A. Pengertian Kecerdasan Majemuk
Adapun pengertian sembilan kecerdasan majemuk
adalah :
1)
Kecerdasan
Visual Spasial adalah :
Kemampuan untuk memvisualisasikan gambar di dalam pikiran seseorang atau
anak dimana dia berpikir agar dapat memecahkan suatu masalah dengan menemukan
jawabannya.
2)
Kecerdasan
Interpersonal adalah :
Berpikir lewat berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain atau dengan
cara bersosialisasi.
3)
Kecerdasan
Kinestetik adalah :
Suatu kecerdasan dimana seseorang mampu atau terampil menggunakan anggota
tubuhnya untuk melakukan gerakan.
4)
Kecerdasan
Linguistik adalah :
Kecerdasan dalam mengolah kata baik secara lisan maupun tulisan.
5)
Kecerdasan
Intrapersonal adalah :
Kecerdasan dalam kemampuan seseorang untuk berpikir secara reflektif,
mengacu kepada kesadaran mengenai perasaan dan proses pemikiran diri sendiri.
6) Kecerdasan Musikal adalah :
Kecerdasan dalam kemampuan menangani bentuk-bentuk
musik, dengan cara menikmati musik, membedakan musik, mengubah dan
mengekspresikan musik.
7) Kecerdasan Naturalistik adalah :
Kecerdasan untuk mencintai keindahan alam melalui
pengenalan terhadap flora dan fauna yang terdapat di lingkungan sekitar, serta
mengamati dan peduli pada fenomena alam sekitar.
|
8) Kecerdasan Logika Matematika adalah :
Kecerdasan dalam hal angka dan logika (akal sehat)
yang melibatkan keterampilan mengolah angka atau kemahiran menggunakan logika.
9) Kecerdasan Spiritual adalah :
Kecerdasan dalam memandang makna dan hakekat
kehidupan sesuai dengan kodrat manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa yang
wajib menjalankan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya.
B. Kemampuan Anak Usia Dini Berdasarkan Sembilan
Kecerdasan
Majemuk
No
|
Nama
|
Sembilan
Kecerdasan Majemuk
|
||||||||||
Visual
Spasial
|
Inter
personal
|
Kinestetik
|
Linguistik
|
Intra-
Personal
|
Musikal
|
Naturalistik
|
Logika
Mate-
matika
|
Spiritual
|
||||
1
|
Meyfa
|
- Anak dapat bermain
puzzle
- Anak dapat
mengurut-kan gambar seri
- Anak dapat bercerita
melalui gambar
yang dibuatnya
|
- Anak mau bermain
dengan temannya
- Anak dapat mengikuti
aturan bermain
- Anak dapat
menyele-saikan
Mazze
|
- Anak dapat meniru-kan
gera-kan bina-tang
- Anak dapat melaku-kan
gera-kan sesuai irama musik
|
- Anak dapat menyebut-kan
iden-titas diri, keluarga, temannya
- Anak dapat ber-cerita
pe-ngalaman
- Anak dapat
menyebut-kan ketera-ngan tempat
|
- Anak dapat
mencerita-kan suasana di dalam kelas
- Anak senang
memeran-kan tokoh yang diberikan
- Anak dapat
men-ceritakan angan-
angannya
|
- Anak dapat menyanyi di
depan kelas
- Anak dapat
berte-puk dengan tiga pola
- Anak mengenal lagu
dengan melalui kaset
|
- Anak dapat bercerita
saat di bawa darma-wisata
- Anak dapat mengenal
bina-tang pelihara-an
- Anak dapat mengenal
proses pertum-buhan tanaman
|
- Anak dapat
mema-sangkan benda sesuai dengan pasang-annya
- Anak dapat
menye-butkan angka secara acak mulai dari 1 s/d 20
|
- Anak dapat
mengu-capkan salam
- Anak dapat berdoa
sebelum dan se-sudah kegiatan
- Anak dapat
menye-butkan ciptaan Tuhan
|
||
2
|
Dani
|
- Anak dapat bercerita
melalui gambar yang dibuatnya
- Anak dapat menghu-
bungkan kata dengan gambar
- Anak dapat membaca
gambar yang memiliki
kalimat sederhana
|
- Anak mudah bergaul
- Anak dapat dibujuk,
tidak cengeng
- Anak dapat bermain
dengan temannya
- Anak dapat bersabar
diri saat diberi tugas
|
- Anak dapat meng-
gerakkan kepala, tangan,
kaki sesuai dengan irama musik
- Anak dapat meniru-kan
gerakan hewan dan tanaman
-
Anak dapat mengikuti permai-nan yang diberikan
|
- Anak
dapat mence-ritakan
pengala-
man sendiri
- Anak dapat menye-
butkan identitas diri,
keluarga, temannya
- Anak dapat menjawab
Pertanyaan sederhana
|
- Anak
dapat mence-ritakan
suasana kelas
- Anak dapat
memeran-
kan tokoh
yang diberikan
- Anak dapat
mence-ritakan
cita-citanya pada guru
|
- Anak dapat mema-inkan
alat musik seder-
hana
- Anak dapat
menya-nyikan lagu
yang sudah diberi-kan
- Anak dapat mengenal
alat musik sederhana
|
- Anak dapat bercerita
saat diajak darma wisata ke suatu tempat
- Anak dapat
menye-butkan bagian
dari tana-man
- Anak dapat mengenal
bina-tang peliha-raan
|
- Anak dapat
menye-butkan angka secara acak mulai dari 1 s/
d 20
- Anak dapat
menye-butkan bentuk-bentuk geometri
¡ro
- Anak dapat mengenal
bentuk benda, panjang, pendek
|
- Anak dapat berdo’a
sebelum dan sesudah kegiatan
- Anak dapat
menye-butkan ciptaan Tuhan
- Anak dapat
mengu-capkan salam
|
||
3
|
Lamora
|
- Anak dapat
mencerita-kan gambar yang dibuatnya
- Anak dapat bermain
puzzle
- Anak dapat
mengurut-kan gambar seri
|
- Anak dapat bermain
dengan temannya
- Anak dapat bersabar
diri saat diberi tugas
- Anak dapat
me-minjamkan barang miliknya pada temannya
|
- Anak dapat meniru-
kan gerakan hewan dan
tanaman
- Anak dapat
mengge-rakkan kepala, tangan, kaki sesuai irama musik
- Anak dapat menen-dang
secara bebas
|
- Anak dapat menyebut-
kan iden-titas diri,
keluarga, temannya
- Anak dapat bercerita
pengala-man
- Anak dapat menjawab
pertanyaan sederhana
|
- Anak dapat menyena-ngi
tokoh yang diido-lakannya
- Anak
dapat mencerita-kan
suasana kelas
- Anak mau mencerita-kan
cita- citanya
|
- Anak dapat bernyanyi
di depan kelas
- Anak mengenal alat
musik
- Anak dapat berma-in
alat musik seder-hana
|
- Anak dapat
menye-butkan bagian bagian
dari tana-man
- Anak dapat
menye-butkan hewan peliha-raan
- Anak dapat bercerita
saat dibawa darma wisata
|
- Anak dapat
menye-butkan angka secara acak mulai dari 1
s/d 20
- Anak dapat menye-butkan
macam-macam warna
- Anak dapat
menye-butkan bentuk-bentuk geometri
¡ro
|
- Anak dapat
mengu-capkan salam
- Anak dapat berdo’a
sebelum dan sesudah kegiatan
- Anak dapat
menye-butkan ciptaan Tuhan
|
||
4
|
Fiya
|
- Anak dapat bercerita
melalui gambar yang dibuatnya
- Anak dapat menghu-
bungkan kata dengan
gambar
- Anak dapat membaca
gambar yang memiliki
kalimat sederhana
|
- Anak dapat dibujuk,
tidak cengeng
- Anak mudah bergaul
- Anak mau membantu
temannya
- Anak dapat
me-minjamkan barang miliknya pada temannya
|
- Anak dapat menen-dang
secara bebas
- Anak dapat meniru-
kan gerakan hewan
- Anak dapat
mengge-rakkan kepala, tangan, kaki sesuai irama musik
|
- Anak dapat menyebut-
kan iden-titas diri
keluarga, temannya
- Anak dapat bercerita
pengala-man
- Anak dapat menjawab
pertanyaan sederhana
|
- Anak dapat
mencerita-kan cita- citanya
- Anak dapat
mencerita-kan pera-saan di da-lam kelas
- Anak dapat menyena-ngi
tokoh yang diido-lakannya
|
- Anak dapat bernyanyi
di depan kelas
- Anak mau berte-puk
tangan menu-rut irama musik
- Anak mengenal alat
musik
seder-hana
|
- Anak dapat
menye-butkan bagian bagian
dari tana-man
- Anak dapat bercerita
saat dibawa darma wisata
- Anak dapat
menye-butkan binatang yang ber-tanduk
|
- Anak dapat
menye-butkan bentuk-bentuk geometri
¡ro
- Anak dapat
menye-butkan angka secara acak mulai dari 1 s/d 20
|
- Anak dapat
mem-beri salam
- Anak dapat berdo’a
sebelum dan sesudah kegiatan
|
||
5
|
Rasih
|
- Anak dapat
mengurut-kan gambar seri seder-hana
- Anak dapat
mencerita-kan gambar yang dia buat sendiri
- Anak dapat
menyele-saikan puzzle
|
- Anak dapat dibujuk,
tidak cengeng
- Anak mudah bergaul
- Anak mau meminjamkan barang
miliknya pada temannya
|
- Anak dapat meniru-kan
gerakan hewan
- Anak dapat
mengge-rakkan kepala, tangan, kaki sesuai irama musik
|
- Anak dapat menyebut-
kan iden-titas diri
keluarga, temannya
- Anak dapat bercerita
pengalaman
- Anak dapat menjawab
pertanyaan sederhana
|
- Anak dapat
mencerita-kan cita- citanya
- Anak dapat suasana di
dalam kelas
- Anak dapat menyena-ngi
tokoh yang diido-lakannya
|
- Anak dapat bernyanyi
di depan kelas
- Anak dapat berte-puk
tangan menu-rut irama musik
- Anak mengenal alat
musik
seder-hana
|
- Anak dapat
menye-butkan bagian
dari tana-man
- Anak dapat bercerita
saat dibawa darma wisata
- Anak dapat
menye-butkan binatang yang ber-tanduk
|
- Anak dapat
mema-sangkan benda pada pasang-annya
- Anak dapat
menye-butkan angka secara acak mulai dari 1- 20
- Anak dapat
menye-butkan bentuk-bentuk geometri
¡ro
|
- Anak dapat
mem-beri salam
- Anak dapat berdo’a
sebelum dan sesudah kegiatan
|
||
6
|
Niko
|
- Anak dapat menggam-bar bebas
- Anak dapat bercerita
melalui gambar yang di- buatnya
- Anak dapat menyusun
gambar seri seder-hana
|
- Anak dapat dibujuk,
tidak cengeng
- Anak mudah bergaul
- Anak mau membantu
temannya
|
- Anak dapat menen-dang
secara bebas
- Anak dapat meniru-kan
gerakan hewan
- Anak dapat
mengge-rakkan kepala, tangan, kaki sesuai irama musik
|
- Anak dapat menyebut-
kan iden-titas diri,
keluarga, temannya
- Anak dapat bercerita
pengala-man
- Anak dapat menjawab
pertanyaan sederhana
|
- Anak dapat
mencerita-kan cita- citanya
- Anak dapat
mencerita-kan pera-saan di da-lam kelas
- Anak dapat menyena-ngi
tokoh yang diido-lakannya
|
- Anak dapat berte-puk
tangan menu-rut irama musik
- Anak dapat bernyanyi
di depan kelas
- Anak mengenal alat
musik
seder-hana
|
- Anak dapat
menye-butkan bagian bagian
dari tana-man
- Anak dapat
menye-butkan binatang yang ber-tanduk
- Anak dapat bercerita
saat dibawa darma wisata
|
- Anak dapat
mema-sangkan benda pada pasang-annya
- Anak dapat
menye-butkan bentuk-bentuk geometri
¡ro- Anak dapat
menye-butkan angka secara acak mulai dari 1
s/d 20
|
- Anak dapat
mem-beri salam
- Anak dapat berdo’a
sebelum dan sesudah kegiatan
|
||
7
|
David
|
- Anak dapat
mengurut-kan gambar seri seder-hana
- Anak dapat
mencerita-kan gambar yang dia buat sendiri
- Anak dapat
menyele-saikan puzzle
|
- Anak dapat dibujuk,
tidak cengeng
- Anak bersabar saat
diberi tugas
- Anak mudah bergaul
|
- Anak dapat meniru-
kan gerakan hewan
- Anak mengge-rakkan
kepala, tangan, kaki menurut irama musik
|
- Anak dapat menirukan
suara tertentu
- Anak dapat menyebut-
kan nama diri, keluarga,
temannya
- Anak dapat bercerita
pengala-mannya
|
- Anak dapat
mencerita-kan pera-saannya saat di da-lam kelas
- Anak dapat
mencerita-kan angan-angannya
- Anak menyena-ngi tokoh yang idola-nya
|
- Anak dapat berte-puk
tangan menu-rut irama musik
- Anak dapat bernyanyi
di depan kelas
- Anak dapat mengenal
jenis alat musik
|
- Anak dapat
menye-butkan binatang yang ber-tanduk
- Anak dapat bercerita
saat diajak jalan-jalan
- Anak dapat
menye-butkan bagian
tanaman
|
- Anak dapat
menye-butkan angka secara acak dari 1 s/d 10
- Anak dapat
menghu-bungkan benda sesuai pasang-annya
- Anak dapat
menger-jakan mazze
|
- Anak dapat berdo’a
sebelum atau sesudah kegiatan
- Anak dapat
mengu-capkan salam
|
||
8
|
Jenny
|
- Anak dapat menggam-bar bebas
- Anak dapat bercerita
melalui gambar yang di- buatnya
- Anak dapat menyusun
gambar seri sederhana
|
- Anak dapat dibujuk,
tidak cengeng
- Anak bersabar saat
diberi tugas
- Anak mudah bergaul
|
- Anak dapat meniru-kan
gerakan hewan
- Anak mengge-rakkan
kepala, tangan, kaki menurut irama musik
- Anak dapat menen-dang
secara bebas
|
- Anak dapat menirukan
suara tertentu
- Anak dapat menyebut-
kan nama diri, keluarga,
temannya
- Anak dapat bercerita
pengala-mannya
|
- Anak dapat
mencerita-kan pera-saannya saat di da-lam kelas
- Anak dapat
mencerita-kan angan-angannya
- Anak menyena-ngi tokoh yang idola-nya
|
- Anak dapat berte-puk
tangan menu-rut irama musik
- Anak dapat bernyanyi
di depan kelas
- Anak dapat mengenal
jenis alat musik
|
- Anak dapat
menye-butkan binatang yang ber-tanduk
- Anak dapat bercerita
saat diajak jalan-jalan
- Anak dapat
menye-butkan bagian
dari tana-man
|
- Anak dapat menghu-bungkan
benda sesuai pasang-annya
- Anak dapat
menye-butkan angka secara acak dari 1 s/d 10
- Anak dapat
menger-jakan mazze
|
- Anak dapat berdo’a
sebelum atau sesudah kegiatan
- Anak dapat
mengu-capkan salam
|
No comments:
Post a Comment