hentakan kaki, tepuktangan, anggukan kepala, dsb.
2.   Tape recorder atau cd player.
Kita dapat menggunakan tape recorder bisa atau cd playe untuk memutar kaset atau cd yang berisi music maupun perintah ataupun aba-aba, dan guru harus memberi contoh terlebih dahulu gerakan-gerakan yang harus dilakukan oleh anak.
3.   Gitar, alat music dengan cara dipetik. Alat ini sudah terbiasa didengar dan dilihat oleh peserta didik
4.   Band. Alat music  yang mempunyai suara yang lengkap yang kepemilikan alat ini  masih sulit, karena disamping harganya mahal alat music ini lebih sesuai untuk dimainkan oleh anak usia remaja dan dewasa
5.      Lagu, puisi dan bentuk vocal lain
Anak-anak dapat mengekspresikan dirinya pada sebua puisi yang  dibacakan dengan berirama di luar kepala. Demikian juga dengan lagu yang dilantunkan sendiri oleh anak-anak yang berisi syair tentang suatu perbuatan, misalnya mencangkul, menanam padi, dsb.
B.      CONTOH KEGIATAN GERAK BERIRAMA
1.      Lagu “cicak-cicak di dinding” (mengikuti irama)
a.   Syair:   cicak-cicak didinding
Diam-diam merayap
Datang seekor nyamuk
Hap…..hap lalu ditangkap

a.    Gerakan anak
Lagu ini dinyanyikan berkali-kali. Gerakan yang harus dilakukan anak bertahap tingkat kesulitannya dari yang mudah hingga yang sukar. Urutan-urutan  gerakannya sbb:
1.   Lagu pertama: tangan dipinggang, kepala menggeleng sesuai dengan ketukan (berirama)
2.   Lagu kedua: tangan dipinggang,kepala menggeleng, kaki menghentak sesuai irama
3.   Lagu ketiga, bertepuk tangan sesuai irama, kepala menggeleng sesuai birama
4.   Lagu keempat, bertepuk tangan sesuai birama, kepala menggeleng sesuai birama, kaki menghentak sesuai irama

2.   Lagu menanam jagung (irama teridentifikasi)
a.      Syair  :
Ayo kawan kita bersama
Menanam jagung dikebun kita
Ambil cangkulmu ambil pangkurmu
Kita bekerja tak jemu-jemu

Cangkul-cangkul cangkul yang dalam
Menanam jagung dikebun kita

Beri pupuk supaya subur
Tanamkan benih dengan teratur
Jagung yang besar lebat buahnya
Tentu berguna bagi semua

Cangkul-cangkul cangkul yang dalam
Menanam jagung dikebun kita

b.Gerakan anak, mengikuti syair dan irama lagu, misalnya ketika kata-kata menenam jagung ….maka anak-anak membungkukkan badannya seperti orang yang sedang menanam jagung

3.                              Lagu “desaku” (irama bebas dan kreatif)
a.                              Syair

Desaku yang kucinta
Pujaan hatiku
Tempat ayah dan bunda
Dan handai taulanku

Tak  mudah kulupakan
Tak mudah bercerai
Selalu kurindukan
Desaku yang permai

b.                              Gerakan anak: bebas mengikuti lagu, sesuai imajinasi dan kreativitas anak

4.      Lagu “aku seoang kapiten” (irama/gerak dasar)
a.      Syair
Aku seorang kapiten
Mempunyai pedang panjang
Kalau berjalan prok-prok-prok
Aku seorang kapiten

b.      Gerakan : anak melakukan gerak dasar seperti hentakan kaki dalam keadaan berbaris


5.      Lagu “ Di hutan ada Rumah” (irama dramatisasi)
a.      Syair
Di hutan ada rumah,   o  ya…
Didiami pelanduk   ,  masa….
Datang seekor kelinci
Mengetuk pintu,  tok tok
Pelanduk-pelanduk tolonglah
Aku mau ditembak, dor
Kelinci-kelinci masuklah, silahkan…
Silahkan masuk, horee

b.      Gerakan: anak bergerak dan berekspresi  sesuai ikspresi lagu. Dilakukan paling sedikit dua anak.

6.      Lagu “ Gundul-gundul pacul” (tarian rakyat)
a.      Syair
Gudul-gundul pacul cul
Gemblelengan
Nyunggi-nyunggi wakul kul
Gemblelengan
Wakul glempang
Segane dadi sak ratan ]2x


b.      Gerakan (disesuaikan)

No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive