Thursday, March 30, 2017

Observasi Kecerdasan Majemuk Pada Anak Usia Dini


A. Pengertian Kecerdasan Majemuk
          Adapun pengertian sembilan kecerdasan majemuk adalah :
1)   Kecerdasan Visual Spasial adalah :
Kemampuan untuk memvisualisasikan gambar di dalam pikiran seseorang atau anak dimana dia berpikir agar dapat memecahkan suatu masalah dengan menemukan jawabannya.
2)   Kecerdasan Interpersonal adalah :
Berpikir lewat berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain atau dengan cara bersosialisasi.
3)   Kecerdasan Kinestetik adalah :
Suatu kecerdasan dimana seseorang mampu atau terampil menggunakan anggota tubuhnya untuk melakukan gerakan.
4)   Kecerdasan Linguistik adalah :
Kecerdasan dalam mengolah kata baik secara lisan maupun tulisan.
5)   Kecerdasan Intrapersonal adalah :
Kecerdasan dalam kemampuan seseorang untuk berpikir secara reflektif, mengacu kepada kesadaran mengenai perasaan dan proses pemikiran diri sendiri.
6)   Kecerdasan Musikal adalah :
Kecerdasan dalam kemampuan menangani bentuk-bentuk musik, dengan cara menikmati musik, membedakan musik, mengubah dan mengekspresikan musik.
7)   Kecerdasan Naturalistik adalah :
Kecerdasan untuk mencintai keindahan alam melalui pengenalan terhadap flora dan fauna yang terdapat di lingkungan sekitar, serta mengamati dan peduli pada fenomena alam sekitar.

2
 
 


8)   Kecerdasan Logika Matematika adalah :
Kecerdasan dalam hal angka dan logika (akal sehat) yang melibatkan keterampilan mengolah angka atau kemahiran menggunakan logika.
9)   Kecerdasan Spiritual adalah :
Kecerdasan dalam memandang makna dan hakekat kehidupan sesuai dengan kodrat manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa yang wajib menjalankan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya.

B. Kemampuan Anak Usia Dini Berdasarkan Sembilan Kecerdasan
     Majemuk
No
Nama
Sembilan Kecerdasan Majemuk
Visual
Spasial
Inter
personal
Kinestetik
Linguistik
Intra-
Personal
Musikal
Naturalistik
Logika
Mate-
matika
Spiritual
1
Meyfa
- Anak dapat bermain puzzle
- Anak dapat mengurut-kan gambar seri
- Anak dapat bercerita melalui gambar
yang dibuatnya
- Anak mau bermain dengan temannya
- Anak dapat mengikuti aturan bermain
- Anak dapat menyele-saikan
Mazze

- Anak dapat meniru-kan gera-kan bina-tang
- Anak dapat melaku-kan gera-kan sesuai irama musik

- Anak dapat menyebut-kan iden-titas diri, keluarga, temannya
- Anak dapat ber-cerita pe-ngalaman
- Anak dapat menyebut-kan ketera-ngan tempat
- Anak dapat mencerita-kan suasana di dalam kelas
- Anak senang memeran-kan tokoh yang diberikan
- Anak dapat men-ceritakan angan-
angannya
- Anak dapat menyanyi di depan kelas
- Anak dapat berte-puk  dengan tiga pola
- Anak mengenal lagu dengan melalui kaset
- Anak dapat bercerita saat di bawa darma-wisata
- Anak dapat mengenal bina-tang pelihara-an
- Anak dapat mengenal proses pertum-buhan tanaman
- Anak dapat mema-sangkan benda sesuai dengan pasang-annya
- Anak dapat menye-butkan angka secara acak mulai dari 1 s/d 20

- Anak dapat mengu-capkan salam
- Anak dapat berdoa sebelum dan se-sudah kegiatan
- Anak dapat menye-butkan ciptaan Tuhan
2
Dani
- Anak dapat bercerita melalui gambar yang dibuatnya
- Anak dapat menghu-
bungkan kata dengan gambar
- Anak dapat membaca
gambar yang memiliki kalimat sederhana
- Anak mudah bergaul
- Anak dapat dibujuk, tidak cengeng
- Anak dapat bermain dengan temannya
- Anak dapat bersabar diri saat diberi tugas
- Anak dapat meng-
gerakkan kepala, tangan, kaki sesuai dengan irama musik
- Anak dapat meniru-kan gerakan hewan dan tanaman
3
 
- Anak dapat mengikuti permai-nan yang diberikan
- Anak
dapat mence-ritakan
pengala-
man sendiri
- Anak dapat menye-
butkan identitas diri, keluarga, temannya
- Anak dapat menjawab
Pertanyaan sederhana
- Anak
dapat mence-ritakan suasana kelas
- Anak dapat
memeran-
kan tokoh
yang diberikan
- Anak dapat mence-ritakan
cita-citanya pada guru
- Anak dapat mema-inkan alat musik seder-
hana
- Anak dapat menya-nyikan lagu
yang sudah diberi-kan
- Anak dapat mengenal
alat musik sederhana
- Anak dapat bercerita saat diajak darma wisata ke suatu tempat
- Anak dapat menye-butkan bagian
dari tana-man
- Anak dapat mengenal bina-tang peliha-raan
- Anak dapat menye-butkan angka secara acak mulai dari 1 s/
d 20
- Anak dapat menye-butkan bentuk-bentuk geometri
¡ro
- Anak dapat mengenal bentuk benda, panjang, pendek
- Anak dapat berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan
- Anak dapat menye-butkan ciptaan Tuhan
- Anak dapat mengu-capkan salam
3
Lamora
- Anak dapat mencerita-kan gambar yang dibuatnya
- Anak dapat bermain puzzle
- Anak dapat mengurut-kan gambar seri

- Anak dapat bermain dengan temannya
- Anak dapat bersabar diri saat diberi tugas
- Anak dapat me-minjamkan barang miliknya pada temannya
- Anak dapat meniru-
kan gerakan hewan dan tanaman
- Anak dapat mengge-rakkan kepala, tangan, kaki sesuai irama musik
- Anak dapat menen-dang secara bebas

- Anak dapat menyebut-
kan iden-titas diri, keluarga, temannya
- Anak dapat bercerita pengala-man
- Anak dapat menjawab
pertanyaan sederhana
- Anak dapat menyena-ngi tokoh yang diido-lakannya
- Anak
dapat mencerita-kan suasana kelas
- Anak mau mencerita-kan cita- citanya 
- Anak dapat bernyanyi di depan kelas
- Anak mengenal alat musik
- Anak dapat berma-in alat musik seder-hana
- Anak dapat menye-butkan bagian bagian
dari tana-man
- Anak dapat menye-butkan hewan peliha-raan
- Anak dapat bercerita saat dibawa darma wisata

- Anak dapat menye-butkan angka secara acak mulai dari 1
s/d 20
- Anak dapat menye-butkan macam-macam warna
- Anak dapat menye-butkan bentuk-bentuk geometri
¡ro
- Anak dapat mengu-capkan salam
- Anak dapat berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan
- Anak dapat menye-butkan ciptaan Tuhan

4
Fiya
- Anak dapat bercerita melalui gambar yang dibuatnya
- Anak dapat menghu-
bungkan kata dengan gambar
- Anak dapat membaca
gambar yang memiliki kalimat sederhana
- Anak dapat dibujuk, tidak cengeng
- Anak mudah bergaul
- Anak mau membantu temannya
- Anak dapat me-minjamkan barang miliknya pada temannya
- Anak dapat menen-dang secara bebas
- Anak dapat meniru-
kan gerakan hewan
- Anak dapat mengge-rakkan kepala, tangan, kaki sesuai irama musik
- Anak dapat menyebut-
kan iden-titas diri keluarga, temannya
- Anak dapat bercerita pengala-man
- Anak dapat menjawab
pertanyaan sederhana
- Anak dapat mencerita-kan cita- citanya 
- Anak dapat mencerita-kan pera-saan di da-lam kelas
- Anak dapat menyena-ngi tokoh yang diido-lakannya


- Anak dapat bernyanyi di depan kelas
- Anak mau berte-puk tangan menu-rut irama musik
- Anak mengenal alat musik
seder-hana
- Anak dapat menye-butkan bagian bagian
dari tana-man
- Anak dapat bercerita saat dibawa darma wisata
- Anak dapat menye-butkan binatang yang ber-tanduk
- Anak dapat menye-butkan bentuk-bentuk geometri
¡ro
- Anak dapat menye-butkan angka secara acak mulai dari 1 s/d 20

- Anak dapat mem-beri  salam
- Anak dapat berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan

5
Rasih
- Anak dapat mengurut-kan gambar seri seder-hana
- Anak dapat mencerita-kan gambar yang dia buat sendiri
- Anak dapat menyele-saikan puzzle

- Anak dapat dibujuk, tidak cengeng
- Anak mudah bergaul
- Anak mau meminjamkan barang miliknya pada temannya
- Anak dapat meniru-kan gerakan hewan
- Anak dapat mengge-rakkan kepala, tangan, kaki sesuai irama musik
4
 
- Anak dapat menyebut-
kan iden-titas diri
keluarga, temannya
- Anak dapat bercerita pengalaman
- Anak dapat menjawab
pertanyaan sederhana
- Anak dapat mencerita-kan cita- citanya 
- Anak dapat suasana di dalam kelas
- Anak dapat menyena-ngi tokoh yang diido-lakannya


- Anak dapat bernyanyi di depan kelas
- Anak dapat berte-puk tangan menu-rut irama musik
- Anak mengenal alat musik
seder-hana
- Anak dapat menye-butkan bagian
dari tana-man
- Anak dapat bercerita saat dibawa darma wisata
- Anak dapat menye-butkan binatang yang ber-tanduk

- Anak dapat mema-sangkan benda pada pasang-annya 
- Anak dapat menye-butkan angka secara acak mulai dari 1- 20
- Anak dapat menye-butkan bentuk-bentuk geometri
¡ro
- Anak dapat mem-beri  salam
- Anak dapat berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan

6
Niko
-  Anak dapat menggam-bar bebas
- Anak dapat bercerita melalui gambar yang di- buatnya
- Anak dapat menyusun gambar seri seder-hana


- Anak dapat dibujuk, tidak cengeng
- Anak mudah bergaul
- Anak mau membantu temannya
- Anak dapat menen-dang secara bebas
- Anak dapat meniru-kan gerakan hewan
- Anak dapat mengge-rakkan kepala, tangan, kaki sesuai irama musik

- Anak dapat menyebut-
kan iden-titas diri, keluarga, temannya
- Anak dapat bercerita pengala-man
- Anak dapat menjawab
pertanyaan sederhana
- Anak dapat mencerita-kan cita- citanya 
- Anak dapat mencerita-kan pera-saan di da-lam kelas
- Anak dapat menyena-ngi tokoh yang diido-lakannya


- Anak dapat berte-puk tangan menu-rut irama musik
- Anak dapat bernyanyi di depan kelas
- Anak mengenal alat musik
seder-hana
- Anak dapat menye-butkan bagian bagian
dari tana-man
- Anak dapat menye-butkan binatang yang ber-tanduk
- Anak dapat bercerita saat dibawa darma wisata

- Anak dapat mema-sangkan benda pada pasang-annya 
- Anak dapat menye-butkan bentuk-bentuk geometri
¡ro- Anak dapat menye-butkan angka secara acak mulai dari 1
s/d 20
- Anak dapat mem-beri  salam
- Anak dapat berdo’a sebelum dan sesudah kegiatan

7
David 
- Anak dapat mengurut-kan gambar seri seder-hana
- Anak dapat mencerita-kan gambar yang dia buat sendiri
- Anak dapat menyele-saikan puzzle

- Anak dapat dibujuk, tidak cengeng
- Anak bersabar saat diberi tugas
- Anak mudah bergaul

- Anak dapat meniru-
kan gerakan hewan
- Anak mengge-rakkan kepala, tangan, kaki menurut irama musik



- Anak dapat menirukan suara tertentu
- Anak dapat menyebut-
kan nama diri, keluarga, temannya
- Anak dapat bercerita pengala-mannya

- Anak dapat mencerita-kan pera-saannya saat di da-lam kelas
- Anak dapat mencerita-kan angan-angannya 
- Anak  menyena-ngi tokoh yang idola-nya


- Anak dapat berte-puk tangan menu-rut irama musik
- Anak dapat bernyanyi di depan kelas
- Anak dapat mengenal jenis alat musik
- Anak dapat menye-butkan binatang yang ber-tanduk
- Anak dapat bercerita saat diajak jalan-jalan
- Anak dapat menye-butkan bagian
 tanaman

- Anak dapat menye-butkan angka secara acak dari 1 s/d 10
- Anak dapat menghu-bungkan benda sesuai pasang-annya 
- Anak dapat menger-jakan mazze

- Anak dapat berdo’a sebelum atau sesudah kegiatan
- Anak dapat mengu-capkan  salam

8
Jenny
-  Anak dapat menggam-bar bebas
- Anak dapat bercerita melalui gambar yang di- buatnya
- Anak dapat menyusun gambar seri sederhana


- Anak dapat dibujuk, tidak cengeng
- Anak bersabar saat diberi tugas
- Anak mudah bergaul

- Anak dapat meniru-kan gerakan hewan
- Anak mengge-rakkan kepala, tangan, kaki menurut irama musik
- Anak dapat menen-dang secara bebas

- Anak dapat menirukan suara tertentu
- Anak dapat menyebut-
kan nama diri, keluarga, temannya
- Anak dapat bercerita pengala-mannya

- Anak dapat mencerita-kan pera-saannya saat di da-lam kelas
- Anak dapat mencerita-kan angan-angannya 
- Anak  menyena-ngi tokoh yang idola-nya


- Anak dapat berte-puk tangan menu-rut irama musik
- Anak dapat bernyanyi di depan kelas
- Anak dapat mengenal jenis alat musik
- Anak dapat menye-butkan binatang yang ber-tanduk
- Anak dapat bercerita saat diajak jalan-jalan
- Anak dapat menye-butkan bagian
dari tana-man

- Anak dapat menghu-bungkan benda sesuai pasang-annya 
- Anak dapat menye-butkan angka secara acak dari 1 s/d 10
- Anak dapat menger-jakan mazze

- Anak dapat berdo’a sebelum atau sesudah kegiatan
- Anak dapat mengu-capkan  salam



No comments:

Post a Comment

Mekanisme Kontraksi Otot

  Pada tingkat molekular kontraksi otot adalah serangkaian peristiwa fisiokimia antara filamen aktin dan myosin.Kontraksi otot terjadi per...

Blog Archive